Penerapan Konsep Arsitektur Futuristik pada Bangunan Parahyangan Exhibition Convention Centre di Kota Baru Parahyangan

Authors

  • Septiadji Ibrahim Kartiwa
  • Widji Indahing Tyas

Keywords:

Eksibisi, Konvensi, Arsitektur Futuristik, Kota Baru Parahyangan

Abstract

ABSTRAK
Kota Baru Parahyangan adalah sebuah kawasan yang dikenal sebagai kota mandiri yang berada di Padalarang, Jawa Barat, Indonesia.Kawasan ini memiliki konsep berkelanjutan, yang mana akan memperhati2kan aspek ekonomi, lingkungan, dan sosial. Terutama dalam aspek ekonomi karena inilah merupakan hal pokok dalam proses berkembangnya suatu kawasan. Kota Baru Parahyangan ini memiliki fasilitas yang lengkap, baik dari pendidikan, komersial dan hunian. Sehingga dalam upaya meningkatkan nilai ekonomi dan fasilitas yang ada, kawasan ini memiliki peluang dalam bisnis MICE yang merupakan bisnis di bidang meeting, incentive, conference dan exhibition. Pembuatan eksibisi dan konvensi di kawasan ini menjadi sebuah opsi yang baik untuk mewadahi binis tersebut, dengan adanya Parahyangan Exhibition Convention Centre yang mewadahi kegiatan MICE ini, yang menerapkan tema arsitektur futuristik dengan gaya arsitektur yang mengorientasikan bangunan masa depan, dengan bentuk yang atraktif mampu mengolah bagian luar bangunan (eksterior) dan dalam bangunan (interior) yang unik sebagagai daya tarik pengujung dan penggunaan teknologi di era –sekarang yang di terapakan pada bangunan mampu memudahkan dalam beberapa hal kegiatan maupun bentuk fisik dan fungsi bangunan. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan ekonomi bagi kawasan dan menjadikan Parahyangan Exhibition Convention Centre sebagai bangunan iconic dan berbeda di Kota Baru Parahyangan.
Kata kunci: Eksibisi, Konvensi, Arsitektur Futuristik, Kota Baru Parahyangan.

ABSTRACT
Kota Baru Parahyangan is an area known as an independent city located in Padalarang, West Java, Indonesia. This area has a sustainable concept, which will pay attention to economic, environmental and social aspects. Especially in the economic aspect because this is the main thing in the process of developing an area. Kota Baru Parahyangan has complete facilities, both from education, commercial and residential. So in an effort to increase the economic value and existing facilities, this area has opportunities in the MICE business which is a business in the fields of meetings, incentives, conferences, and exhibitions. Making exhibitions and conventions in this area is a good option to accommodate this business, with the Parahyangan Exhibition Convention Center that accommodates this MICE activity, which applies a futuristic architectural theme with an architectural style that orients future buildings, with an attractive form capable of processing parts of the building. -the outside of the building (exterior) and the inside of the building (interior) are unique as an attraction for the end and the use of technology in this era - now that is applied to buildings can facilitate in some ways activities, the physical of the building and the function of the building. This aims to increase the economy for the region and make the Parahyangan Exhibition Convention Center an iconic and different building in Kota Baru Parahyangan..
Keywords: Exhibition, Convention, Kota Baru Parahyangan, Architecture, Futuristic

References

Akbar, (2018). BORNEO CONVENTION AND EXHIBITION CENTER. Kalimantan Barat.

Kota Baru Parahyangan. “Kota Baru Parahyangan – Visi & Misi”. https://kotabaruparahyangan.com/tentang-kbp/visi-misi diakses pada 21 Mei 2021

Fauzi, Farhan., dan Aqli, Wafirul., (2020). KAJIAN KONSEP ARSITEKTUR FUTURISTIK PADA BANGUNAN KANTOR. Jakarta.

Hernanda, Bima Patra., (2019). ELECTRONIC SPORTS ARENA DI KOTA SEMARANG. Semarang.

Chisholm, Hugh, ed., (1911). “Vitruvius”. Encyclopedia Britannica (11th ed.). Cambridge University Press

Mantiri, J.H, dan Makainas, I., (2011). EKSPLORASI TERHADAP ARSITEKTUR DEKONSTRUKSI. Manado.

Downloads

Published

2022-03-14

Issue

Section

2021 Arsitektur