Perancangan Sneakers Modular Multi Color untuk Konten Kreator Fashion di Kota Bandung
Keywords:
konten kreator fashion, multi-color, sneakers modularAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk merancang sneakers modular multi-color yang inovatif, khusus ditujukan bagi konten kreator fashion di kota Bandung. Desain modular diusulkan sebagai solusi untuk memungkinkan pengguna mengganti bagian-bagian upper dengan pilihan warna yang beragam, sehingga menciptakan kombinasi gaya yang tak terbatas dan sesuai dengan mood serta tema konten. Metode penelitian melibatkan pendekatan kualitatif melalui wawancara mendalam dengan beberapa konten kreator fashion di Bandung untuk memahami preferensi,dan aspirasi mereka terhadap alas kaki. Hasil dari riset ini akan menjadi dasar bagi konsep desain yang kemudian divisualisasikan melalui sketsa dan prototipe. Kriteria penentuan desain final akan berfokus pada fungsionalitas, estetika, kemudahan penggantian modul. Diharapkan perancangan sneakers ini tidak hanya memenuhi kebutuhan fungsional dan estetika konten kreator, tetapi juga untuk mengekspresikan identitas fashion yang unik dan dinamis, serta mendorong inovasi dalam industri alas kaki lokal di Bandung. Hasil perancangan menghasilkan konsep sepatu dengan bagian upper yang dapat dilepas-pasang. Produk ini tidak hanya mendukung ekspresi individual, tetapi juga menjawab tantangan keberlanjutan dalam fashion dengan mengurangi kebutuhan konsumsi sepatu berlebihan.
References
Nag, A., Mukhopadhyay, S., & Mukherjee, R. (2020). Product design trends within the footwear industry: A review.Designs, 4(4), 45.PUBLIKASI.pdf.
T. B. Ayu and N. Wijaya, ‘Penerapan Metode Design Thinking pada Perancangan Prototype Aplikasi Payoprint Berbasis Android’,MDP Stud. Conf., vol. 2, no. 1, pp. 68–75A. A. Mufarida dan R. P. Santosa, “.
A. P. Wiryawan, “DESAIN SERIAL SEPATU DENGAN INSPIRASI DARI MAMALIA LAUT (PAUS)”.
Syam, O. F., Rahadian, M. D., & Wildan, A. (2024). Perancangan Sneakers dengan Pengaplikasian Material Vegan Leather untuk Menunjang Ketahanan pada Sepatu. Bandung: Telkom University.
Kawamura, Y. (2016). Sneakers: Fashion, Gender, and Subculture. London: Bloomsbury Academic.
Islami, M. Z., Leite, Y. A., Munandar, D. A., Sari, Y. N., & Trisakti, S. B. (2024). Ethical Challenge of Fashion Influencers Endorsement: Analysing Communication and Consumption Culture. Jurnal Komunikasi Global.