PERANCANGAN ENVIRONMENTAL GRAPHIC DESIGN PADA OBJEK WISATA SITUS PLANGON CIREBON

Authors

  • DEDE PEBRIYADI Program Studi Desain Komunikasi Visual , Institut Teknologi Nasional Bandung.
  • ALDRIAN AGUSTA Fakultas Teknik Sipil dan Perancangan, Institut Teknologi Nasional Bandung

Keywords:

Environmental Graphic Design, Visual Identity, Sign Systems, Plangon Sites, natural, religious tourism, Identitas Visual, Sign System, Situs Plangon, wisata alam, religi

Abstract

Designing Environmental Graphic Design at the Plangon Site tourist attraction located in Cirebon Regency is an effort to introduce and enhance the attractiveness of the Plangon Site tourist attraction. Apart from being a place for pilgrimage because there are the tombs of the two princes, there are also troops of monkeys roaming in the area of the tourist attraction. Along the way, visitors will encounter troops of monkeys, each with its own leader, to determine the appropriate visual
identity design for the Plangon Site tourism in Cirebon Regency, field observations were conducted. The research method used is a qualitative method that is descriptive in nature. Interviews and literature studies were conducted to obtain valid information according to data and facts. In addition, the method of designing signage, wayfinding, and information design that are easy to understand is used to assist users in recognizing locations, directions, and their goals. It is hoped that this visual identity design will enhance the attractiveness and the creation of signage that is easy to understand and comprehend, this helps visitors to navigate
tourists easily and effectively. With the creation of this design, it is possible that negative assumptions will disappear by telling the origin of the troops of monkeys at the Plangon Site. On the other hand, the design is made as a preservation of local cultural heritage.
Keywords: Environmental Graphic Design, Visual Identity, Sign Systems, Plangon

ABSTRAK
Perancangan Enviromental Graphic Design di tempat wisata Situs Plangon yang terdapat di Kabupaten Cirebon, merupakan sebuah upaya dalam memperkenalkan dan meningkatkan daya tarik pengunjung terhadap objek wisata Situs Plangon. Selain tempat untuk berziarah karena terdapat makam kedua pangeran tersebut terdapat kawanan monyet yang berkeliaran di area objek wisata tersebut, di sepanjang jalan para pengunjung akan bertemu dengan kawanan monyet, yang uniknya di setiap wilayahnya memiliki pemimpinnya masing-masing, guna  mengetahui perancangan identitas visual yang tepat bagi wisata Situs Plangon yang terdapat di wilayah Kabupaten Cirebon dilakukannya observasi lapangan. Metode penelitian yang digunakan ialah metode kualitatif yang bersifat deskriptif, dilakukannya wawancara dan studi literatur guna mendapatkan informasi yang valid sesuai data dan fakta, selain itu metode perancangan signage, wayfinding dan desain informasi yang mudah dipahami untuk membantu pengguna dalam mengenali lokasi, arah, dan tujuan mereka. Diharapkan bahwa perancangan identitas visual ini akan meningkatkan daya tarik, dan dibuatnya signage yang
mudah di pahami serta mudah di mengerti, hal ini membantu pengunjung untuk menavigasi wisatawan dengan mudah dan efektif. Dengan dibuatkannya perancangan ini tidak menutup kemungkinan bahwa asumsi negatif itu akan hilang dengan menceritakan asal muasal para kawanan monyet di Situs Plangon, disisi lain perancangan dibuat sebagai pelestarian cagar budaya setempat.
Kata kunci: Enviromental Graphic Design, Identitas Visual, Sign System, Situs Plangon, wisata alam dan religi Sites, natural and religious tourism

References

Direktori Pariwisata. Keramat Plangon. https://direktoripariwisata.id. Diakses pada 25

September 2023. https://direktoripariwisata.id/unit/7872.

