Strategi Pemasaran Gitar Genta Sebagai Karya Kebanggaan Anak Bangsa Pada PT. Genta Trikarya

Penulis

  • Farid Mhd Al Afif Dalimunthe Fakultas Arsitektur dan Desain, Itenas, Bandung
  • Rosa Karnita Fakultas Arsitektur dan Desain, Itenas, Bandung

Kata Kunci:

Strategi, Pemasaran, PT Genta Trikarya

Abstrak

Suatu perusahaan dalam melakukan kegiatan perusahaan memiliki beberapa tujuan yang akan dicapai. Jika dalam jangka pendek, biasanya bertujuan untuk memikat atau memusatkan perhatian konsumen terhadap produk yang baru dirilis. Terdapat juga tujuan dalam jangka panjang, yakni untuk mempertahankan eksistensi suatu produk agar menimbulkan brand awareness atau meningkatkan eksistensi dari produk tersebut. Demikian juga dengan PT Genta Trikarya, tentunya memerlukan peranan kegiatan pemasaran dan strategi-strateginya. Berdasarkan hal tersebut, untuk mengetahui strategi yang tepat digunakna oleh PT Genta Trikarya, maka digunakan analisis SWOT. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi pemasaran Gitar Genta pada PT Genta Trikarya. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan penelitian deskriptif. Hasil dari penelitian yang telah didapatkan adalah: strategi S-O yang telah ditempuh oleh PT Genta Trikarya ialah telah berdiri puluhan tahun dan dipercaya oleh pasar luar negeri, produk menggunakan bahan lokal yang kuat, dan dipercaya oleh beberapa brand lain untuk memproduksi alat musik mereka. Strategi S-T yang ditempuh oleh PT Genta Trikarya ialah menjalin kerja sama kepada perusahaan luar negeri, meningkatkan kualitas gitar, dan menambah stok seri gitar terbaru. Strategi W-O yang digunakan oleh PT Genta Trikarya ialah dengan memanfaatkan peluang yang ada untuk meminimalkan kelemahan pada Gitar Genta, seperti dampak covid yang membuat lebih banyak peminatnya, pengiriman ke luar negeri, dan menjual gitar melalui e-commerce.

Unduhan

Diterbitkan

2023-12-13

Terbitan

Bagian

Prosiding SenADa: Seminar Nasional Arsitektur dan Desain