MENINGKATKAN MINAT GEN Z TERHADAP COFFEE SHOP OBROL MELALUI BRAND STORY

Authors

  • Evza Dwi Putra
  • Wiwi Isnaini

Keywords:

Brand Awareness, Loyal Customer, New Audience, Brand Story

Abstract

Obrol Kopi is a coffee shop located in the Haji Nawi area, South Jakarta, which is in the comfort zone. Under such circumstances, the brand will not develop. Because Obrol Kopi has several loyal customers, namely workers or employees who often come to work from the cafe, so they feel safe even though it has several weaknesses which, if not addressed, will make Obrol Kopi negligent and prevent the brand from developing. This problem focuses on the weakness of Obrol Kopi, namely being satisfied with the current situation, therefore to strengthen Obrol Kopi's awareness of new consumers so that Obrol Kopi can continue to compete in the market. By utilizing the positive image built by loyal customer experiences as a solution to attract new customers and expand the target audience. One way is to use Brand Story to increase audience engagement, make the brand more memorable, increase brand awareness, differentiate the brand from competitors, increase sales and revenue margins, evoke strong customer emotions, highlight values, increase customer loyalty, build community around the brand, and humanize the brand

 

Abstrak


Obrol Kopi adalah coffee shop yang sedang berada di zona nyaman. Dengan keadaan seperti itu maka akan membuat brand tersebut tidak berkembang. Karena obrol kopi memiliki beberapa pelanggan setia yaitu pekerja atau karyawan yang sering datang untuk work from cafe, sehingga mereka merasa aman padahal memiliki beberapa kelemahan yang jika tidak diatasi akan membuat Obrol Kopi lalai dan membuat brand tersebut tidak berkembang.Masalah ini berfokus pada kelemahan obrol kopi yaitu merasa puas dengan situasi sekarang, maka dari itu untuk memperkuat awareness konsumen baru terhadap Obrol Kopi, obrol kopi perlu memikirkan trategi baru agar dapat terus bersaing di pasaran. Dengan cara memanfaatkan citra positif yang dibangun oleh pengalaman pelanggan setia sebagai solusi untuk menarik pelanggan baru dan memperluas target audiens.

Salah satu caranya dengan menggunakan Brand Story agar dapat meningkatkan keterlibatan audiens, membuat merek lebih mudah diingat, meningkatkan kesadaran merek, membedakan merek dari pesaing, meningkatkan penjualan dan margin pendapatan, membangkitkan emosi pelanggan yang kuat, menyoroti nilai-nilai, meningkatkan loyalitas pelanggan, membangun komunitas di sekitar merek, dan memanusiakan merek.

References

Aryani E, Zanaria Y, Kurniawan A. ANALISIS PERKEMBANGAN COFFEE SHOP SEBAGAI SALAH SATU PERANAN UMKM DI KOTA METRO (Study Kasus Pada Coffee Shop Janji Jiwa Dan Coffee Et Bien). Vol. 3, Jurnal Akuntansi AKTIVA. 2019.

Damayanti AE, Wirjatmadi B, Sumarmi S. Benefits of Coffee Consumption in Improving the Ability to Remember (Memory): A Narrative Review. Media Gizi Kesmas. 2023 Jun 28;12(1):463–8.

Mu’minatus Fitriati Firdaus, Puteri Hana, Hendro Prabowo, Meity Arianty. GAMBARAN RESILIENSI PENGUSAHA COFFEE SHOP PADA MASA PANDEMI COVID 19. 2023;

Siva L, Putri M, Komalasari S. GENERATION Z’S CONSUMPTIVE MOTIVES IN THE ERA OF ONLINE SHOPPING AND UNMET PSYCHOLOGICAL NEEDS. 2023; Available from: https://orcid.org/0000-0001-8740-1664

Soedewi S, Mustikawan A, Swasty W. Penerapan Metode Design Thinking Pada Perancangan Website UMKM Kirihuci. 2022.

Chusnan Widodo A, Gustri Wahyuni E. Penerapan Metode Pendekatan Design Thinking dalam Rancangan Ide Bisnis Kalografi. 2019.

Ray I, Ariffudin Islam M. PERANCANGAN BRAND IDENTITY DAN MEDIA SOSIAL TRIVERSA SEBAGAI SARANA UNTUK MENINGKATKAN BRAND AWARENESS. Jurnal Barik [Internet]. 2022;3(3):221–35. Available from: https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/JDKV/

Sugi Priharto. Brand Storytelling: Pengertian, Manfaat, Jenis dan Contohnya [Internet]. 2023 [cited 2024 Apr 23]. Available from: https://kledo.com/blog/brand-storytelling/

Gary Kurtz. Three-Act Structure - TV Tropes [Internet]. [cited 2024 Apr 28]. Available from: https://tvtropes.org/pmwiki/pmwiki.php/Main/ThreeActStructure

Trias Ismi. Memahami Brand Identity dan Manfaatnya untuk Bisnis - Glints Blog [Internet]. 2021 [cited 2024 May 15]. Available from: https://glints.com/id/lowongan/brand-identity-adalah/

Binus. Strategi Brand Storytelling yang Sukses Menarik Perhatian - BINUS Online [Internet]. [cited 2024 May 16]. Available from: https://online.binus.ac.id/2021/05/25/strategi-brand-storytelling-yang-sukses-menarik-perhatian/

Studi Desain Komunikasi Visual P. Muhammad Rizky Pradana Sudjana, Agus Rahmat Mulyana, Wiwi Isnaini Memperkuat Brand Image Kozi Coffee dengan Metode Rebranding MUHAMMAD RIZKY PRADANA SUDJANA 1 , AGUS RAHMAT MULYANA 2 , WIWI ISNAINI 3. 2023.

Downloads

Published

2024-08-07

Issue

Section

2024 Desain Komunikasi Visual