EDUKASI TIDAK BUANG SAMPAH SEMBARANGAN DISEKITAR AKTIVITAS SEHARI HARI UNTUK ANAK USIA 7-8 TAHUN DI SEKOLAH DASAR KOTA BANDUNG MELALUI PERANCANGAN BUKU CERITA

Authors

  • Irfan Tauhid Harpiawan
  • Sri Retnoningsih

Keywords:

Education, Waste, Story, Children, Awareness

Abstract

Waste from daily human activities has become a serious threat to the environment and health. The habit of littering pollutes the environment, damages ecosystems, and endangers humans, as seen in the Citarum river basin which dumps 15,838 tons of waste every day. Education about the importance of cleanliness and the adverse effects of waste must start early to address this problem. This research emphasizes the importance of waste education through engaging media, such as children's storybooks, which have been proven effective in instilling moral values and environmental awareness. The method used itself is a mixed method in the form of questionnaires, interviews. Based on the results of the pilot test with an elementary school student, it was shown that storybooks are able to convey moral messages and increase children's awareness about the importance of disposing of waste in its place. Proposed long-term solutions include the use of attractive physical book media as well as the involvement of parents and schools in hygiene education.

 

Abstrak


Sampah dari aktivitas sehari-hari manusia telah menjadi ancaman serius bagi lingkungan dan kesehatan. Kebiasaan membuang sampah sembarangan mencemari lingkungan, merusak ekosistem, dan membahayakan manusia, seperti terlihat pada daerah aliran sungai Citarum yang membuang 15.838 ton sampah setiap hari. Edukasi tentang pentingnya kebersihan dan dampak buruk sampah harus dimulai sejak dini untuk mengatasi masalah ini. Penelitian ini menekankan pentingnya edukasi sampah melalui media yang menarik, seperti buku cerita anak, yang terbukti efektif dalam menanamkan nilai-nilai moral dan kesadaran lingkungan. Metode yang digunakan sendiri adalah metode campuran berupa kuesioner, wawancara. Berdasarkan hasil dari uji coba test dengan seorang siswa dan siswi SD menunjukkan bahwa buku cerita mampu menyampaikan pesan moral dan meningkatkan kesadaran anak tentang pentingnya membuang sampah pada tempatnya. Solusi jangka panjang yang diusulkan mencakup penggunaan media buku fisik yang menarik serta keterlibatan orang tua dan sekolah dalam pendidikan kebersihan.

References

Dharma, I. M. A. (2019). Pengembangan Buku Cerita Anak Bergambar Dengan Insersi Budaya Lokal Bali Terhadap Minat Baca Dan Sikap Siswa Kelas V Sd Kurikulum 2013. Journal for Lesson and Learning Studies, 2(1), 53-63.

Febriyanti, S., & Putra, B. O. D. (2023). Perancangan Buku Cerita Interaktif Mengenal Dan Mengelola Sampah Untuk Anak Golden Age. Desainpedia Journal of Urban Design, Lifestyle & Behaviour, 2(2), 57-69.

Djasfar, O. T., & Faisal, D. (2022). Lift The Flap Book Dampak Sampah Plastik Bagi Ekosistem Untuk Anak-Anak Usia Dini 8-10 Tahun. DEKAVE: Jurnal Desain Komunikasi Visual, 12(1), 106-116.

Ihsani, I., & Santoso, M. B. (2020). Edukasi Sanitasi Lingkungan Dengan Menerapkan Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat (Phbs) Pada Kelompok Usia Prasekolah Di Taman Asuh Anak Muslim Ar-Ridho Tasikmalaya. Prosiding Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(3), 289.

Sari, C. K., & Anggoro, S. (2020). Edukasi Dampak Pengelolaan Sampah sebagai Upaya Peningkatan Pemahaman Siswa tentang Gerakan Masyarakat Hidup Sehat. Jurnal Peduli Masyarakat, 2(2), 41-48.

Mulyana, E. H., Hodidjah, H., & Ramadhan, L. S. Pengembangan Rumah Sampah Berbasis Sekolah (RSBS) untuk Pembiasaan Karakter Peduli Lingkungan Anak Usia Dini di RA Al-Ikhlas Kecamatan Pagerageung Kabupaten Tasikmalaya. JURNAL PAUD AGAPEDIA, 1(1), 13-19.

Rozie, F., & Marcela, R. A. (2020). Penerapan Metode Bercerita Dalam Optimalisasi Kemampuan Bahasa Reseptif Anak Usia 5-6 Tahun di TK Negeri 02 Tenggarong. JURNAL LENTERA ANAK, 1(01).

(2023, June 26). Pengertian Cerita Anak: Unsur, Jenis, Contoh dan Manfaatnya. Best Seller Gramedia. Retrieved March 11, 2024, from https://www.gramedia.com/best-seller/pengertian-cerita-anak/

Nutriclub. (2023, December 21). 18 Cara Melatih Fokus Anak yang Efektif Diterapkan di Rumah. PT. Nutricia Indonesia Sejahtera. Retrieved March 13, 2024, from https://www.nutriclub.co.id/artikel/pola-asuh-anak/3-tahun-atas/cara-melatih-fokus-anak

Khalid, H. (2024, March 12). BuruknyaKebiasaan Buang Sampah Masyarakat Indonesia. Indonesia Environment & Energy Center. https://environment-indonesia.com/buruknya-kebiasaan-buang-sampah-masyarakat-indonesia/

Juli, 2024

Program Studi Desain Komunikasi Visual – Fakultas Arsitektur dan Desain – ITENAS. 13

Pandu, P. (2021, July 23). Ajari Anak Kelola Sampahsejak Dini. kompas.id. https://www.kompas.id/baca/ilmu-pengetahuan-teknologi/2021/07/23/ajari-anak-kelola-sampah-sejak-dini

Menyiapkan Anak Untuk Pendidikan Dasar Melalui Pendekatan Psikolog. (2024, May 30). Hermina Hospitals. https://herminahospitals.com/id/articles/menyiapkan-anak-untuk-pendidikan-dasar-melalui-pendekatan-psikolog.html

Tim. (2019, December 23). MENGASAH SIKAP PEDULI LINGKUNGAN PADA ANAK SEJAK DINI. BGP KALTIM. https://bgpkaltim.kemdikbud.go.id/mengasah-sikap-peduli-lingkungan-pada-anak-sejak-dini/

Kurikulum, P., & Perbukuan, P. K. (2018). Panduan perjenjangan buku nonteks pelajaran bagi pelaku perbukuan.

Downloads

Published

2024-08-07

Issue

Section

2024 Desain Komunikasi Visual