Pengaplikasian Tren Gym-Tonic Pada Perancangan Alat Bawa dengan Kompartemen Ekspansif untuk Menunjang Kebutuhan Kerja dan Aktivitas Gym
Abstract
Gaya hidup aktif yang memadukan rutinitas kerja dan olahraga kini menjadi bagian dari keseharian banyak perempuan pekerja kantoran, khususnya dari kalangan Gen Z. Tren Gym-Tonic yang diprediksi berlangsung di tahun 2025 mencerminkan gaya hidup generasi ini yang menyeimbangkan kebutuhan sosial dan kebugaran dalam aktivitas sehari-hari. Merespons fenomena tersebut, penelitian ini bertujuan merancang alat bawa yang mampu menunjang mobilitas pengguna secara praktis dan efisien. Metode yang digunakan bersifat kuantitatif melalui penyebaran kuesioner kepada target pengguna, dengan fokus pada identifikasi kebutuhan serta hambatan yang dihadapi, seperti barang bawaan yang tercampur, tidak terorganisir, dan terasa berat. Berdasarkan data tersebut, dirancanglah alat bawa dengan kompartemen ekspansif yang adaptif terhadap dua kebutuhan utama: kerja dan olahraga. Kesimpulan dari perancangan ini menunjukkan bahwa pendekatan desain berbasis tren Gym-Tonic mampu menghadirkan solusi fungsional dan estetis bagi gaya hidup Gen Z yang dinamis.
References
R. Baiduri, "PERGESERAN GAYA HIDUP PEREMPUAN KOTA: STUDI KASUS KONSUMSI FASHION DI INDONESIA," jurnal unimed, 2017.
P. Arisanti, "Tren Gaya Hidup Milenial, Identitas Sosial dan Desain Coffe Shop," jurnal undiknas, 2021.
WGSN, "Sports & Outdoor," 2023.
A. C. G. Adyaksa, D. Budi Santoso and J. Alfa Razaq, "Perancangan UI/UX Aplikasi E-learning Kampus Universitas Stikubank Dengan Menggunakan Metode Design Thinking," jurnal stmiki, vol. 5, p. 11, 2024.
G. Budi Ramadhan and R. Ayu Firdausiah, "PENDEKATAN METODE DESIGN THINKING DALAM PERANCANGAN INOVASI PRODUK," JURNAL KEWIRAUSAHAAN DAN INOVASI, vol. 3, p. 11, 2024.
A. Sekti Aji, N. R. Budiono, S. D. Ratnasari and R. H. P. Sejati, "Metode Design Thinking Untuk Perancangan UI/UX Pada Aplikasi Konsultasi Karir," Jurnal INTEK, vol. 6, p. 48, 2023.
S. Indriyana, A. Voutama and A. Ali Ridha, "Implementasi Metode Design Thinking pada Perancangan User Experience Aplikasi Humaira Cakes," Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Nusantara (JPkMN) , vol. 4, 2023.
D. Yens, N. H. Syuhada, W. Rajaby, R. A. Fauzi, E. Putra, M. F. Maulana and P. Lestari , "The social construction of beauty in the digital era: Gen z's interpretation of beauty standards in Jakarta," jurnal ar-rainy, vol. 11, 2025.
S. Kristina, Z. Abidin and F. Hariyanto, "Konstruksi Identitas Diri Remaja Pengguna Korean Fashion Pada Media Sosial Tiktok," Jurnal Ilmu Komunikasi, vol. 7, 2024.
F. Adinda Syafutri, R. Fahlevi and R. Aulia Qadri, "Peranan Fashion Influencer Terhadap Niat Pembelian Oleh Konsumen Generasi Z," EKUILNOMI, vol. 7, 2025.
E. F. Suprapto, "ANALISIS ERGONOMI TERHADAP REDESAIN TAS PERLENGKAPAN INSTRUKTUR JILBAB UNTUK KOMUNITAS HIJAB MODERN," kreatif, vol. 3, 2016.
P. Tjandrawibawa, Y. K. S. Tahalele and M. Y. Tanzil, "PERANCANGAN MOTIF KAIN DAN POLA MASKER NON MEDIS BERBASIS NILAI ESTETIKA DAN FUNGSIONAL," DIMENSI, vol. 18, 2022.
H. William, M. Hartono and W. Herdiana, "PERANCANGAN TAS ANAK MODULAR," CALYPTRA, vol. 7, 2019.
M. Charmels Alden Zein and M. Dian Permanasari, "PERANCANGAN SARANA BAWA UNTUK KEGIATAN GYM DENGAN GAYA ACTIVEWEAR," eproceeding itenas, 2021.
M. A. Waskito, "Pemanfaatan Teknik Pemodelan Digital untuk Meningkatkan Kualitas Bentuk dan Ergonomi pada shoe last Sepatu," Jurnal Teknologi Ramah Lingkungan, vol. 5, 2021.