PERANCANGAN BUKU INTERAKTIF CARA MEMELIHARA KELINCI SEBAGAI MEDIA EDUKASI UNTUK ANAK PRA SEKOLAH
Keywords:
kelinci, perawatan, buku interaksiAbstract
The design of this interactive book aims to provide a fun and informative learning experience for
preschool children about how to care for rabbits. This book will combine visual, audio, and
interactive elements to engage children in learning through play. The information presented in this
book includes basic rabbit care. The book's narration will be delivered through audio, allowing
children to listen while learning and interacting with the book. By using these various elements, it is
hoped that this interactive book can stimulate children's interest in learning about rabbits and help
them understand the concept of responsibility in caring for pets from a young age.
Keywords: rabbit; care; interactive book
Abstrak
Perancangan buku interaktif ini bertujuan untuk memberikan pengalaman belajar yang
menyenangkan dan informatif kepada anak pra sekolah mengenai cara memelihara kelinci. Buku ini
akan memadukan elemen visual, audio dan elemen interaktif untuk mengajak anak anak bermain
sambil belajar. Informasi yang disajikan dalam buku ini yaitu tentang cara perawatan disarm kelinci.
Narasi buku nantinya akan di ceritakan melalui audio yang memungkinkan anak anak dapat
mendengarkan sambil belajar dan memainkan interaksi yang ada pada buku. Dengan menggunakan
berbagai elemen tadi, diharapkan buku interaksi ini dapat merangsang minat anak-anak dalam
belajar tentang kelinci serta membantu mereka memahami konsep tanggung jawab dalam merawat
hewan peliharaan sejak usia dini.
Kata Kunci: kelinci; perawatan; buku interaksi.
References
Adrian, K. (2022). Kenali 4 Jenis Makanan Kelinci yang Bergizi. Alodokter.
https://www.alodokter.com/kenali-4-jenis-makanan-kelinci-yang-bergizi#:~:text=Makananpokok alami kelinci adalah,gigi yang rentan dialami kelinci.
Aguilera, G. R. (2020). Designing an Interactive Technological Book for Children with Mental
Disabilities. 2020, 299–304. https://doi.org/10.18502/kss.v4i11.7561
Agung, M., & Efriwan, A. (2017). PENGEMBANGAN SISTEM PEMBELAJARAN INTERAKTIF
BERBASIS WEB ( MATERI PENJADWALAN PROSES DI SMK ).
Aritonang, N. B., Saripurna, D., & Syahputra, R. (2023). Sistem Pakar Mendiagnosa Penyakit
Pasteurellosis Pada Kelinci Menggunakan Metode Certainty Factor. 2(September), 803–810.
Arsyad A. (2011). Media Pembelajaran. 23–35.
Bahar, S., Bakrie, B., Sente, U., Andayani, D., & Lolutung, B. . (2014). PERTANIAN PERKOTAAN.
(021).
Bathing Rabbits. (2022). Rabbit Welfare Association & Fundd.
https://rabbitwelfare.co.uk/bathing-rabbits/
Cedrik, B., Kalmansur, P., Susanti, E., Yonatia, J., Seni, F., & Maranatha, U. K. (2023). Buku Cerita
Interaktif Sebagai Medium Keterampilan Motorik Halus Anak. 09(September), 1719–1734.
Kertawinata, J. (2022). Intip 9 Cara Merawat Kelinci Agar Selalu Sehat. Klikdokter.
https://www.klikdokter.com/info-sehat/kesehatan-hewan/cara-merawat-kelinci
Khaironi, M. (2017). Jurnal Golden Age Universitas Hamzanwadi ( Pendidikan Karakter Pra
Sekolah). Golden Age Universitas Hamzanwadi, 01(2), 82–89.
Lupton, D. (2017). Feeling Data : Touch and Data Sense Deborah Lupton News & Media Research
Centre University of Canberra. 1–19.
Mawartiningsih, L. (2016). Model pembelajaran VAK (Visualization, Auditory, Kinestethic) untuk
meningkatkan prestasi belajar mata kuliah telaah kurikulum mahasiswa pendidikan Biologi
Seminar Nasional XIII Pendidikan Biologi FKIP UNS, XIII(1), 441–444.
https://jurnal.uns.ac.id/prosbi/article/view/5770/5134
Mohamed, F. B., & Surat, S. Bin. (2023). Pengetahuan dan Amalan Pengajaran VAK Guru dalam
Prasekolah ( VAK Teaching Knowledge and Practice of Preschool Teachers ). 8(5).
Ni Made Shinta, Siti Suratini Zain, E. Y. P. (2021). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN
VISUALIZATION , AUDITORY , KINESTHETIC ( VAK ) TERHADAP KEMAMPUAN
PEMECAHANMASALAH MATEMATIKA. 1–11.
Nor Asiah, A. (2018). Perbandingan Hasil Belajar Menggunakan Model Pembelajaran VAK
(Visualization, Auditory, Kinestetic) Berbantu Software Wingeom Dan Alat Peraga Pada Materi
Bangun Ruang Sisi Lengkung Siswa Kelas IX MTs Raudhatusysyubban Sungai Lulut Kabupaten
Banjar Tahun P.
Salsabila, J., & Nurmaniah, N. (2021). Studi Tentang Sikap Tanggung Jawab Anak Usia 5-6 Tahun di
TK Fajar Cemerlang Sei Mencirim. Jurnal Golden Age, 5(01), 111–118.
Swastika, N. A., Azizah, S., & Kusumastuti, E. (2017). Model Pemberdayaan Kelompok Ternak
Kelinci melalui Program Pelatihan Pertanian dan Perdesaan Swadaya ( studi kasus Kelompok
Ternak Kelinci “ Mandiri Jaya ” di Desa Ngijo , Kecamatan Karangploso , Kabupaten Malang
) Empowerment Model of Rabbit Farmer Group. 27(3), 1–6.
https://doi.org/10.21776/ub.jiip.2017.027.03.01
Triyanto, S., & Fadlil, A. (2014). Sistem Pakar Untuk Mendiagnosa Penyakit Pada Kelinci Berbasis
Web. Jurnal Sarjana Teknik Informatika, 2(1), 23–23.
Tungary, O., Bangsawan, A., & Nilasari, K. (2023). AKTIVITAS DOMESTIK SEBAGAI MEDIA
EDUKASI UNTUK ANAK USIA 4-6 TAHUN. 25–38.
Untung. (2012). Mengenal Penyakit Pencernaan Kelinci.
https://jogjabenih.jogjaprov.go.id/read/e88d7f8818c3ce58e66ab13e080066f07cd3e4d2cad4a957
f6b89a4756bc3ca1761
Wardhani, R. P. (2015). Perancangan buku interaktif mengenai miopi untuk anak the design of
interactive book about myopia for children.