PERANCANGAN BUKU "THERAPEUTIC ART" SEBAGAI ALAT BANTU UNTUK MENGENDALIKAN STRESS DI KALANGAN MAHASISWA
Keywords:
Mental Health, College Student, Implementation of Therapeutic art, Stress, ‘Art Therapy’ Book, Kesehatan mental, Mahasiswa, Implementasi Therapeutic art, Buku ‘Therapeutic art’Abstract
Mental health is a problem that has not been completely addressed by the Indonesian government. With an era that continues to advance and develop rapidly, it is undeniable that there will be intense competition, especially for students who are studying to prepare themselves to enter the world of work. Of Course this triggers a lot of influence on the mental health of students from the burden or weight of excessive coursework and the impact of this will cause excessive stress and cause student mental health problems, with this, the university should have a special facility that can help maintain the mental health of its students. This design uses Therapeutic art techniques as Emotional coping mechanisms in dealing with stressful situations, using self-healing methods by giving them a place to express their feelings and reduce stress. The method used in this design is qualitative by collecting literacy sources to be analyzed and conducting interviews with parties involved in this research and design. By designing this 'Therapeutic art' book, it can help students maintain their mental health by managing their stress emotionally.
Keywords: Mental Health, College Student, Implementation of Therapeutic art, Stress, ‘Art
Therapy’ Book
Abstrak
Kesehatan mental merupakan permasalahan yang belum tuntas ditangani oleh pemerintah Indonesia. Dengan era yang terus maju dan berkembang dengan pesat tidak dipungkiri bahwa akan adanya persaingan ketat khususnya pada mahasiswa yang sedang menuntut ilmu untuk mempersiapkan dirinya masuk ke dunia kerja. Tentunya hal ini memicu banyak pengaruh bagi kesehatan mental mahasiswa dari beban atau bobot tugas kuliah yang berlebih dan dampak dari hal tersebut akan mengakibatkan stress berlebih serta menimbulkan masalah kesehatan mental mahasiswa, dengan ini maka universitas sudah seharusnya memiliki fasilitas khusus yang dapat membantu memelihara kesehatan mental mahasiswanya. Perancangan ini menggunakan teknik Therapeutic art sebagai Emotional coping mechanism dalam menghadapi situasi yang stressful, menggunakan cara self-healing dengan memberikan mereka tempat untuk mengekspresikan perasaan mereka serta mengurangi rasa stress. Metode yang digunakan pada perancangan ini adalah kualitatif dengam mengumpulkan sumber literasi untuk dianalisis dan melakukan wawancara kepada pihak yang terkait dalam penelitian dan perancangan ini. Dengan dirancangnya buku ‘Therapeutic art’ ini dapat membantu mahasiswa memelihara kesehatan mental mahasiswa dengan cara mengelola stress mereka secara emosional.
Kata Kunci:
Kesehatan mental, Mahasiswa, Implementasi Therapeutic art, Stress, Buku ‘Therapeutic art’
References
Adams Sony. (2023). Rusak Saja Buku Ini (Adamson Herman, Ed.; The Journal). Anak Hebat Indonesia.
Amijo Sarah. (2023). Journal Of Joy (Kusuma Gabby Kathrine, Ed.). Penerbit Pop.
Chushikina, K., & Vinarchik, E. (n.d.). Inovace a technologie ve vzdělávání NEUROGRAPHY AS A WAY TO DEAL WITH STRESSFUL SITUATIONS IN LEARNING НЕЙРОГРАФИКА КАК СПОСОБ БОРЬБЫ СО СТРЕССОВЫМИ СИТУАЦИЯМИ В ОБУЧЕНИИ.
Constantin, N. A., Rawis, D., & Setijadi, N. N. (n.d.). KOMUNIKASI KESEHATAN MENTAL PADA MAHASISWA DAN PERAN MASYARAKAT MENANGGAPI ISU KESEHATAN MENTAL.
D. Utami Tri. (2022). A Guide Book To Heal Your Soul (Nimash, Ed.). Penerbit Brilliant.
Geuthèë, J., Multidisiplin, P., Qismullah, F. I., Fakriah, N., Safira, N., Arsitektur, P., Sains, F., & Teknologi, D. (n.d.). Fitriyani Insanuri Qismullah, Nurul Fakriah, Nahda Safira Jurnal Geuthèë: Penelitian Multidisiplin (Issue 02). http://www.journal.geutheeinstitute.com.
Handayani, D. S., Kaunang, R., & Sondang, S. (n.d.). Manfaat dan Potensi Masalah Penggunaan Kecerdasan Buatan (AI) dalam Komunikasi Publik. https://journal.ikopin.ac.id
Hapsari, S., Hani, U., Ilmu Keperawatan dan Kesehatan, F., & Karya Husada Semarang, U. (2022). e-ISSN2 548-7051 Persatuan Perawat Nasional Indonesia Jawa Tengah. In Jurnal Perawat Indonesia (Vol. 6).
