PERANCANGAN REBRANDING DARI APPAREL “AWARENES”

Authors

  • Randika Septian ` Akbar Fakultas Arsitektur dan Desain Institut Teknologi Nasional
  • Inko Sakti Dewanto Fakultas Arsitektur dan Desain Institut Teknologi Nasional

Keywords:

Rebranding, Apparel, Awarenes, Brand Identity, Streetwear

Abstract

In the competitive apparel industry, maintaining brand relevance and appeal is key to success. Therefore, rebranding is often necessary to refresh and strengthen the brand's position in the market. The purpose of this design is to create a rebranding of the "Awarenes" brand, which had previously been on hiatus in its apparel business for several years. Through this design, it is hoped that it can help improve brand identity with innovation, including new creative approaches, creating a unique and authentic identity, and maintaining consistency and relevance in accordance with the intended target.
The data search process was conducted through direct interviews with the business owners of the "Awarenes" brand, which was supported by questionnaires to people and literature studies. The results of the interviews showed that during its operation, the "Awarenes" brand paid less attention to the strength of its logo and the consistency of its brand identity, as well as less relevant to its intended target market. Therefore, this rebranding helps to improve the brand identity that was previously less relevant, and further strengthens the relationship with the Skateboarding and Hardcore music communities, by highlighting the visual style, design elements, color palette and appropriate typefaces. The resulting visual identity is then applied to social media platforms and products as part of campaign design.
Kata Kunci: Rebranding, Apparel, Awarenes, Brand Identity, Streetwear

Abstrak
Dalam industri apparel yang kompetitif, menjaga relevansi dan daya tarik merek menjadi kunci kesuksesan. Oleh karena itu, rebranding seringkali diperlukan untuk menyegarkan dan memperkuat posisi merek di pasar. Tujuan dari perancangan ini adalah untuk menciptakan sebuah rebranding dari brand "Awarenes", yang sebelumnya telah hiatus dalam bisnis apparelnya selama beberapa tahun. Melalui perancangan ini, diharapkan dapat membantu memperbaiki identitas merek dengan inovasi, termasuk pendekatan kreatif yang baru, menciptakan identitas yang unik dan otentik, serta menjaga konsistensi dan relevansi sesuai dengan target yang dituju.
Proses pencarian data dilakukan melalui metode wawancara langsung dengan pemilik bisnis brand "Awarenes", yang didukung oleh kuesioner kepada orang-orang serta studi literatur. Hasil wawancara menunjukkan bahwa selama beroperasi, merek "Awarenes" kurang memperhatikan kekuatan logo dan konsistensi identitas mereknya, serta kurang relevan dengan target pasar yang dituju. Oleh karena itu, rebranding ini membantu untuk memperbaiki identitas merek yang sebelumnya kurang relevan, dan lebih memperkuat hubungan dengan komunitas-komunitas Skateboard dan Musik keras (Hardcore), dengan menonjolkan gaya visual, elemen desain, palet warna, dan jenis huruf yang sesuai. Identitas visual yang dihasilkan kemudian diaplikasikan ke platform media sosial dan produk sebagai bagian dari perancangan kampanye.
Kata Kunci: Rebranding, Apparel, Awarenes, Brand Identity, Streetwear

References

Amna, M. K., & Kalaloi, A. F. (2023). Fesyen Musik Hardcore Sebagai Identitas Diri Penggemar dan Komunitas Musik Hardcore di Kota Bandung Hardcore Music Fashion as Self-Identity of Hardcore Music Leaders and Communities in the City of Bandung. In Agustus (Vol. 10, Issue 4).

Anggraito N, A. H. I. (2012). perancangan-buku-visual-skateboard-untuk-remaja-indonesia. JURNAL SAINS DAN SENI ITS.

Dulwahab UIN Sunan Gunung Djati Bandung, E. (2016). REBRANDING DAKWAH DI MEDIA TELEVISI. In Nuansa Ilmu Dakwah (Vol. 15, Issue 2). www.Indosiar.com.

Ghodeswar, B. M. (2008). Building brand identity in competitive markets: A conceptual model. Journal of Product & Brand Management, 17(1), 4–12. https://doi.org/10.1108/10610420810856468

Indriani, U., Syahputri, N., & Ardi, Z. (2022). PELATIHAN PEMBUATAN LOGO KEMASAN MAKANAN DENGAN CANVA DAN MICROSOFT WORD PADA SMK TRITECH INDONESIA. https://azramedia-indonesia.azramediaindonesia.com/index.php/abdimasberkarya/index

Kesuma Bhakti, F., Ahmad, I., & Adrian, Q. J. (2022). PERANCANGAN USER EXPERIENCE APLIKASI PESAN ANTAR DALAM KOTA MENGGUNAKAN METODE DESIGN THINKING (STUDI KASUS: KOTA BANDAR LAMPUNG). Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi (JTSI), 3(2), 45–54. http://jim.teknokrat.ac.id/index.php/JTSI

Nurhasna Ghaisani. (2021). PERANCANGAN DESAIN MOTIF DENGAN TEKNIK DIGITAL PRINT SUBLIME DAN PATCHWORK UNTUK STREETWEAR BLAZER DENGAN SUMBER IDE “DEPRESI.” 2(Vol. 2 No. 02 (2021): Terbitan September 2021). https://journal.itsnupasuruan.ac.id/index.php/dimensi/article/view/41

Roslina, R. (2010). Citra Merek: Dimensi, Proses Pengembangan Serta Pengukurannya. https://www.researchgate.net/publication/360080762

Tyaswara, B., Rizkina Taufik, R., Suhadi, M., Danyati, R., & Bahasa Asing BSI Jakarta, A. (2017). PEMAKNAAN TERHADAP FASHION STYLE REMAJA DI BANDUNG. In Jurnal Komunikasi (Vol. 3).

Yuliana, L., Sudirman, A., Tinggi, S., Ekonomi, I., Agung, S., Imron, M. A., & Wardhana, A. (2024). BRANDING STRATEGY DI ERA DIGITAL. https://www.researchgate.net/publication/379311944

Knitto.t (2023 September 13). Apa Itu Apparel? Pengertian, Sejarah dan Penjelasannya. Diambil kembali dari https://blog.knitto.co.id/apparel/

Downloads

Published

2024-07-31

Issue

Section

2024 Desain Komunikasi Visual