PERANCANGAN BOARD GAME EDUKASI DALAM MENGEMBANGKAN WAWASAN KESELAMATAN RENANG PADA ANAK

Authors

  • SILVI AULIA HUSNA Program Studi Desain Komunikasi Visual , Institut Teknologi Nasional Bandung.
  • ROSA KARNITA Program Studi Desain Komunikasi Visual , Institut Teknologi Nasional Bandung.
  • WURI WIDYANI HAPSARI Program Studi Desain Komunikasi Visual , Institut Teknologi Nasional Bandung.

Keywords:

Drowning, Swimming ability, Board Game, Tenggelam, Kemampuan Berenang

Abstract

Accidents due to drowning often occur in children due to the child's swimming ability and swimming safety. In a country with an archipelagic region like Indonesia and disasters that often occur due to the rainy season, swimming ability and water safety can be used as a solution to prevent drowning. Management and prevention of drowning is very much needed by the community, especially children who are the most vulnerable. Understanding should be given to children so that they understand what and how to save themselves and others. Board game design is a medium that can be used to approach messages to children. With this approach using board game media, it will be a good educational medium for learning the basics of swimming for children, and can also be a means of knowledge and training for children to be able to recognize and prevent drowning,especially ages 8 to 12 years.

ABSTRAK
Kecelakaan akibat tenggelam kerap terjadi kepada anak anak yang disebabkan kurangnya kemampuan berenang pada anak dan keamanan ketika berenang. Negara dengan wilayah kepulauan seperti Indonesia dan bencana yang kerap terjadi akibat musim hujan, kemampuan berenang dan keamanan air (water safety) dapat digunakan sebagai solusi pencegahan tenggelam. Penanggulangan dan pencegahan tenggelam sangat diperlukan masyarakat khususnya anak anak yang menjadi sosok paling rentan. Pemahaman kepada anak sudah sewajarnya diberikan agar mereka memahami apa dan bagaimana menyelamatkan diri sendiri serta orang lain. Dengan adanya pendekatan menggunakan media board game ini akan menjadi media edukasi tentang pembelajaran dasar berenang yang baik bagi anak-anak, juga dapat menjadi sarana pengetahuan dan pelatihan kepada anak-anak untuk dapat mengenal dan mencegah terjadinya tenggelam, khususnya usia 8 hingga 12 tahun.

References

Adhicipta Wirawan “YUK BIKIN BOARD GAME EDUKASI” Mekanima Inspira Nagara (2023).

Dede Jordi, (2017) “PERANCANGAN BOARD GAME EDUKATIF TENTANG PEDULI LINGKUNGAN UNTUK ANAK USIA 7-12 TAHUN http://ejournal.unp.ac.id,

Dhiaulhaqiqi, (2021) Perancangan Board Game 3D Strategi Negosiasi dan Trading dengan Tema Pedagang Tionghoa Kembang Jepun Surabaya pada Masa Kolonial Belanda http://ejurnal.its.ac.id/index.php/sains_seni/article/view/75785.

Emmanuelle, Gracia (2023)“Perancangan Board Game Pencegahan Miopia sebagai Media Edukasi kepada Anak 6-12 Tahun.” https://repository.dinamika.ac.id/id/eprint/7251/.

Hamzanwadi,(2021) “Analisis tingkat pemahaman keselamatan berenang pada pengunjung

kolam renang.” http://e-journal.hamzanwadi.ac.id/index.php/porkes/article/view/18334.

Hein, A., Schreieck, M., Riasanow, T., Setzke, D. S., Wiesche, M., Böhm, M., & Krcmar, H.(2020).Digital platform ecosystems.Electronic Markets, 30(1),87–98. https://doi.org/10.1007/s12525-019-00377-4

Iswan Fadlin, (2021) Perkembangan Psikologis Anak Usia Pendidikan Dasar; Emosional, Kognitif, Dan Psikomotor. https://ejournal.iaialaziziyah.ac.id

“Review of Drowning Prevention Interventions for Children and Young People in High, Low

and Middle Income Countries” https://link.springer.com/article/10.1007/s10900-015-0105-2.

“Tenggelam - Penyebab, Pertolongan Pertama, dan Penanganan.” Alodokter, https://www.alodokter.com/tenggelam

“Water safety training as a potential means of reducing risk of young children's drowning.” https://injuryprevention.bmj.com/content/1/4/228

Wing-Wah Law *, Su-Yan Pan. “Game theory and educational policy: Private education legislation in China”International Journal of Educational Development. https://moscow.sci-hub.se/1331/0b194ba76a94c7627a96b0b96dadea58/law2009.

Downloads

Published

2024-02-27

Issue

Section

2024 Desain Komunikasi Visual