PERANCANGAN KAMPANYE MENGHADAPI POST GRADUATION ANXIETY DALAM INDUSTRI KREATIF DI INDONESIA

Authors

  • JOSEPH TIMOTHY TAMPUBOLON Program Studi Desain Komunikasi Visual , Institut Teknologi Nasional Bandung.
  • AGUS RACHMAT MULYANA Program Studi Desain Komunikasi Visual , Institut Teknologi Nasional Bandung.

Keywords:

Creative Industry, Career, Fresh Graduate, Guideline

Abstract

 To reach the full potential of Indonesia’s Creative Industry, the Creative Human Resources contains of Fresh Graduates should be positioned in the career path that fulfill their potentials. As the purpose of Design to eliminate problems with problem solutions, Indonesian Creative Fresh Graduates will be expected to be Indonesia’s Society Creative problem solver. To prepare the Creative Human Resources before entering their working environment, as in Individual or Corporate work, Creative Fresh Graduates should learn more about Literacy and life guidelines. Keywords: Creative Industry, Career, Fresh Graduate, Guideline

ABSTRAK
Untuk menggapai potensi penuh dari Industri Kreatif Indonesia, SDM Kreatif yang terdiri dari Fresh Graduate Industri Kreatif wajib mendapatkan penempatan karir yang sesuai dengan potensinya. Seperti Design yang menjadi media untuk menyelesaikan masalah, Fresh Graduate Industri Kreatif diharapkan menjadi tumpuan masyarakat Indonesia dalam menyelesaikan masalah. Untuk menyiapkan Tenaga Kerja Industri Kreatif sebelum memasuki dunia kerja, baik dalam Perusahaan maupun Individual, Fresh Graduate Industri Kreatif perlu mengenal lebih dalam tentang Literasi dan Pedoman Hidup.
Kata kunci: Kecemasan, Industri kreatif, Karir, Lulusan Baru, Pedoman

References

Ernawati. (2019). Penerapan Kampanye Sosial dalam Desain Komunikasi Visual, 2019. (eJournal UMAHA)

Daengku. (2021). Journal of Humanities and Social Sciences Innovation. (https://jurnal.ahmar.id/index.php/daengku)

Sri Fatmawati. (2022). PENGARUH IKLAN MODEL AIDA (attention, interest,desire,action) TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI SHOPEE INDONESIA PADA MAHASISWA FISIP UNISKA MAB Rahmi, A. (2018). PERKEMBANGAN INDUSTRI EKONOMI KREATIF DAN PENGARUHNYA TERHADAP PEREKONOMIAN DI INDONESIA. Seminar Nasional Sistem Informasi (SENASIF), 2(1), 1386 - 1395. Retrieved from https://jurnalfti.unmer.ac.id/index.php/senasif/article/view/139

Mukti Wibowo. (2014). Wibowo, Mukti. "Pengaruh Lingkungan Kerja Terhadap Kepuasan Kerja Karyawan (Studi Pada Karyawan Pt.telekomunikasi Indonesia Tbk. Kandatel Malang)." Jurnal Administrasi Bisnis S1 Universitas Brawijaya, vol. 16, no. 1, 3 Nov. 2014.

Brianna A. Baker. (2019). POST GRADUATION ANXIETY. (https://www.linkedin.com/pulse/post-graduation-depression-a nxiety-youre-alone-brianna-baker/)

Rofi Rofaida, Suryana, Asti Nur Aryanti, Yoga Perdana. (2019). Strategi Inovasi pada Industri Kreatif Digital: Upaya Memperoleh Keunggulan Bersaing pada Era Revolusi Industri 4.0 (https://ejurnalunsam.id/index.php/jmk/article/download/1909/1685/)

Darryl Bellamy Jr. (2022). POST GRADUAL ANXIETY (Jurnal Fearless Inside) (https://fearlessinside.com/post/common-post-college-fears-and-how-to-avoid-them)

Archana Kumari. (2014). EXAMINATION STRESS AND ANXIETY: A STUDY OF COLLEGE STUDENTS https://www.researchgate.net/publication/271873210_EXAMINATION_STRESS_AND_ANXIETY_A_STUDY_OF_COLLEGE_STUDENTS]

Alicia Raeburn. (2022). Analisis SWOT: Arti dan cara menggunakannya (beserta contoh). Diambil dari: https://asana.com/id/resources/swot-analysis

Ni Putu Deva Srinadi. (2023). Pajak Profesi: Pajak atas Penghasilan Ilustrator. (https://www.pajakku.com/read/638483abb577d80e801c78d5/Pajak-Profesi:-Pajak-atas-Penghasilan-Ilustrator)

Yanne Inggriani Ivan, Artyasto Jatisidi. (2020). PERANCANGAN STRATEGI DIGITAL CAMPAIGN “PIGIJO” UNTUK MENINGKATKAN BRAND AWARENESS. (https://jom.fikom.budiluhur.ac.id/index.php/Pantarei/article/vie%20w/445/348)

Downloads

Published

2024-02-26

Issue

Section

2024 Desain Komunikasi Visual