PERANCANGAN KOMIK DIGITAL SEBAGAI MEDIA EDUKASI UNTUK MENINGKATKAN KESADARAN CYBERBULLYING TERHADAP REMAJA

Authors

  • Fandi Al Masaf Fakultas Arsitektur dan Desain Institut Teknologi Nasional
  • Aris Kurniawan Fakultas Arsitektur dan Desain Institut Teknologi Nasional

Keywords:

Teenagers, Social Media, Negative Impact, Remaja, Media Sosial, Dampak Negatif

Abstract

Nowadays, a lot of teenagers are using social media. Social media, in its use, of course, has both positive and negative effects. One of the negative effects is the occurrence of unpleasant experiences as a victim of extortion or insult carried out continuously, so affecting the mental health of the victim can even lead to serious consequences of suicide. The aim of this research is to design a new kind of digital comic that can be an educational medium for raising awareness of cyberbullying among teenagers. The research methods used in this study are qualitative methods of observation, surveys, and interviews. The results of this research are designing a new thing, and one way that can be done is by creating online comics that serve as an effective medium for teaching teenagers. Webcomic is one of the media that is often read by teenagers, so an educational approach that uses webcomic can get into the minds of teenagers and help them understand the material. Webcomics will be created to help teenagers prevent and deal with victim cases using observation techniques, interviews, and questionnaires.
Keywords: Teenagers; Social Media; Negative Impact

Abstrak
Pada saat ini banyak anak remaja yang sering menggunakan media sosial. Media sosial dalam penggunaannya tentu saja memiliki efek positif maupun efek negatif dimana, salah satu efek negatif yakni berupa terjadiny pengalaman yang tidak menyenangkan sebagai korban berupa ejekan maupun hinaan yang dilakukan yang berlangsung secara terus-menerus, sehingga berdampak pada kesehatan mental korban, bahkan dapat menyebabkan efek yang serius berupa bunuh diri. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk merancang sebuah hal baru yakni berupa komik digital yang dapat menjadi sebuah media edukasi dalam meningkatkan kesadaran akan cyberbullying pada remaja. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan cara observasi, survey dan wawancara. Hasil dari penelitian ini berupa merancang sebuah hal baru dimana salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan membuat komik online yang berfungsi sebagai media yang efektif untuk mengajar remaja. Webcomic adalah salah satu media yang sering dibaca oleh remaja, sehingga pendekatan edukasi yang menggunakan webcomic dapat masuk ke dalam pikiran para remaja dan membantu mereka memahami materi. Webcomic akan dibuat untuk membantu para remaja mencegah dan menangani kasus korban dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, dan kuesioner.
Kata kunci: Remaja, Media Sosial, Dampak Negatif

References

Gumelar, M.S. (2011). Cara Membuat Komik. Jakarta Barat: PT. Indeks. Diakses dari Google Play Book.

Kusrianto, Adi. (2007). Pengantar Desain Komunikasi Visual. Yogyakarta: CV Andi Offset.

Maharsi, Indiria. (2018). Komik: Dari Wayang Beber Sampai Komik Digital. Yogyakarta. Diakses dari

Goggle Play Book.

Mataram. Sayid. (2017). Struktur Visual Komik. Surakarta. Diakses dari Google Play Book.

McCloud, Scott. (1993). Understanding Comic The Invisible Art. New York: HarperCollins Publishers

Widya, Leonardo Adi Dharma dan Andreas James Darmawan. (2016). Pengantar Desain Grafis. Jakarta

Dan, Enrica Ciucci, & Baronchelli, A. (2014). Psychology. Des Adolescen.

E.B, Hurlock. (1992). Psikologi Perkembangan : Suatu pendekatan Rentang Kehidupan. Jakarta: Erlangga Fatimah.

Febrian, (2020), PERANCANGAN WEBCOMIC SEBAGAI MEDIA EDUKASI ANTI CYBERBULLYING DI KALANGAN REMAJA, jurnal e-Proceeding of Art & Design https://openlibrarypublications.telkomuniversity.ac.id/index.php/artdesign/article/view/13050/12710

SItumorang, David Binondi. (2019), Menjadi Viral dan Terkenal di Media Sosial padahal korban Cyberbulying suatu kerugian atau keuntungan, Jurnal Penelitian dan pengukuran psikologi, https://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jppp/article/view/11220/6989

Syah, Rahmat. (2018), Upaya Pencegaham cyberbullying bagi remaja Pengguna social Media di Indonesia, Jurnal pks Vol.17 https://ejournal.kemensos.go.id/index.php/jpks/article/view/1473/849

Wang, Ning Tao, Huang, Yi Shin, Lin, Meng Hsien, Huang, Bryan, Perng, Chin Lin, & Lin, Han Chieh. (2016). Chronic hepatitis B infection and risk of antituberculosis drug-induced liver injury: Systematic review and meta-analysis. Journal of the Chinese Medical Association, 79(7), 368–374

Weismann, Mira Marleni Pandie dan Ivan TH. J. (2016). “Pengaruh Cyberbullying di Media Sosial terhadap Perilaku Reaktif sebagai Pelaku maupun sebagai Korban Cyberbullying pada Siswa Kristen SMP Nasional Makassar.” Jurnal Jaffray, Vol. 14., 43. Retrieved from http://bit.ly/2Dm00H0

Downloads

Published

2024-07-31

Issue

Section

2024 Desain Komunikasi Visual