Pendekatan Arsitektur Eco-Futuristic pada Rancangan Bangunan Ekshibisi dan Konvensi di Kota Baru Parahyangan

Authors

  • Nisa Yasyfa Faridan
  • Utami Utami

Keywords:

Eco-futuristic, Ekshibisi, Konvensi

Abstract

ABSTRAK
Perkembangan teknologi dan informasi masa kini, mendorong munculnya fasilitas untuk saling bertukar dan menyebarkan informasi. Hal ini dapat dilakukan melalui kegiatan ekshibisi/pameran & konvensi/seminar. Perancangan bangunan ekshibisi dan konvensi inilah yang menjadi wadah untuk mengakomodir para pelaku kegiatan ekonomi. Bangunan ekshibisi dan konvensi termasuk fasilitas bisnis. Sejalan dengan berkembangnya Kota Baru Parahyangan, maka kebutuhan akan ruang bisnis semakin meningkat. Tema yang dipilih dalam perancangan fasilitas ekshibisi dan konvensi ini adalah Eco-Futuristic. Tema tersebut berkaitan dengan kegiatan ekshibisi dan konvensi, yang berhubungan dengan inovasi, teknologi, dan penemuan-penemuan yang mengarah kedepan. Namun tidak hanya itu, tema Eco-Futuristic juga tidak terlepas dari pertimbangan ekologi dalam upaya mengurangi dampak negatif terhadap lingkungan. Eco-Futuristic yang ditekankan pada perancangan ini adalah bangunan yang dapat memproyeksikan pertumbuhan lingkungan dan perkembangan IPTEK dengan mempertimbangkan bentuk bangunan, memasukan unsur alam ke dalam bangunan dengan adanya innercourt, penggunaan material yang berkelanjutan dan ramah lingkungan. Fasad diolah untuk mengurangi panas ke dalam bangunan. Semua ini berbasis pada pendekatan ekologi iklim tropis setempat, sehingga dapat turut serta membuat masa depan menjadi lebih baik. Hal ini sejalan dengan visi Kota Baru Parahyangan yaitu menjadi sebuah Kota Mandiri yang berkelanjutkan. Diharapkan tema Eco-Futuristic yang telah ditentukan bisa menjaga kondisi alam dan mendukung keberlanjutan tersebut.
Kata kunci: Eco-futuristic, Ekshibisi, Konvensi

ABSTRACT
The development of today's technology and information, encourages the emergence of facilities for exchanging and disseminating information. This can be done through exhibitions/exhibitions & conventions/seminars. The design of the exhibition and convention buildings is a forum to accommodate the actors of economic activities. Exhibition and convention buildings including business facilities. In line with the development of Kota Baru Parahyangan, the need for business space is increasing. The theme chosen in the design of this exhibition and convention facility is Eco-Futuristic. The theme is related to exhibition and convention activities, which of course relate to innovation, technology, and inventions that lead to the future. But not only that, the Eco-Futuristic theme is also inseparable from ecological considerations in an effort to reduce negative impacts on the environment. Eco-Futuristics that are emphasized in this design are buildings that can anticipate future conditions, taking into account the shape of the building, incorporating natural elements into the building with the inner court, the use of sustainable and environmentally friendly materials, processed facades that reduce heat into the building. All of these are based on an ecological approach to the local tropical climate, so they are expected to participate in making the future better. This is in line with the vision of Kota Baru Parahyangan, which is to become a sustainable independent city. It is hoped that the determined Eco-Futuristic theme can maintain natural conditions and support this sustainability.
Keywords: Eco-futuristic, Exhibition, Convention

References

R. Montgomery, Meetings, Conventions, and Expositions – an Introduction to the Industry. Van Nostrand Reinhold, New York, 1995.

L. Fred, Conference, Convention, and Exhibition Facilities. The Architecture Press, London, 1981.

Effendi, Monica Chrysilla, “Convention And Exhibition Center Di Yogyakarta Sebagai Pengembangan Industri Mice,” S1. thesis, Architecture. Dept., Atma Jaya Yogyakarta. Univ., Yogyakarta, 2017.

Umam, M. Khothibul, “Perancangan balai pameran perencanaan wilayah dan kota di Surabaya,” Undergraduate thesis, Architecture. Dept., Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim, Malang, 2017.

“Ecological Design by Sim Van der Ryn and Stuart Cowan | BuildingGreen, Inc.” [Online]. Available: https://www.buildinggreen.com/newsbrief/ecological-design. [Diakses tanggal: 16-Apr-2021].

Downloads

Published

2022-03-09

Issue

Section

2021 Arsitektur