PERANCANGAN BUKU ILUSTRASI “TRADISI MOCI TEGAL" UNTUK REMAJA USIA 13-15 TAHUN
Keywords:
Illustration, Illustration Book, Visual Narattive, Moci, Tegal Tradition, Ilustrasi, Buku Ilustrasi, Narasi Visual, Tradisi TegalAbstract
The Moci Tegal culture has received little attention and appreciation from the community, especially from young people aged 13 to 15 years old. There are still very few media outlets discussing the identity of Tegal, and those that do exist are often ineffective and inefficient. The aim of this research is to design an illustrative book on Tegal's Moci culture with visually appealing styles to attract the audience's attention, reintroducing the Moci Tegal culture and educating about its history and philosophical values. The research method applied in this study is a qualitative approach, using case studies, document analysis, and literature review. Data collection involves information related to the Moci Tegal culture. The result of this design is an illustrative book with a visual narrative approach and creative storytelling strategies. With the illustrative book serving as an educational medium on the Moci Tegal culture, it is hoped to increase knowledge and interest among young generations to appreciate and preserve their local culture.
Keywords: Illustration, Illustration Book, Visual Narattive, Moci, Tegal Tradition
Abstrak
“Tradisi Moci Tegal” kurang mendapat perhatian dan apresiasi dari masyarakat terutama generasi muda usia 13 – 15 tahun. Media yang membahas tentang identitas dari Tegal ini masih sangat sedikit serta kurang efektif dan efisien. Tujuan penelitian ini adalah merancang buku ilustrasi “Tradisi Moci Tegal” dengan gaya visual yang menarik perhatian audiens sehingga mampu mengenalkan kembali tentang “Tradisi Moci Tegal” dan mengedukasi tentang sejarah serta nilai filosofisnya. Metode penelitian yang diterapkan dalam studi ini adalah pendekatan kualitatif, melalui penggunaan studi kasus, analisis dokumen, dan studi literatur. Pengumpulan data melibatkan informasi yang berkaitan dengan “Tradisi Moci Tegal”. Hasil dari perancangan ini adalah buku ilustrasi dengan pendekatan narasi visual serta strategi kreatif storytelling. Dengan adanya buku ilustrasi sebagai media edukasi tentang “Tradisi Moci Tegal” diharapkan dapat menambah pengetahuan dan ketertarikan pada generasi muda untuk mengapresiasi dan melestarikan Tradisi lokal mereka.
Kata Kunci: Ilustrasi, Buku Ilustrasi, Narasi Visual, Moci, Tradisi Tegal
References
Babakr, Z. H., Mohamedamin, P., & Kakamad, K. (2019). Piaget’s Cognitive Developmental Theory: Critical Review. Education Quarterly Reviews, 2(3). https://doi.org/10.31014/aior.1993.02.03.84
Bringhurst, R. (1992). ELEMENTOS DO ESTILO TIPOGRÁFICO. https://dokumen.pub/elementos-do-estilo-tipografico-versao-30-the-elements-of-typographic-style-3-ediao-857503393x.html
Brockmann, M. (1981). Grid systems in graphic design - Josef Muller-Brockmann. https://ia800804.us.archive.org/11/items/GridSystemsInGraphicDesignJosefMullerBrockmann/Grid%20systems%20in%20graphic%20design%20-%20Josef%20Muller-Brockmann.pdf
Darwis Nasution, R. (n.d.). PENGARUH MODERNISASI DAN GLOBALISASI TERHADAP PERUBAHAN SOSIAL BUDAYA DI INDONESIA EFFECT OF MODERNIZATION AND GLOBALIZATION OF SOCIO-CULTURAL CHANGES IN INDONESIA. In Pengaruh Modernisasi Terhadap Rusaknya Moral Generasi Bangsa| (Vol. 1).
Dewi, A. (2019). Pengembangan Kompetensi Multiliterasi Desain Berbasis Pada Penerapan Tradisi Komunikasi Di Era Indonesia 4.0. Jurnal Desain Indonesia., 1(1), 1–6. https://doi.org/10.52265/jdi.v1i1.3
Hendratman, H. (2023). Desain Grafis Praktis (5th ed.). INFORMATIKA. https://www.hendihen.com/
Iskandar, H., Prasetya Aji, M., & Program, D. (n.d.). Reconstruction of Indigenous Science of Tegal’s unique Moci and Tofu Aci Culture as a Source of Learning Science, Data Literacy and Technology for Students. Journal of Pharmaceutical Negative Results ¦, 13, 2022. https://doi.org/10.47750/pnr.2022.13.04.250
Munawaroh, S., Mudjijono, & Wuryansari, Th. E. (2018). Tradisi Moci “Minum Teh Di Tegal Jawa Tengah.” BPNB D.I. Yogyakarta. https://www.goodreads.com/book/show/49451622-tradisi-moci-minum-teh-di-tegal-jawa-tengah
Pentak, S., & Lauer, D. A. (2016). DESIGN BASICS. https://dokumen.pub/design-basics-ninthnbsped-9781285858227-1285858220.html
Piaget, J. (1929). The Child’s Conception of The World. https://dn790000.ca.archive.org/0/items/childsconception01piag/childsconception01piag.pdf
Savitri Anggraeni, N., Putra Sari, B., Rizky Yuwono, A., Zulfikar, R., Ade Nugraha, A., Ciputra Makassar, S., & artikel Abstrak, H. (n.d.). PELATIHAN MENGGAMBAR KOMIK DENGAN PENDEKATAN NARASI VISUAL BAGI KOMIKUS PEMULA DI MAKASSAR. Jurnal Abdimas Ilmiah Citra Bakti ||, 510(3), 2023. https://doi.org/10.38048/jailcb.v4i3.1699
Tondreau, B. (2019). Layout Essentials: 100 Design Principles for Using Grids. https://dokumen.pub/layout-essentials-revised-and-updated-100-design-principles-for-using-grids-1631596314-9781631596315.html
Wardiah, D. (2017). PERAN STORYTELLING DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS, MINAT MEMBACA DAN KECERDASAN EMOSIONAL SISWA. 15(2), 42–56. https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/didaktika/article/view/1236
Zeegen, L. (2005). The Fundamentals of Illustration (1st ed.). https://www.perlego.com/book/392665/the-fundamentals-of-illustration-pdf