KAMPANYE PENCEGAHAN “PET ABUSE” MELALUI PERANCANGAN VIDEO STORYTELLING

Authors

  • Yustri Amelia Fakultas Arsitektur dan Desain Institut Teknologi Nasional
  • Rosa Karnita Fakultas Arsitektur dan Desain Institut Teknologi Nasional

Keywords:

Pets, Violence, Social Campaign, Video Storytelling, Instagram, Hewan Peliharaan, Kekerasan, Kampanye Sosial

Abstract

Animals that should be cared for, guarded, and loved, are instead used as lifeless tools or items just for the sake of entertainment, and are often abandoned. In this case, people acted like this because of a lack of education in responding to the rights of pets and did not know how to behave towards pets and animal abuse that occurred around them. By designing a pet abuse prevention campaign that attracts many parties with its dissemination, it is hoped that it can persuade people, especially early adults aged 19-25 years old within the scope of families who have pets, to be able to care more about pets so as to prevent animal abuse, especially on their own pets. Because the results of data collection using a qualitative approach show that there are still many pet owners aged 19-25 years who dare to commit pet abuse both directly and indirectly. Design thinking is used in designing short video storytelling campaigns (Reels) or posting poster feeds on Instagram social media, this campaign has a communication message to be able to make people realize, especially "Pet Owners" that animals also want to be loved and loved like fellow humans.
Keywords: Pets, Violence, Social Campaign, Video Storytelling, Instagram

Abstrak
Hewan yang seharusnya dirawat, dijaga, dan juga disayang, justru dijadikan sebagai alat atau barang yang seolah - olah tidak bernyawa hanya demi hiburan semata, dan tidak jarang ditelantarkan begitu saja. Dalam kasus ini, masyarakat bertindak seperti itu karena kurangnya edukasi dalam menanggapi hak - hak bagi hewan peliharaan dan tidak tahu harus bersikap seperti apa terhadap hewan peliharaan maupun kekerasan pada hewan yang terjadi disekitar mereka. Dengan merancang kampanye pencegahan pet abuse yang menarik banyak pihak dengan penyebar luasannya diharapkan dapat mempersuasi masyarakat terutama kepada dewasa awal usia 19-25 tahun dalam lingkup keluarga yang memiliki hewan peliharaan untuk dapat lebih peduli terhadap hewan peliharaan sehingga mencegah kekerasan pada hewan terutama pada hewan peliharaan mereka sendiri. Karena hasil dari pengumpulan data menggunakan pendekatan kualitatif menunjukan bahwa masih banyak pet owner berumur 19-25 tahun yang berani melakukan pet abuse baik secara langsung maupun tidak langsung. Desain thinking digunakan dalam pada perancangan kampanye video storytelling singkat (Reels) ataupun postingan poster feeds dalam media sosial Instagram, kampanye ini memiliki pesan komunikasi untuk dapat menyadarkan masnyarakat terutama “Pet Owner” bahwa hewan juga ingin disayang dan dicintai layaknya sesama manusia.
Kata Kunci: Hewan Peliharaan, Kekerasan, Kampanye Sosial, Video Storytelling, Instagram

References

adminonline. (2021). Animal Abuse dari Kacamata Filsafat Manusia. Jumpa Online.Com. https://www.jumpaonline.com/2021/10/15/18/08/21/4648/animal-abuse-dari-kacamata-filsafat-manusia/perspektif/adminonline/

Annur, C. M. (2021). No TitleIndonesia Paling Banyak Unggah Video Penyiksaan Hewan. Databoks.Katadata.Co.Id. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2021/09/24/indonesia-paling-banyak-unggah-video-penyiksaan-hewan

Beats, N. (2016). Cat Sound Effect | Cat Meowing (p. Youtube.com). https://youtu.be/O0_iusHz8qA?si=WfTy4v72ZyP0wr6x%0A

Bee, P. S. H. (2020). Backsound Cinematic Tegang bikin jantung berdebar sering dipakai youtuber | no copyright (p. Youtube.com). https://youtu.be/h0a-AgIqGY0?si=w-70x3kbkQq2zIV5%0A

Broz., S. M. (2018). SUPER MARIO - game over - sound effect (p. Youtube.com). https://youtu.be/BVQ_JHmvhCM?si=h8Vu-zLxkoPop0HA

Creation, K. (2024). Swoosh Sound Effect No Copyright | Best Swoosh Sound Effect Transition Pack | 2024 (p. youtube.com). https://youtu.be/sxpX1FpV6xM?si=pQNC5xGWtFF9w5nY%0A

CrunchycatLuna. (2023). Crunch Podcast (p. Youtube.com). https://youtube.com/shorts/HqtERMjMYPc?si=VKLr3qJTQUfbk6rx%0A

Database, S. E. (2020). Choir Sound Effect (p. Youtube.com). https://youtu.be/m9IQ6Y6_a4o?si=KqnOXLg2zX9lyl0O%0A

Diponegoro), D. N. (Universitas. (2010). Pengaruh kegiatan. 85.

