PERANCANGAN BRAND IDENTITAS GRUP CALUNG HIBURAN LAGU DAN BODOR (HIBLADOR) SUKABUMI UNTUK MEMPERTAHANKAN TRADISIONAL BUDAYA SUNDA

Authors

  • MOCH FAISAL RIFANDA Program Studi Desain Komunikasi Visual , Institut Teknologi Nasional Bandung.
  • AGUS RAHMAT MULYANA Program Studi Desain Komunikasi Visual , Institut Teknologi Nasional Bandung.

Keywords:

Branding, Communication, Entertainment, Arts, Sundanese culture, Komunikasi, Hiburan, Seni, Budaya sunda

Abstract

Sundanese bobodoran is a traditional comedy performance art from West Java, Indonesia, which uses the Sundanese language. Sundanese Bobodoran often contains a central character who is the center of attention in the performance by presenting jokes, funny stories and interactions with the audience. This performance also often involves traditional Sundanese music, such as calung, drum, to create an atmosphere that supports humor. Sunda Bobodoran not only aims to entertain, but also to convey social messages and criticism of various issues in society. Therefore, the existence of HIBLADOR is an important part as a small example of maintaining and not losing the cultural heritage of West Java which has been passed down from generation to generation. However, the Hiblador Group still lacks exposure in terms of visual identity, so by designing this communication brand, it is hoped that this can be a solution to solving problems within the Hiblador Group. Keywords: Branding, Communication, Entertainment, Arts, Sundanese culture

ABSTRAK
bobodoran Sunda merupakan seni pertunjukan komedi tradisional dari Jawa Barat, Indonesia, yang menggunakan bahasa Sunda. Bobodoran Sunda sering memuat karakter sentral yang menjadi pusat perhatian dalam pertunjukan dengan menghadirkan lelucon, cerita lucu, dan interaksi dengan penonton. Pertunjukan ini juga sering melibatkan musik tradisional Sunda, seperti calung, gendang, untuk menciptakan atmosfer yang mendukung humor. Bobodoran Sunda tidak hanya bertujuan untuk menghibur, tetapi juga untuk menyampaikan pesan sosial dan kritik terhadap berbagai isu dalam masyarakat. maka dari itu adanya HIBLADOR merupakan bagian penting sebagai contoh kecil untuk mempertahankan dan tidak hilangnya warisan budaya Jawa Barat yang telah diwariskan dari generasi ke generasi. Namun Grup Hiblador ini masih kurang terekspos dalam identitas visual, maka dengan perancangan brand komunikasi ini diharapkan bisa menjadi solusi untuk memecahkan masalah dalam grup hiblador. Kata kunci: Branding, Komunikasi, Hiburan,, Seni, Budaya sunda

References

Anonim. (2012). Bobodoran Sunda. Diperoleh 16 Oktober 2014,dari: http://tanahair.kompas.com/read/2012/09/10/15401781/Bobodor- an.Sunda.

Ekajati, Edi. (1995). Kebudayaan Sunda. Jakarta Timur: Pustaka Jaya.

Tim Brown. (2009). Change by Design: How Design Thinking Transforms Organizations and Inspires Innovation

Journal Sketsa UNIVERSITAS BINA SARANA INFORMATIKA. (2014).

https://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/sketsa/article/view/419

https://www.logique.co.id/blog/2021/01/07/pengertian-de- sign-thinking/

Tim Brown. (2009). Change by Design: How Design Thinking Transforms Organizations and Inspires Innovation

http://repository.upi.edu/17548/7/S_SOS_1101548_Chapter1.pdf

“Design Thinking: Pengertian, Tahapan, dan Contoh Penerapannya”.

https://www.gramedia.com/. Diakses 26 September 2023. https://www.gramedia.com/literasi/de- sign-thinking/.

Asni Ovier Selasa, 10 April 2018 https://www.beritasatu.com/nasion-

Gimbel, Steven. Isn't That Clever: A Philosophical Account of Humor and Comedy. Routledge, 2018

.https://www.kai.or.id/wp-content/uploads/2020/06/S- YARAT-DANKETENTUAN-STAND-UP-COMEDY-CONTEST.pdf

Downloads

Published

2024-02-27

Issue

Section

2024 Desain Komunikasi Visual