Fikriyah, W. (2022). Asal Usul Plangon Cirebon, Terdapat Kerajaan Monyet di Dalamnya. Portal Majalengka. Diakses pada 25 September 2023. https://portalmajalengka.pikiranrakyat.com/ciayumajakuning/pr-835 895552/asal-usul-plangon-cirebon-terdapat-kerajaanmonyet-

di-d alamnya

Indonesia Kaya. Wisata Alam Sambil Berziarah di Situs Plangon. https://indonesiakaya.com/. Diakses pada 26 September 2023. https://indonesiakaya.com/pustaka-indonesia/wisataalam-sambil-b erziarah-di-situs-plangon/

Sukmah, F. (2022). Wisata Kera Plangon Cirebon, Berziarah Sambil Belajar Sejarah. Naviteindonesia. Diakses pada 26 September 2023.

https://www.nativeindonesia.com/wisata-kera-plangon/

Purnama, F. (2023). Ada Sesuatu Dibalik Sejarah Plangon Cirebon. Sumedang Ekspres.com. Diakses pada 26 September 2023. https://sumedang.jabarekspres.com/2023/05/17/sejarah-plangon-cire bon/

LN, PUTRA. (2019). http://repository.unpas.ac.id/ Diakses pada 26 September 2023. http://repository.unpas.ac.id/41029/4/4.%20Bab%20II.doc.pdf

Kasrini. (2012). UPAYA MENANAMKAN NILAI-NILAI DAKWAH DALAM ZIARAH PANGERAN PANJUNAN DAN PANGERAN KEJAKSAN DI PLANGON KELURAHAN BABAKAN KECAMATAN SUMBER KABUPATEN CIREBON (Skripsi Sarjana, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Syekh

Nurjati Cirebon) Diakses pada 26 September 2023. http://repository.syekhnurjati.ac.id/1644/1/KASRINI_58210055__OK.pdf

Abednego, V.A. "Visual Identity vs Brand Identity." Binus University Malang. Diakses 27 September 2023. https://binus.ac.id/malang/2018/12/visual-identity-vs-brand-identity/

Panindias, A.N. “INDENTITAS VISUAL DALAM DESTINATION BRANDING KAWASAN NGARSOPURO”. https://jurnal.isi-ska.ac.id/. Diakses pada 26 September 2023. https://jurnal.isi-ska.ac.id/index.php/acintya/article/viewFile/223/225

Kristianto. (2020). “Perancangan Identitas Visual Wisata Alam Kota Tasikmalaya”. https://senirupaikj.ac.id/. Diakses pada 27 September 2023

https://senirupaikj.ac.id/ruang_pamer/desain-komunikasi-visual/pera ncangan-identitasvisual-wisata-alam-kota-tasikmalaya/

Karunia, A. Alinurdin & Nurabdiansyah. PERANCANGAN IDENTITAS VISUAL DESTINASI WISATA KAWASAN TELUK YOUTEFA KOTA JAYAPURA. Diakses 26 September 2023. http://eprints.unm.ac.id/19249/1/Artikel%20Anita%20Karunia.pdf

“Design Thinking: Pengertian, Tahapan dan Contoh Penerapannya”. https://sis.binus.ac.id/. Diakses 25 September 2023. https://sis.binus.ac.id/2020/03/17/design-thinkingpengertian-tahapan -dan-contoh-penerapannya/

“Design Thinking: Pengertian, Tahapan, dan Contoh Penerapannya”. https://www.gramedia.com/. Diakses 26 September 2023.

https://www.gramedia.com/literasi/design-thinking/.

Permata, P. & Islam, M.A. (2021) PERANCANGAN IDENTITAS VISUAL WISATA ALAM DAN EDUKASI GRONJONG WARITI. 26 September 2023

Wiratawa, D.A, Budipaswada, A.E, & Wahyudi, D. (2022). METODE PERANCANGAN LOGO BRAND KOTA DENGAN PARTISIPASI WARGA LOKAL. Diakses 26 September 2023

Rustan, Surianto. (2009). Mendesain Logo. PT. Gramedia Pustaka Utama

Maymun, A.Z., & Swasty, W. (2018). IDENTITAS VISUAL DAN PENERAPANNYA PADA SIGNAGE UNTUK KAWASAN WISATA EDUKASI.

Adzhar, A., & Swasty, W. (2019) PERANCANGAN SIGN SYSTEM YANG TERINTEGRASI WEBSITE SEBAGAI MEDIA INFORMASI.

Downloads

Published

2024-02-27

Issue

Section

2024 Desain Komunikasi Visual