PERANCANGAN PERSONAL BRANDING KANG AWANG UNTUK CAWALKOT DARI PARTAI NASDEM DALAM PILKADA 2024
Keywords:
Pemilihan Kepala Daerah, Alat Peraga Kampanye, Generasi Z, IdentitasAbstract
PILKADA (Election of Regional Heads and Deputy Regional Heads) is a general election
to elect Regional Heads and Deputy Regional Heads directly in Indonesia by local regional
residents who fulfill the provisions of statutory regulations. Campaigns are a key political
aspect in Pilkada, where political parties and candidates use campaign demonstration tools
(APK) to convey their vision, mission and programs to voters. The elections in Indonesia
show the dominance of voters from the millennial and Z generations, who have the potential
to shape change and make positive contributions in decision making. Social media has an
important role in changing the behavior of Generation Z, influencing new cultures such as
the phenomenon of kepo, fomo syndrome, and the use of emoticon language. In this context,
strong, effective and easy to understand political campaign designs are key in building a
consistent political identity, attracting voter attention and winning political support.
Keywords: Regional Head Election, Campaign Props, Generation Z, Political Identity.
Abstrak
PILKADA (Pemilihan Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah) adalah pemilihan umum
untuk memilih Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah secara langsung di Indonesia oleh
penduduk daerah setempat yang memenuhi ketentuan peraturan perundang-undangan.
Kampanye politik menjadi aspek kunci dalam Pilkada, di mana Partai Politik dan caloncalon
memanfaatkan Alat Peraga Kampanye (APK) untuk menyampaikan visi, misi, dan
program mereka kepada pemilih. Pemilu di Indonesia menunjukkan dominasi pemilih dari
generasi milenial dan Z, yang memiliki potensi untuk membentuk perubahan dan
memberikan kontribusi positif dalam pengambilan keputusan. Media sosial memiliki peran
penting dalam mengubah perilaku Generasi Z, mempengaruhi budaya baru seperti
fenomena kepo, sindrom fomo, dan penggunaan bahasa emoticon. Dalam konteks ini,
desain kampanye politik yang kuat, efektif, dan mudah dimengerti menjadi kunci dalam
membangun identitas politik yang konsisten, menarik perhatian pemilih, dan memenangkan
dukungan politik.
Kata kunci: Pemilihan Kepala Daerah, Alat Peraga Kampanye, Generasi Z, Identitas.
References
Sarofah, R. (2023). Pengaruh Pendidikan Politik Gen Z Dan Millenial Terhadap Upaya
Mewujudkan Pemilu Serentak Tahun 2024 yang Berintegritas. Jurnal Ilmu Politik dan
Pemerintahan, 9(1).
Andriana, N. (2022). Pandangan Partai Politik Terhadap Media Sosial Sebagai Salah Satu
Alat Komunikasi Politik Untuk Mendekati Pemilih Muda (Gen Y Dan Z): Studi Kasus PDI-P
Dan PSI. Jurnal Penelitian Politik, 19(1), 51-66.
Wirawan, I. G. N., & Nuriarta, I. W. (2018). Elemen Desain Komunikasi Visual Dalam
Merchandise Iklan Politik Pasangan Dharmanegara Pada Pilkada Kota Denpasar 2014. Segara
Widya: Jurnal Penelitian Seni, 6(1).
Yunas, N. S., Said, M. F., & Aziz SR, A. (2023). Penguatan Literasi Digital Pada Generasi
Millenial Dalam Menyongsong Pemilihan Umum 2024. Surya Abdimas, 7(4).
Bambang Niko Pasla (23 April 2023). Political Branding: Pengertian dan Manfaatnya,
https://pasla.jambiprov.go.id/political-branding-pengertian-danmanfaatnya/#:~:
text=Melalui%20political%20branding%2C%20kandidat%20atau,untuk%20t
erpilih%20pada%20proses%20pemilihan.
Yolency (2024). Peran Penting Gen Z dan Milenial Menuju Tatanan Politik Baru pada Pemilu
, Penerbit oleh Tubankab, https://tubankab.go.id/entry/peran-penting-gen-z-dan-milenialmenuju-
tatanan-politik-baru-pada-pemilu-
#:~:text=Sedangkan%20pemilih%20dari%20generasi%20Z,persen%20dari%20total%20
keseluruhan%20pemilih.
Daffalrizi (2023). Desain Kampanye Politik di Indonesia: Membentuk Opini Publik Melalui
Kreativitas, https://medium.com/@daffalfarizi2212/desain-kampanye-politik-di-indonesiamembentuk-
opini-publik-melalui-kreativitas-b1e38e06461
Putricia, N. D., Febriyanti, A. I., Puteri, N. D., Syukriya, A. R., & Puspita, A. M. I. (2024).
Studi Literatur: Pengaruh Media Sosial terhadap Partisipasi Politik Gen Z (Zoomers). Retorika:
Jurnal Komunikasi, Sosial dan Ilmu Politik, 1(2).
Pakpahan, A. F., Nugraha, D. M., El Faizah, H., Maheswari, L. L., Rasyid, M. N., Azahra, S.
Z., & Rismawati, Y. (2024). Pengaruh FoMO (Fear of Missing Out) dalam Perspektif Gen Z
terhadap Pesta Demokrasi 2024. Pendekar: Jurnal Pendidikan Berkarakter, 2(1).
Perdana, K. (2019). EFEKTIVITAS ALAT PERAGA KAMPANYE CALON ANGGOTA
LEGISLATIF: STUDI PENDAHULUAN PEMASARAN POLITIK PADA GENERASI
MILENIAL DI PROVINSI LAMPUNG, INDONESIA. Jurnal Wacana Politik, 4(1).