Ilmu Kesehatan, J., Alfitha, A., Dwi Werdani Keperawatan, W., & Pendidikan Olahraga dan Kesehatan, F. (2023). MEDIC NUTRICIA PENGARUH BANYAKNYA TUGAS TERHADAP KESEHATAN MENTAL MAHASISWA UNIVERSITAS PENDIDIKAN INDONESIA. 1, 1–15. https://doi.org/10.5455/mnj.v1i2.644
Isis, P., Bokoch, R., Fowler, G., & Hass-Cohen, N. (2024). Efficacy of a Single Session Mindfulness-based Art Therapy Doodle Intervention. Art Therapy, 41(1), 11–20. https://doi.org/10.1080/07421656.2023.2192168
Jones Sharon. (2023). Bakar Saja Buku Ini (Burn After Writing) (Evi K, Ed.). Snowball Publishing.
Oleh. (1402). PERANCANGAN BUKU PENGENALAN KALIGRAFI COPPERPLATE DENGAN TEKNIK POINTED PEN PROGRAM STUDI DESAIN KOMUNIKASI VISUAL JURUSAN SENI RUPA FAKULTAS BAHASA DAN SENI UNIVERSITAS NEGERI PADANG 2018.
Pragholapati, A., Wida Ulfitri, dan, Jenderal Achmad Yani, Stik., dan, C., & Bhakti Kencana, Stik. (2019). Gambaran Mekanisme Coping pada Mahasiswa Program Studi Sarjana Keperawatan Tingkat IV yang Sedang Menghadapi Tugas Akhir di Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan X Bandung. Humanitas, 3(2), 115–126.
Ridlo, I. A., Administrasi, D., Kesehatan, K., Masyarakat, K., & Airlangga, U. (n.d.). Pandemi COVID-19 dan Tantangan Kebijakan Kesehatan Mental di Indonesia. https://doi.org/10.20473/jpkm.v5i12020.155-164
Sabil, R., & Karnita, R. (n.d.). PERANCANGAN BUKU JURNAL INTERAKTIF UNTUK MEMBANTU MENGELOLA RASA INSECURE PADA REMAJA.
Saumantri, T., Nawawi, F., & Syekh Nurjati Cirebon, I. (2024). ETIKA DALAM PEMANFAATAN ARTIFICIAL INTELLIGENCE (AI) PADA GENERASI Z DI PONDOK PESANTREN SYARIFUL ANAM KOTA CIREBON (Vol. 7, Issue 02). http://jurnal.unipasby.ac.id/index.php/abadimas
Siswandi, W., Caninsti, R., Kunci, K., Emosi, R., Sosial, D., Sebaya, T., & Perantau, M. (2020). Peran Dukungan Sosial Teman Sebaya terhadap Regulasi Emosi Mahasiswa Perantau Tahun Pertama di Jakarta The Role Of Peer Social Support Toward Emotion Regulation of Migrated Student in the First Year in Jakarta (Vol. 8, Issue 2).
Stuart, H. (2016). Reducing the stigma of mental illness. Global Mental Health, 3, e17. https://doi.org/10.1017/gmh.2016.11
TERAPI SENI PADA PASIEN DALAM PERAWATAN PALIATIF SEBUAH. (n.d.).
Tessia. (2023). Anggap Aja Ini Rumahmu (Muti & Cendana Lovita, Eds.; The Journal). Penerbit Baca.
Tjahjadinata, C., Puspadewi, N., & Rukmini, E. (2020). PRECLINICAL STUDENTS’ PERCEPTION TOWARDS FACTORS OF ACHIEVING MEDICAL COMPETENCE. Jurnal Pendidikan Kedokteran Indonesia: The Indonesian Journal of Medical Education, 9(3), 193. https://doi.org/10.22146/jpki.45370
Uchkunovna Rakhmanova, D. (2023). THE ROLE OF NEUROGRAPHY IN ART THERAPY. SCIENCE AND INNOVATION INTERNATIONAL SCIENTIFIC JOURNAL, 2. https://doi.org/10.5281/zenodo.7700004
Van Lith, T. (2016). Art therapy in mental health: A systematic review of approaches and practices. Arts in Psychotherapy, 47, 9–22. https://doi.org/10.1016/j.aip.2015.09.003
Wahyudi, A. V., & Mulyana, A. (2022). Proceedings of The 6 th Annual Conference on Islamic Early Childhood Education TERAPI SENI SEBAGAI MEDIA UNTUK MENJAGA KESEHATAN MENTAL IBU DALAM MENDIDIK ANAK USIA DINI. http://conference.uin-suka.ac.id/index.php/aciece
Wahyuni, S., Thalib, S. B., Sinring, A., Pendidikan, P., & Bimbingan, D. (2024). Pengaruh Kegiatan Self Healing Terhadap Peningkatan Motivasi Belajar Peserta Didik. 5(2), 2686–2875. https://doi.org/10.31960/konseling.v5i2.2235
Wiguna, F., Budiman, & Nilapsari, R. (2022). Perbedaan Tingkat Stres Berdasarkan PSS pada Mahasiswa Tingkat 1 dengan Tingkat 3 Tahun Ajaran 2020-2021 Fakultas Kedokteran Unisba Selama Pembelajaran di Masa Pandemi COVID-19. Bandung Conference Series: Medical Science, 2(1). https://doi.org/10.29313/bcsms.v2i1.786