PERANCANGAN BOARD GAME AKSARA DAN FILOSOFI JAWA ANGKA BAGI REMAJA SEBAGAI UPAYA PELESTARIAN BUDAYA

Authors

  • Nadia Deswira Hasna Program Studi Desain Komunikasi Visual , Institut Teknologi Nasional Bandung.
  • Sri Retnoningsih Program Studi Desain Komunikasi Visual , Institut Teknologi Nasional Bandung.

Keywords:

Javanese Numerals, the Philosophy of Javanese Numerals, Board Games, Learning Media, Aksara Jawa Angka, Filosofi Jawa Angka, Board Game, Media Belajar

Abstract

The impact of globalisation has resulted in the emergence of a novel cultural phenomenon that is particularly appealing to the teenage demographic. The objective of this design is to facilitate the introduction of Javanese numeric script and philosophy through competitive games, thereby enabling teenagers to engage with cultural learning in an enjoyable and engaging manner. The objective of this board game is to facilitate the preservation of culture among the younger generation. The Javanese Numeric Script and Philosophy Board Game is a competitive game that introduces Javanese culture as a means of fostering identity and preservation among contemporary youth. The target audience for this project is junior high school students in the cities of Batang and Pekalongan in the province of Central Java. The Javanese script represents a cultural heritage that was in use during the 15th to 20th centuries (1401 to 2000 AD). At that time, Javanese numerals were employed solely for the purposes of recording dates, times and amounts, as well as for the disbursement of employee salaries. Nevertheless, the decline of the Javanese script was precipitated by the influx of foreign cultural influences into Indonesia. The research methodology employed a design thinking approach, utilising the five phases of empathise, define, ideate, prototype and test. The board game, which takes the name 'Bejo' (meaning 'happy'), offers an alternative means of learning Javanese numerals and philosophy. Teenagers can gain an understanding of the script and philosophy of Javanese numbers through this board game. They can then memorise numbers in the form of Javanese script and apply it in the field of school education.
Keywords:
Javanese Numerals, the Philosophy of Javanese Numerals, Board Games and Learning Media.

Abstrak
Pengaruh budaya global yang menyebabkan adanya budaya baru sehingga lebih menarik bagi remaja. Tujuan perancangan ini untuk memperkenalkan aksara dan filosofi Jawa angka melalui permainan kompetitif dengan itu, remaja dapat belajar budaya secara bahagia sembari bermain. Perancangan board game ini sebagai upaya pelestarian budaya bagi remaja. Board game aksara dan filosofi Jawa angka merupakan permainan kompetitif yang memperkenalkan budaya Jawa sebagai identitas serta pelestarian bagi remaja dimasa kini. Dengan target audiens remaja sekolah menengah pertama didaerah kota Batang dan Pekalongan Jawa Tengah. Aksara Jawa merupakan warisan budaya yang sudah digunakan pada abad 15-20 (1401-2000 masehi). Pada saat itu, aksara Jawa angka hanya digunakan sebagai penulisan tanggal, waktu dan jumlah serta pemeberian gaji karyawan. Namun, aksara Jawa mulai ditinggalkan karena masuknya budaya asing ke Indonesia. Pada penelitian menggunakan desain thinking, dengan menerapkan emphatize, define, ideate, prototype dan testing. Media board game memiliki nama “bejo” yang miliki arti bahagia. Media board game ini sebagai alternatif pembelajaran aksara dan filosofi Jawa angka. Remaja dapat memahami aksara dan filosofi Jawa angka melalui permainan board game ini. Mereka mulai menghafal angka – angka dalam bentuk aksara Jawa serta mulai menerapkannya dalam bidang pendidikan sekolah.
Kata Kunci:
Aksara Jawa Angka, Filosofi Jawa Angka, Board Game dan Media Belajar.

References

Aminuddin, A., Dewanto, I. S., & Ramdhan, A. (n.d.). Perancangan+Visual+Kartu+Remi+Untuk+Memperkenalkan+Tokoh+Pahlawan+Revolusi+K emerdekaan+1945-1946.pdf.

Desi, A. (2018). No 主観的健康感を中心とした在宅高齢者における健康関連指標に関する共分散構造分析Title. 3(1), 103–114.

Fakhruddin, D., Sachari, A., & Haswanto, N. (2019). Pengembangan Desain Informasi dan Pembelajaran Aksara Jawa melalui Media Website. ANDHARUPA: Jurnal Desain Komunikasi Visual & Multimedia, 5(01), 1–23. https://doi.org/10.33633/andharupa.v5i01.1990

Fatima, W. Q., Khairunisa, L., & Prihatminingtyas, B. (2020). METODE PEMBELAJARAN BERBASIS GAME UNTUK. 3(1), 17–22.

Febrianti, R., & Insani, N. H. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Aksara Jawa Dhek Bung (Bedhek Tembung) Berbasis Website Di Smp Muhammadiyah Iii Ngadirejo. PRASI Jurnal Bahasa, Seni, Dan Pengajarannya, 18(02), 2023.

https://10.0.93.79/18i01.60488%7Chttps://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/PRASI Pengabdian, J., Masyarakat, K., & Mandalika, C. (2023). JURNAL PENGABDIAN KEPADA

MASYARAKAT CAHAYA MANDALIKA, e-ISSN: 2722-824X, Vol. 4, No.2 Desember 2023

Avalaible online at: http://ojs.cahayamandalika.com/index.php/abdimandalika/issue/archive. 4(2), 116–120.

Prihandoko, G. K., Nova, T., & Yunianta, H. (2018). Pengembangan Boar d Game “ Labyrinth i n the Forest ” Untuk Siswa Sekolah Menengah Pertama Materi Bilangan. 05(01), 578–590.

Setyawan, F. (2023). Pembelajaran Elektronik (E-Learning) Aksara Jawa Berbasis Android pada Siswa SMAN 2 Wonogiri. Interdisciplinary and Multidisciplinary Studies …, 1(1), 41–47. https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/imscs/article/view/13070%0Ahttps://jurnal.fkip.uns.ac.id/ index.php/imscs/article/viewFile/13070/9110

Arcbali. 2020. “Begini Arti Angka 1 sampai 10 Versi Filosofi Kebudayaan Jawa”. Begini Arti Angka 1 Sampai 10 Versi Filosofi Kebudayaan Jawa - ARC BALI - Numerologi (diakses tanggal 19 Februari 2024, pukul 11.56).

Ensiklopedia dunia. 2023 “Aksara Jawa”. Aksara Jawa (stekom.ac.id) (diakses tanggal 18 Februari 2024, pukul 10.30).

Downloads

Published

2024-07-30

Issue

Section

2024 Desain Komunikasi Visual