PERANCANGAN CARD GAME SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN FOTOGRAFI DASAR UNTUK REMAJA USIA 13-18 TAHUN (PERFECT SHOT)

Authors

  • Mohamad Haikal Pandu Bagasmara Fakultas Arsitektur dan Desain Institut Teknologi Nasional
  • Aditya Januarsa Fakultas Arsitektur dan Desain Institut Teknologi Nasional

Keywords:

Educational Game, Card Game, Photography, Learning Interest, Active Engagement, Permainan Edukatif, Fotografi, Minat Belajar, Keterlibatan Aktif

Abstract

This study aims to develop an educational tool for basic photography education in the form of an interactive and engaging card game. The background of this research is the increasing interest and talent in learning good photography techniques but facing challenges in maintaining learning quality and enthusiasm, as well as overcoming a passive attitude in the photography learning process. The short-term goals of this study are to change perceptions, increase engagement, and strengthen the basic understanding of photography, while the long-term goals are to foster sustained interest, produce quality young photographers, and improve visual literacy among adolescents. This research will use an applied research method with a focus on the development and evaluation of a card game as a photography learning tool. It is expected that the results of this research will contribute positively to increasing learning interest, active engagement, and understanding of basic photography concepts.
Keywords: Educational Game, Card Game, Photography, Learning Interest, Active Engagement

Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan alat bantu pendidikan dasar fotografi berupa permainan edukatif card game yang interaktif dan menarik. Latar belakang penelitian ini adalah meningkatnya minat dan bakat dalam mempelajari teknik fotografi yang baik namun menghadapi tantangan dalam mempertahankan kualitas dan antusiasme belajar serta mengatasi sikap pasif pada proses pembelajaran fotografi. Tujuan jangka pendek penelitian ini adalah mengubah persepsi, meningkatkan keterlibatan, dan memperkuat pemahaman dasar fotografi, sedangkan tujuan jangka panjangnya adalah membentuk minat yang berkelanjutan, menghasilkan fotografer muda berkualitas, dan meningkatkan literasi visual remaja. Penelitian ini akan menggunakan metode penelitian terapan dengan fokus pada pengembangan dan evaluasi permainan card game sebagai alat bantu pembelajaran fotografi. Diharapkan hasil dari penelitian ini dapat memberikan kontribusi positif dalam meningkatkan minat belajar, keterlibatan aktif, dan pemahaman konsep dasar fotografi.
Kata Kunci: Permainan Edukatif, Card Game, Fotografi, Minat Belajar, Keterlibatan Aktif
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan alat bantu pendidikan dasar fotografi berupa permainan edukatif card game yang interaktif dan menarik. Latar belakang penelitian ini adalah meningkatnya minat dan bakat dalam mempelajari teknik fotografi yang baik namun menghadapi tantangan dalam mempertahankan kualitas dan antusiasme belajar serta mengatasi sikap pasif pada proses pembelajaran fotografi. Tujuan jangka pendek penelitian ini adalah mengubah persepsi, meningkatkan keterlibatan, dan memperkuat pemahaman dasar fotografi, sedangkan tujuan jangka panjangnya adalah membentuk minat yang berkelanjutan, menghasilkan fotografer muda berkualitas, dan meningkatkan literasi visual remaja. Penelitian ini akan menggunakan metode penelitian terapan dengan fokus pada pengembangan dan evaluasi permainan card game sebagai alat bantu pembelajaran fotografi. Diharapkan hasil dari penelitian ini dapat memberikan kontribusi positif dalam meningkatkan minat belajar, keterlibatan aktif, dan pemahaman konsep dasar fotografi.
Kata Kunci: Permainan Edukatif, Card Game, Fotografi, Minat Belajar, Keterlibatan Aktif

References

Agustinus Subhyakta, T. (n.d.). PEMBUATAN APLIKASI PEMBELAJARAN FOTOGRAFI DASAR.

Arsyad, A. (2014). Media Pembelajaran.

Deli, A., Astuti, I., & Salam, U. (2023). DESAIN PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF UNTUK PEMBELAJARAN FOTOGRAFI DASAR DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN. Jurnal TIK Dalam Pendidikan, 10(1).

Jackson, I. (2008). 63 Gestalt-A Learning Theory for Graphic Design Education.

Januarsa, A., & Biya, M. I. (n.d.). Rancangan Permainan Kartu Bertemakan Agrobisnis Distopia (INGRA).

Made Widnyana, I., Made, I., Sunarya, G., & Wirawan, A. (2015). PENGEMBANGAN APLIKASI AUGMENTED REALITY BOOK PENGENALAN KAMERA FOTO SEBAGAI PENUNJANG PEMBELAJARAN FOTOGRAFI STUDI KASUS KELAS XII-MULTIMEDIA SMK NEGERI 1 MAS UBUD (Vol. 4).

Prakatis Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif Buku Ajar Perkuliahan Oleh, M., & Suryana, P. (2010). METODOLOGI PENELITIAN.

Syahputra, A., Sani, A., Habib, H., Ibrahim, Q., & Rudiansyah, M. (2023). ANALISIS PEMOTRETAN FOTO MENGGUNAKAN TEKNIK SEGITIGA EXPOSURE PADA PRODUK MAKANAN KEMASAN. Jurnal Bidang Penelitian Multimedia (JBPM) (Vol. 1).

Wahyuningsih, S. (n.d.). SRI WAHYUNINGSIH DESAIN KOMUNIKASI VISUAL

Yunita Wijaya, P. (n.d.). TIPOGRAFI DALAM DESAIN KOMUNIKASI VISUAL (Priscilia Yunita Wijaya) TIPOGRAFI DALAM DESAIN KOMUNIKASI VISUAL Dosen Jurusa

Downloads

Published

2024-07-31

Issue

Section

2024 Desain Komunikasi Visual