PERANCANGAN SERI BUKU INTERAKTIF SPESIES IKAN PARI BERDASARKAN TINGKAT KONSERVASI DI INDONESIA

Authors

  • Zalfaa Audy Agnita Salim Fakultas Arsitektur dan Desain Institut Teknologi Nasional
  • Aditya Januarsa Fakultas Arsitektur dan Desain Institut Teknologi Nasional

Keywords:

Information design, Children's interactive books, Stingrays, biosphere, Desain informasi, Buku interaktif Anak, Ikan pari, Lingkungan hidup

Abstract

Stingrays are a species that has fully protected status throughout the world due to massive hunting carried out by fishermen. Indonesia is one of the largest producing countries for stingrays, this has resulted in several types of stingray species that live in Indonesian waters experiencing a very significant population decline. Even though conservation efforts have been carried out by the Ministry of Maritime Affairs and Fisheries, these efforts still need support from the Indonesian community and it is best that insight and learning about stingrays be given to children so that they can learn to participate in preserving and protecting stingray species. Therefore, media is needed that can attract children's interest and provide good learning about stingray species. Research was conducted using qualitative methods such as literature studies and target personification to meet needs and adapt media to target children.
Keywords: Information design, Children's interactive books, Stingrays, biosphere

Abstrak
Ikan pari merupakan salah satu spesies yang memiliki status di lindungi penuh di seluruh dunia akibat perburuan yang dilakukan secara masif oleh para nelayan. Indonesia merupakan salah satu negara produsen terbesar ikan pari, hal ini mengakibatkan beberapa jenis spesies ikan pari yang hidup di perairan indonesia mengalami penurunan populasi yang sangat signifikan. Walaupun upaya konservasi telah dilakukan oleh kementrian kelautan dan perikanan, upaya ini masih perlu dukungan dari masyrakat indonesia dan sebaiknya wawasan dan pembelajaran mengenai ikan pari dapat diberikan kepada anak-anak agar mereka dapat belajar untuk ikut serta melestarikan dan melindungi spesies ikan pari. Oleh sebab itu diperlukan media yang dapat menarik minat anak dan dapat memberikan pembelajaran yang baik tentang spesies ikan pari. Penelitian dilakukan dengan metode kualitatif seperti studi literatur dan personifikasi target untuk memenuhi kebutuhan dan menyesuaikan media untuk target anak-anak.
Kata kunci: Desain informasi, Buku interaktif Anak, Ikan pari, Lingkungan hidup

References

Choirul, Natasya. 2023. YANG DIDARATKAN DI PELABUHAN PERIKANAN PANTAI BULU , TUBAN JAWA TIMUR SKRIPSI Disusun Oleh NATASYA CHOIRUL AINIYAH.

Fika. 2019. “Packaging Sebagai Alat Komunikasi.” 21–48.

Hartono, Tirza Amelia, Wibowo Wibowo, and Rika Febriani. 2017. “Perancangan Buku Interaktif Dalam Meningkatkan ‘Self-Esteem’ Sebagai Upaya Pencegahan ‘Bullying’ Pada Anak Usia 7-9 Tahun.” DeKaVe 10(1):47–56. doi: 10.24821/dkv.v10i1.1770.

Ilham, and Ilham Marasabessy. 2021. “Identifikasi Jenis Dan Status Konservasi Ikan Pari Yang Diperdagangkan Keluar Kota Sorong Pada Loka Pengelolaan Sumberdaya Pesisir Dan Laut Sorong Identification.” Jurnal Riset Perikanan Dan Kelautan 3(1):290–302.

Jesse, Albert, Bramantya, and Ryan Pratama S. 2016. “Perancangan Buku Cerita Interaktif Untuk Menimbulkan Minat Baca Anak Usia 4-6 Tahun Abstrak.” Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan 1:989–92.

Putradinata, Emeralda. 2021. “Perancangan Media Informasi Kapten Muslihat Di Museum Perjuangan Bogor.” 5–34.

Sukmaningrum, Sri, Suhestri Suryaningsih, and Aulidia Nurul Habibah. 2022. “Keanekaragaman Spesies Dan Status Konservasi Ikan Hiu Dan Ikan Pari Di Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Pemalang.” Al-Kauniyah: Jurnal Biologi 15(1):130–39. doi: 10.15408/kauniyah.v15i1.17987.

Sukmantari, Hayya, and Aditya Januarsa. 2022. “Mengenalkan Keanekaragaman Burung Rndemik Indonesia Melalui Perancangan Buku Ensiklopedia Untuk Anak-Anak.” Jurnal Komunikasi Visual 2(2):93–100.

Downloads

Published

2024-07-31

Issue

Section

2024 Desain Komunikasi Visual