PERANCANGAN ENVIROMENTAL GRAPHIC DESIGN UNTUK ANAK TUNA RUNGU DAN ANAK TUNA NETRA DI SEKOLAH LUAR BIASA NEGERI SUKAPURA, BANDUNG

Authors

  • Airlangga Ramadhan Bacijak Fakultas Arsitektur dan Desain Institut Teknologi Nasional
  • Aldrian Agusta Fakultas Arsitektur dan Desain Institut Teknologi Nasional

Keywords:

Signage, Deaf, Blind, Tuna Rungu, Tuna Netra

Abstract

Environmental Graphic Design in the form of Signage is a design development in the environment that makes information clearer and more organized, including in the disabled school environment. Designing EGD Signage in a school environment with disabilities is also a guide at the previous level where Signage is also able to become a medium of accessibility for people with disabilities, especially the deaf and blind who have sensory sensitivity in the form of vision for deaf children and sensory sensitivity in the form of tactile, kinesthetic which makes signage one alternative that can facilitate the absorption of information as well as learning for deaf and blind children at SLB Sukapura Bandung.
Keywords: Signage, Deaf, Blind

Abstrak
Enviromental Graphic Design berupa Signage merupakan perkembangan design pada lingkungan yang membuat informasi semakin jelas dan lebih tertata, termasuk didalamnya pada lingkungan sekolah disabilitas. Perancangan EGD Signage pada lingkungan sekolah disabilitas juga menjadi panduan pada Tingkat sebelumnya dimana Signage juga mampu menjadi media akseblitas pada penyandang diabilitas khususnya tuna rungu dan tuna netra yang memiliki kepekaan sensorik berupa penglihatan untuk anak tuna rungu dan kepekaan sensorik berupa taktil, kinestetik yang membuat signage menjadi salah satu alternatif yang bisa memudahkan penyerapan informasi sekaligus pembelajaran pada anak tuna rungu dan tuna netra di SLB Sukapura Bandung.
Kata Kunci: Signage, Tuna Rungu, Tuna Netra

 

References

Titchkosky, Tanya and Rod Michalko. Rethinking Normalcy: A Disability Studies Reader. Toronto: Canadian Scholar Press, 2009

Calori, C. & Vanden-Eynden, D.,Signage and Wayfinding DesignCanada: Wiley, 2015.

Liritantri W, Handoyo AD, Bazukarno KP, Arnita LK. Evaluasi Terhadap Penerapan Desain Aksesibilitas Untuk Disabilitas Fisik di Fakultas Industri Kreatif Universitas Telkom. ARSITEKTURA. 2021 Oct 30;19(2):263.

Ahsan Mandra MS, Kependudukan dan Lingkungan Hidup P. PERSEPSI MAHASISWA DKV FSD UNM TERHADAP DESAIN GRAFIS LINGKUNGAN DAN DESAIN INFORMASI BERTEMA LINGKUNGAN HIDUP. UNM Environmental Journals [Internet]. 2023;6. Available from: https://doi.org/10.26858/uej.v6i3

Vezzani V, Gonzaga S. Design for Social Sustainability. An educational approach for insular communities. Design Journal. 2017 Jul 28;20(sup1):S937–51.

Juniati I, Hoendarto G, Tendean S. PERANCANGAN PERANGKAT LUNAK PEMBELAJARAN BAHASA ISYARAT UNTUK BERKOMUNIKASI DENGAN TUNARUNGU.

Rahmah S, Dan B, Islam P. Penerimaan Diri Bagi Penyandang Disabilitas Netra. Vol. 18, Jurnal Ilmu Dakwah. 2019.

Christianna A, Desain J, Visual K, Seni F, Desain D. Aniendya, Desain Signage Sebagai Solusi Pencemaran Visual.

Burgstahler S. Universal Design of Instruction [Internet]. Available from: http://www.design.ncsu.edu/cud/univ_design/

Hanafi Mohd Yasin M, Mokhtar Tahar M, Bari S, Nazren Manaf F. The Sign Language Learning in Deaf Student and Special Education Teacher in Integration Program of Hearing Problem. Vol. 1, Journal of ICSAR ISSN. 2017.

Tim Brown. (2009). Change by Design: How Design Thinking Transforms Organizations and Inspires Innovation

Downloads

Published

2024-07-30

Issue

Section

2024 Desain Komunikasi Visual