STRATEGI PENINGKATAN BRAND ASOSIASI CARISMA INDUSTRY LEATHER YOGYAKARTA

Authors

  • FAHMI ABDULLAH Program Studi Desain Komunikasi Visual , Institut Teknologi Nasional Bandung.
  • WIWI ISNAINI Program Studi Desain Komunikasi Visual , Institut Teknologi Nasional Bandung.
  • RAMLAN Program Studi Desain Komunikasi Visual , Institut Teknologi Nasional Bandung.

Keywords:

Association Brand, Carisma Industri Leather Yogyakarta, Brand Enhancement, Social Media

Abstract

This final project aims to design an associated brand for Carisma Industri Leather Yogyakarta, offering specialized sports and community products at affordable prices, with a focus on changing consumer perceptions of the Carisma brand. The research employs a qualitative descriptive method, following the framework proposed by Koentjaraningrat (1993), to provide a detailed overview of the conditions and uniqueness of Carisma Industry. Through the crafted visual identity, particularly on social media platforms, Carisma Industri is expected to solidify its position as a unique provider of leather products for sports and communities. This study integrates design elements, brand identity, and marketing strategies to enhance the image and popularity of Carisma Industri in the leather market. The research outcomes are anticipated to contribute positively to consumer understanding and acceptance of Carisma Industri Leather Yogyakarta.
Keywords: Association Brand, Carisma Industri Leather Yogyakarta, Brand Enhancement, Social Media.

ABSTRAK
Tugas akhir ini bertujuan merancang sebuah brand asosiasi Carisma Industri Leather Yogyakarta yang menawarkan produk olahraga khusus dan komunitas dengan harga terjangkau, dengan fokus mengubah persepsi konsumen terhadap brand Carisma. Penelitian dilakukan dengan metode kualitatif deskriptif, mengikuti kerangka yang diusulkan oleh Koentjaraningrat (1993), untuk memberikan gambaran yang teliti tentang kondisi dan keunikan Carisma Industry. Melalui identitas visual yang disusun, terutama di platform media sosial, diharapkan Carisma Industri dapat mengukuhkan posisinya sebagai penyedia produk kulit yang unik untuk olahraga dan komunitas. Penelitian ini mengintegrasikan elemen desain, identitas brand, dan strategi pemasaran untuk meningkatkan citra dan popularitas Carisma Industri di pasar kulit. Hasil penelitian diharapkan dapat memberikan kontribusi positif terhadap pemahaman dan penerimaan konsumen terhadap Carisma Industri Leather Yogyakarta.
Kata kunci: Brand Asosiasi, Carisma Industri Leather Yogyakarta, Peningkatan Brand, Media Sosial

References

Creswell, J. W. 2014. Research Design: Qualitative, Quantitative and Mixed Methods Approaches. Thousand Oaks, CA: Sage.

Dewi, I. 2009.Creating and sustaining brand equity. Yogyakarta: Penerbit Amara Books.

Hidayat, dkk. 2014. Praktik identitas dalam desain kemasan. Jurnal Panggung, 24 (4), 399-408.

Keller, Kevin Lane., Swaminathan, Vanitha. 2019.Strategic Brand Management: Building, Measuring, and Managing Brand Equity. New York: Pearson

Nicolino, P.F. 2004. Brand Management: The Complete Ideal's Guides. Jakarta: Prenada

Rahimudin. 2017. Peran Industri Kecil Menengan Kerajinan Berbahan Dasar Kulit dalam Peningkatan Ekspor di Yogyakarta. Jurnal Manajemen Dirgantara, 10(2), 5-14.

Rustan, Surianto. 2009. LOGO. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama

Wheeler, Alina. 2018. Designing Brand Identity. Hoboken New Jersey: John Wiley and Sons Inc.

Teknik Pengumpulan Data: Pengertian, Jenis, dan Contoh: https://penerbitdeepublish.com/teknik-pengumpulan-data/#4_Tekn ik_Pengumpulan_Data

Design Thinking

https://www.gramedia.com/literasi/design-thinking/

https://id.search.yahoo.com/search?fr=mcafee&type=E210ID91215G0&p=color+leather+brand

https://id.pinterest.com/search/pins/?q=font%20modern%20leather&rs=typed

Downloads

Published

2024-02-27

Issue

Section

2024 Desain Komunikasi Visual