PERANCANGAN BRAND IDENTITY BAND 510

Authors

  • YUDHA NUROHMAN Program Studi Desain Komunikasi Visual , Institut Teknologi Nasional Bandung.
  • INKO SAKTI DEWANTO Program Studi Desain Komunikasi Visual , Institut Teknologi Nasional Bandung.

Keywords:

Rock, Modern, Renaissance

Abstract

This design aims to create a new branding that is more structured for the band 510, especially in terms of visuals, both for digital needs and physical releases, and also this design is expected to have a good impact on the sustainability of the band 510 in the long term. The data search process was carried out by direct interview method with related parties, namely the personnel of 510 and the manager of the band 510 itself, and also to get maximum results interviews were also conducted with fanatical fans of the band 510 to get achievements from different perspectives and literature studies in order to get results that are in line with what you want to convey. Based on the data that has been obtained, there is a conclusion that 510 is a rock band with a strong enough atmosphere for its loyal listeners but there are still some gaps with the reason that they are a new band that is certainly still developing its image, especially in terms of Brand Identity, therefore a Brand Identity is needed that can support the needs of 510 with the help of various supporting media or visual assets that can become a new identity for 510.
Keywords: Rock, Modern, Renaissance

ABSTRAK
Perancangan ini bertujuan untuk menciptakan sebuah branding baru yang lebih terstruktur bagi band 510 terutama dari segi visual, baik itu untuk kebutuhan digital maupun rilisan fisik, dan juga perancangan ini diharapkan dapat berdampak baik untuk keberlangsungan band 510 dalam jangka waktu panjang. Proses pencarian data dilakukan dengan metode wawancara langsung dengan pihak terkait yaitu dengan personil dari 510 dan manajer dari band 510 sendiri, dan juga untuk mendapatkan hasil yang maksimal wawancara juga dilakukan dengan fans fanatik dari band 510 untuk mendapatkan capaian dari sudut pandang yang berbeda dan studi literatur agar mendapatkan hasil yang selaras dengan apa yang ingin disampaikan. Berdasarkan data yang sudah didapatkan terdapat kesimpulan bahwa 510 adalah band rock dengan atmosfer yang cukup kuat bagi para pendengar setianya namun tetap masih ada beberapa celah kekurangan dengan alasan mereka adalah band baru yang tentu masih mengembangkan citranya terutama pada urusan Brand Identity, maka dari itu dibutuhkan Brand Identity yang dapat menunjang kebutuhan 510 dengan bantuan beragam media pendukung atau asset visual yang dapat menjadi sebuah identitas baru bagi 510.
Kata kunci: Rock, Moderen, Renaisans

References

Haroen, Dewi. (2014). Personal Branding. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama.

Hubert Setiadi (2016). Perancangan rebranding.. di kutip dari https://kc.umn.ac.id/1143/4/BAB 11.pdf

Puthut Andrian Syahroni (2015). Perancangan Desain Komunikasi Visual Strategi Branding Desa Edukasi Bahasa Inggris Pare Kediri.

Lamria Raya Fitriyani (2019). Strategi Personal Branding Penyanyi Tulus Dalam Mempertahankan Eksistensi.

Muhammad Ishomuddin (2018). Personal Branding pra moedya ananta toer

Agung Budi Santoso (2019). Perancangan Komunikasi Visual Mini Album Galaksi Palapa Grup Musik Kelompok Penerbang Roket.

Dwinita Ratnasari (2021). Strategi Personal Branding Komposer Musik di Media Sosial (Studi Kasus Personal Branding Alffy Rev di Instagram)

Downloads

Published

2024-02-27

Issue

Section

2024 Desain Komunikasi Visual