PERANCANGAN BRAND IDENTITAS VINCI FURNITURE JAKARTA SELATAN
Keywords:
Planning, Brand identity, Furniture, Strategic, industrial, Perancangan, Identitas merekAbstract
Vinci Furniture, a furniture store that has been established since 1996 in South Jakarta, faces stiff competition in the dynamic furniture industry. To remain relevant and maintain market share, the company redesigned its brand identity to reflect its core values and present an image of greater quality and innovation. Based in South Jakarta, the business and lifestyle center of Indonesia's capital, Vinci Furniture has a great opportunity to reach a wide and diverse market. Through a brand identity redesign, the company hopes to strengthen customer engagement, increase brand awareness, and differentiate itself from competitors. By maintaining a focus on product and service quality, while providing a fresher and more contemporary design touch, Vinci Furniture hopes to attract the attention of new consumers and maintain the loyalty of existing customers. In addition, by running a business in a fast-growing capital city like Jakarta, this company wants to take advantage of the market potential that continues to grow in this city. By using the right marketing strategies and a strong brand identity, Vinci Furniture hopes to continue to grow and develop in the face of increasingly fierce competition in the furniture industry.
Keywords: Planning, Brand identity, Furniture, Strategic, industrial
Abstrak
Vinci Furniture, sebuah toko mebel yang telah berdiri sejak tahun 1996 di Jakarta Selatan, menghadapi persaingan yang ketat di industri furnitur yang dinamis. Untuk tetap relevan dan mempertahankan pangsa pasar, perusahaan ini merancang ulang identitas mereknya untuk mencerminkan nilai-nilai inti serta menghadirkan citra yang lebih berkualitas dan inovasi. Berbasis di Jakarta Selatan, pusat bisnis dan gaya hidup di ibu kota Indonesia, Vinci Furniture memiliki kesempatan besar untuk menjangkau pasar yang luas dan beragam. Melalui perancangan ulang identitas merek, perusahaan ini berharap untuk memperkuat keterlibatan pelanggan, meningkatkan kesadaran merek, dan membedakan dirinya dari pesaing. Dengan mempertahankan fokus pada kualitas produk dan layanan, sambil memberikan sentuhan desain yang lebih segar dan kontemporer, Vinci Furniture berharap dapat menarik perhatian konsumen baru dan mempertahankan loyalitas pelanggan yang sudah ada. Selain itu, dengan menjalankan bisnis di ibu kota yang berkembang pesat seperti Jakarta, perusahaan ini ingin memanfaatkan potensi pasar yang terus berkembang di kota ini. Dengan menggunakan strategi pemasaran yang tepat dan identitas merek yang kuat, Vinci Furniture berharap dapat terus tumbuh serta semakin berkembang dalam persaingan ketat yang dihadapi di industri furnitur.
Kata Kunci: Perancangan, Identitas merek, Furniture, Strategis, industri
References
Aaker, D. A. (2012). Membangun merek yang kuat. Simon dan Schuster. Al, A., & Jack, R. (n.d.). Positioning : The battle for Your Mind.
Amalina, S., Wahid, F., Satriadi, V., Farhani, F. S., & Setiani, N. (2017, August). Rancang Purwarupa Aplikasi UniBook Menggunakan Metode Pendekatan Design Thinking. In Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi (SNATi).
Caroline, A., & Petra, U. K. (2016). Perancangan Identitas Visual Brand Miss Wang Couture di Surabaya. 1–6.
Desain, J., & Visual, K. (2018). PERANCANGAN IDENTITAS VISUAL UNTUK PROMOSI. April, 207–220. Nandy. (2021). Gramedia. Retrieved from Gramedia: https://www.gramedia.com/literasi/design-thinking/
Hussein, A. S. (2018). Metode design thinking untuk inovasi bisnis. Universitas Brawijaya Press.
Natasha, R., Sutanto, R. P., Pranayama, A., Visual, D. K., Seni, F., Petra, U. K., & Siwalankerto, J. (2019). Perancangan Website Brand Sepatu Lokal Solesister Identifikasi dan Analisis Data.
Pertiwi, M. K., & Martadi, M. (2023). PERANCANGAN BRAND IDENTITY UMKM JAMU SABAY. Desgrafia: Jurnal Desain Grafis, 1(1), 199-212.
Ray, I., & Islam, M. A. (2022). Perancangan Brand Identity dan Media Sosial Triversa Sebagai Sarana untuk Meningkatkan Brand Awareness. BARIK-Jurnal S1 Desain Komunikasi Visual, 3(3), 221-235.
Sasmito, P. A., H, D. D., Febriani, R., Visual, D. K., Desain, S., & Petra, U. K. (n.d.). Perancangan Konsep Visual Branding Untuk Dessea Fit. 20.
Sari, I. P., Kartina, A. H., Pratiwi, A. M., Oktariana, F., Nasrulloh, M. F., & Zain, S. A. (2020). Implementasi Metode Pendekatan Design Thinking dalam Pembuatan Aplikasi Happy Class Di Kampus UPI Cibiru. Edsence: Jurnal Pendidikan Multimedia, 2(1), 45-55.
Visual, D. K., Desain, S., & Petra, U. K. (n.d.). WARU SIDOARJO Yungmantara Gunawan Pendahuluan. Visual, I., & Shop, C. (2021). PERANCANGAN RE-BRANDING IDENTITAS VISUAL. 2(3), 1–15