Dog, T.-T. (2020). 5 Highly Reactive Dog Crying Sound - [ Sound Effect of Dogs Whining ] (p. Youtube.com). https://youtu.be/mTHBk8Lh2lU?si=QEpZZ4fyp9pdMory

Effecism. (2023). Sound Effects - Footsteps (p. Youtube.com). https://youtu.be/mPgGg4MJKKc?si=ZNVNCfG7ZZoy0pfX%0A

Effects, V. S. (2021). Sigh - Sound Effect (p. Youtube.com). https://youtu.be/8j2YsUHoKmc?si=KEnJsUAbr5CV7thd%0A

Elizabeth Meilyana, S. (2018). AISAS Model. Binus University Business School. https://bbs.binus.ac.id/gbm/2018/08/13/aisas-model/

Fajarina, F., & Bahriyah, E. N. (2021). Pembuatan Video Kampanye Informasi Kepada Masyarakat “Resah Karena Phk? Ayo Bisnis Aja!” Jurnal Pengabdian Masyarakat AbdiMas, 7(2). https://doi.org/10.47007/abd.v7i2.3959

Fatmawati, N. (2021). Berkomunikasi Secara Efektif, Ciri Pribadi yang Berintegritas Dan Penuh Semangat. Kementria Keuangan Republik Indonesia. https://www.djkn.kemenkeu.go.id/kpknl-semarang/baca-artikel/13988/Berkomunikasi-Secara-Efektif-Ciri-Pribadi-yang-Berintegritas-Dan-Penuh-Semangat.html#:~:text=Jadi berdasarkan paradigma Lasswell tersebut,media yang menimbulkan efek tertentu.&text=Komunika

Febrian Fachri, M. H. (2023). No TitleSelain Dicekoki Miras, Kucing Dijadikan Pelampiasan Amarah Pelaku Jika Ribut dengan Pacar. News.Republika.Co.Id. https://news.republika.co.id/berita/s0flqy430/selain-dicekoki-miras-kucing-dijadikan-pelampiasan-amarah-pelaku-jika-ribut-dengan-pacar

Funkycaveman. (2007). James Bond 007 Movie Theme Music (p. Youtube.com). https://youtu.be/Ii1tc493bZM?si=MNwelREmSCjPK6Rw

Gaming, S. (2021). Kumpulan Sound Effect Buat Pukul Tendang dan Tembak (p. Youtube.com). https://youtu.be/6zlnKEix8Qc?si=maZfszHbZs5sZXM8

Hongo, K. (2020). Hungry sound (p. Youtube.com). https://youtu.be/wcVOC7MJy1g?si=PO8ioRwIeyFTTAYA%0A

Jurrivh. (2023). Last Memory - Sad & Emotional Piano Song Instrumental (p. You Tube.com). https://youtu.be/JXb_K5u1Lvo?si=5_rcViM6Hbk87G6Q

King, T. (2021). Fight Scene - Sound Effect (p. Youtube.com). https://youtu.be/k5FqU0RkQuw?si=SO2U23tn7cTEqC3E%0A

Krisdiansyah, W. (2022). Kampanye Hidup New Normal. http://repository.unpas.ac.id/57084/

le_moutn9905. (2021). anime psycho laugh (p. Youtube.com). https://youtube.com/shorts/Ol9FfKAUag4?si=QK_KvOVTqF0atA6-%0A

Lewissoundeffectmusic4u. (2022). Funny cat yawning sound (p. Youtube.com). https://youtube.com/shorts/DRedISP8Wq8?si=qusHF_oRPufk2T_l%0A

Library, S. (2020). iPhone start/stop Video Recording (Apple Sound) - Sound Effect for editing (p. Youtube.com). https://youtu.be/61N6lueyxKM?si=o2XxvdDKA6DWTcor

