PERANCANGAN KAMPANYE MEMBANGUN KESADARAN PEMAKAIAN FASHION YANG LEBIH BERKELANJUTAN DAN BERETIKA MELALUI DIGITALCAMPAIGN SILIH TUKAR

Authors

  • Faris Hilmi Rahmadian Fakultas Arsitektur dan Desain Institut Teknologi Nasional
  • Agus Rahmat Mulyana Fakultas Arsitektur dan Desain Institut Teknologi Nasional

Keywords:

Campaign, Sustainable Fashion, Zero Waste, Clothes, Kampanye, Fesyen Berkelanjutan, Pakaian

Abstract

The aging of the Earth and the phenomena that have occurred have brought changes to human life. One of the phenomena that has emerged and is ingrained in human life is "fast fashion." Fast fashion is a term used by the textile industry to describe the rapid production of various fashion styles that change quickly over a short period. Moreover, this industry tends to use low-quality raw materials that are not durable. The use of non-durable raw materials leads consumers to frequently purchase clothing anew. It appears that sustainable clothing consumption could be an effort to mitigate the impacts of the fast fashion industry. By raising awareness of ethical consumption of clothing—such as reducing excessive clothing purchases and wearing clothes for longer Program Studi Desaian Komunikasi Visual Fakultas Arsitektur dan Desain – ITENAS. 1 Juli, 2024 periods (2 years or more)—we can reduce our carbon, water, and clothing waste footprint (Elizabeth L Cline).
Keywords: Campaign, Sustainable Fashion, Zero Waste, Clothes.

Abstrak
Bertambahnya usia bumi dan fenomena yang terjadi telah membawa perubahan bagi kehidupan manusia. Salah satu fenomena yang terjadi dan melekat dalam kehidupan manusia adalah fenomena “fast fashion”. Fast fashion merupakan istilah yang digunakan oleh industri tekstil untuk menggambarkan produksi berbagai model fesyen yang cepat berganti dalam waktu singkat. Tak hanya itu, industri ini cenderung menggunakan bahan baku berkualitas rendah yang tidak awet. Penggunaan bahan baku yang tidak awet membuat konsumen cenderung membeli pakaian lagi. Nampaknya pemakaian pakaian yang berkelanjutan bisa menjadi upaya untuk menanggulangi dampak dari industri fast fashion. Dengan memiliki kesadaran akan ethical consumption terhadap pakaian, dengan cara mengurangi pembelian pakaian yang berlebih dan mengonsumsi pakain dengan rentang waktu yang cukup lama (2 tahun atau lebih) dapat mengurangi jejak karbon, air, dan limbah pakaian kita (Elizabeth L Cline).
Kata kunci: Kampanye, Fesyen Berkelanjutan, Zero Waste, Pakaian

Downloads

Published

2024-07-31

Issue

Section

2024 Desain Komunikasi Visual