PERANCANGAN BRAND ACTIVATION POS IND

Authors

  • Muhammad Fathan Najmi Fakultas Arsitektur dan Desain Institut Teknologi Nasional
  • Inko Sakti Dewanto Fakultas Arsitektur dan Desain Institut Teknologi Nasional

Keywords:

Pos IND, Rebranding, campaign, Brand Awareness, Brand Activation

Abstract

Pos Indonesia has just transformed from a correspondence and financial company PT Pos Indonesia (Persero) into a logistics company Pos IND in August 2023. But the Indonesian people are still less aware of the rebranding carried out by Pos Indonesia so that many people, especially the younger generation, do not know about Pos IND. Therefore, an activation is needed that aims to increase public awareness of Pos IND. To prove the non-achievement of awareness of Pos IND rebranding, interviews and questionnaires were conducted to the Pos Indonesia environment and the community. then continued by mapping the shortcomings and potential of Pos Indonesia through the Strengh - Weakness - Opportunity - Threath method. From the results of this mapping, visual keywords are obtained that are in accordance with the target audience.
Keywords: Pos IND, Rebranding, campaign, Brand Awareness, Brand Activation

Abstrak
Pos Indonesia baru saja melakukan transformasi dari perusahaan surat menyurat dan keuangan PT Pos Indonesia (Persero) menjadi perusahaan logistik Pos IND pada Agustus 2023. Tetapi masyarakat Indonesia masih kurang aware dengan rebranding yang dilakukan oleh Pos Indonesia sehingga banyak masyarakat terutama generasi muda yang belum mengetahui tentang Pos IND ini. Oleh karena itu diperlukan sebuah aktivasi yang bertujuan untuk meningkatkan awareness masyarakat terhadap Pos IND. Untuk membuktikan ketidaktercapaian awareness dari rebranding Pos IND dilakukan wawancara dan kuesioner kepada lingkungan Pos Indonesia dan masyarakat. kemudian dilanjutkan dengan memetakan kekurangan dan potensi Pos Indonesia melalui metode strengh - Weakness - Opportunity - Threath. Dari hasil pemetaan tersebut, maka didapatkan keyword visual yang sesuai dengan target audience.
Kata Kunci Pos IND, Rebranding, Kampanye, Kesadaran merek, Aktivasi merek

References

Celine Thang, Rendy Iswanto (2023). Perancangan Brand Activation Untuk Startr Branding Berserta Media Promosinya Untuk Meningkatkan Brand Awareness. VICIDI, Volume 13, No1.

Deborah Natalya, Bing Bedjo, Daniel Kurniawan. (2017). Perancangan Media Komunikasi Visual Untuk Meningkatkan Brand Awareness Kosmetik Tloac-Claine. Jurnal DKV Adiwarna, Universitas Kristen Petra Vol 1, No 10.

Florentyna, S., Elisabeth, C. Y., Adi, S. K. (2014). Perancangan brand activation lem fox stik handicraft dengan memanfaatkan barang bekas sebagai media promosi. Universitas Kristen Petra.

Fransisca, M., Hartanto, D. D., & Sylvia, M. (2020). Perancangan Brand Activation Excelso Jemursari pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal DKV Adiwarna, 1(16).

Hasna Murbarani Haura Ulfah, Oji Kurniadi. (2018). Corporate Branding PT. Pos Indonesia (Studi Kasus PT. Pos Indonesia dalam Menghadapi Persaingan). Prosiding Hubungan Masyarakat, Volume 4, No. 2.

Irvine Ray, Muh Ariffudin Islam. (2022). Perancangan Brand Identity Dan Media Sosial Triversa Sebagai Sarana Untuk Meningkatkan Brand Awareness. Jurnal Barik, Vol. 3 No. 3.

Ryan Maulana, Inko Sakti Dewanto, Wiwi Isnaini. (2023). Perancangan Branding Wisata Street Food Lengkong Kecil Kota Bandung. e-Prosiding FAD Desain Komunikasi Visual, 2024.

Singgih Purnomo, Farida Indriani (2018). Analisis Pengaruh Brand Image dan Corporate Branding Terhadap Brand Equity Serta Dampaknya Pada Loyalitas Pelanggan Operator Seluler pada Loyalitas Pelanggan Operator Seluler. Dipenogoro Journal of Management Volume 7 No.2.

Swasty Wirania (2020). Branding: Memahami dan Merancang Strategi Merek. Remaja Rosdakarya.

Wuri Arenggoasih. (2016). Pengaruh Brand Communication, Service Quality Dan Brand Personality Anggota Dewan Terpilih Melalui Brand Trust Terhadap Brand Loyalty Pemilih (Studi Partai Politik Gerindra). JURNAL INTERAKSI, Vol 5 No. 2, 123-135

Yohanes Nuhadriel, Meilia Japaiana, & Keni Keni. (2021). Pentingnya Brand Communication, Brand Experience, Dan Brand Image Dalam Meningkatkan Brand Loyalty Pada Ritel Furnitur: Brand Trust Sebagai Variabel Mediasi. Jurnal Ilmiah Ekonomi Bisnis Volume 26 No. 3.

Downloads

Published

2024-07-31

Issue

Section

2024 Desain Komunikasi Visual