Library, S. (2022). Suara kaca pecah (p. Youtube.com). https://youtu.be/e2gbsuZ8dJA?si=Wkpg-fHhhMk29uWe%0A

LockLounge. (2023). Lock Picking ASMR Relaxing Sounds (p. Youtube.com). https://youtube.com/shorts/WnJK2Z4__24?si=2SyaPGnRd821EAH_%0A

Meme, sound effect. (2021). sound effects free (suara jangkrik) (p. Youtube.com). https://youtu.be/F7piyL_7nkQ?si=OBuvI_4-idIu49V9

MiNoRr, El. (2020). Efek suara ting (p. Youtube.com). https://youtu.be/7ftVph36vVU?si=XCVETYNdyyyBafG9

MUSASHI PROJECT - Topic. (2003). The Rising Fighting Spirit (p. You Tube.com). https://youtu.be/an4Rx9eq6Lw?si=I7_bbaZQxUS_yXQh%0A

Music, E. (2020). Funny Cartoon Sound Effects | No Copyright (p. Youtube.com). https://youtu.be/VmgKryu4__k?si=IuOecXcCZqz5cgsv

Music, K. (2021). Backsound Komedi Lucu No Copyright | Koceak Music (p. You tube.com). https://youtu.be/DbGwl9bO7dE?si=eEuL1VZ9Hj0rIA3W%0A

Nandy. (n.d.). Design Thinking: Pengertian, Tahapan, dan Contoh Penerapannya. Gramedia.Com. https://www.gramedia.com/literasi/design-thinking/

Not_easycs. (2023). efek suara ketawa cewe (p. Youtube.com). https://youtu.be/OcdiTk7Xb0k?si=GfdKvXsUe3LOga_z

Official, D. S. (2019). Sound effect - Jatuh (p. Youtube.com). https://youtu.be/KVKtxp5_2EA?si=pPTj1vP_Z-7UlKNf

Pangemanan, J. I. H. (2023). Kampanye Adalah: Metode, Tujuan, dan Cara Melakukan. Media Indonesia.Com. https://mediaindonesia.com/politik-dan-hukum/578447/kampanye-adalah-metode-tujuan-dan-cara-melakukan

Pangestu, R. (2019). Penerapan Kampanye Sosial dalam Desain Komunikasi Visual. Besaung : Jurnal Seni Desain Dan Budaya, 4(2), 159–165. https://doi.org/10.36982/jsdb.v4i4.796

Paws, L. (2022). Cat Meow Sound Effects (p. youtube.com). https://youtu.be/GBiWYNP-uQI?si=dV6GZNvfQMMTJ945

Playlist, B. (2020). Suara Anjing - Dog Sound | Animasi (p. Youtube.com). https://youtu.be/FQv8XQ1II0w?si=ZuKQldI5_eGEMPhA%0A

RAHEL ROSELLIN. (2020). Motion Graphic Tentang Pet Abuse: Penelantaran Hewan Peliharaan Anjing Dan Kucing. Sarjana Thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA., 3, S2–S3. http://repository.unj.ac.id/10117/%0Ahttp://repository.unj.ac.id/10117/1/COVER.pdf

Safeto, T. (2020). Rooster sound effect ~ Efek suara ayam berkokok [No Copy Right] (p. Youtube.com). https://youtu.be/Clmd0Bdy2QQ?si=qCF-sYWXpBQLmR5p

SoundEffectsFactory. (2012). Police Siren Sound Effect (p. Youtube.com). https://youtu.be/HKieGUH9pzg?si=uwtRhmi-prEqeneZ

Strawbcat. (2024). Resauce Management Theme. You tube.com. https://youtu.be/x8Jkl_QtxRs?si=nUdPadvcG-Q_vK-B%0A

Studio, K. (2021). free rumble earthquake sound effect - efek suara gempa (p. Youtube.com). https://youtu.be/GQnFMdunXmM?si=nLbSDY7sTWGDjiBf

Tutorial, C. (2021). Sound effect suara kaget terkejut free download (p. Youtube.com). https://youtu.be/45C1ILFwrfc?si=KC2FpK-1qdYbL5ou

TV, A. (2020). Suara Kucing Marah (p. Youtube.com). https://youtu.be/r2EVe_-c2S8?si=CV9IZyy-a88Y0hWL

Downloads

Published

2024-07-31

Issue

Section

2024 Desain Komunikasi Visual