PERANCANGAN VIDEO ANIMASI MENGENAI WUDHU BAGI ANAK SD

Authors

  • Amir Mukhlish Dzul Hazmi Program Studi Desain Komunikasi Visual , Institut Teknologi Nasional Bandung.
  • Sri Retnoningsih Program Studi Desain Komunikasi Visual , Institut Teknologi Nasional Bandung.

Keywords:

Animated Video, Ablution, Learning Media, Effective

Abstract

This research proposes the use of animated videos as an inclusive learning method in teaching ablution to primary school children. Children often make mistakes when performing ablutions, such as not washing completely or not following the correct sequence. These mistakes can have an impact on their understanding and practice of worship in the future. Conventional learning media,
in the form of text and static images, are less attractive to children and ineffective in conveying knowledge of ablution procedures. The method used in this research is qualitative, through interviews with children, parents, and teachers. Since ablution needs to show movement, an animated video designed specifically for children is an interesting and easy-to-understand solution.
This approach increases children's motivation and interest to learn ablution correctly. The animated video of ablution has a positive impact on learning, but this research still needs to be improved to be more effective in its delivery to the audience. Thus, the result of this knowledge about ablution will be embedded from an early age and become a strong motivation for their
worship until adulthood.
Keywords: Animated Video, Ablution, Learning Media, Effective

Abstrak
Penelitian ini mengusulkan penggunaan video animasi sebagai metode pembelajaran inklusif dalam mengajarkan wudhu kepada anak-anak SD. Anak-anak sering melakukan kesalahan saat berwudhu, seperti tidak membasuh secara lengkap atau tidak mengikuti urutan yang benar. Kesalahan ini dapat berdampak pada pemahaman dan praktik ibadah mereka di masa depan. Media pembelajaran konvensional, berupa teks dan gambar statis, kurang menarik perhatian anak-anak dan tidak efektif dalam menyampaikan pengetahuan tata cara wudhu. Metode yang digunakan penelitian ini adalah kualitatif, melalui wawancara kepada anak-anak, orangtua anak, dan juga guru. Karena wudhu perlu menampilkan gerakan, dalam video animasi yang dirancang khusus untuk anak-anak menjadi solusi yang menarik dan mudah dipahami. Pendekatan ini meningkatkan motivasi dan minat anak-anak untuk mempelajari wudhu dengan benar. Video animasi wudhu memberikan dampak positif dalam pembelajaran, namun penelitian ini masih perlu diperbaiki agar lebih efektif dalam penyampaiannya kepada audiens. Sehingga, hasil dari pengetahuan tentang wudhu ini akan tertanam sejak dini dan menjadi motivasi yang kuat untuk ibadah mereka sampai dewasa nanti.
Kata Kunci: Video Animasi, Wudhu, Media Pembelajaran, Efektif

References

Aji, A. (2023, 5 Januari). Urutan dan tata cara berwudhu yang benar sesuai sunnah dalam Islam. https://tirto.id/urutan-dan-tata-cara berwudhu-yang-benar-sesuai-sunnah-dalam-islamgtNr

Eka. (2023). Teori kognitif dalam pembelajaran: mengoptimalkan potensi belajar anak. https://guruinovatif.id/artikel/teori-kognitif-dalam-pembelajaran-mengoptimalkan-potensibelajar- anak

Widiastuti, E., & Prasetyo, A. (2020). Pengaruh media pembelajaran video animasi terhadap perkembangan kognitif anak usia dini. Early Childhood Education Development Journal, 9(1), 1–10. https://jurnal.uns.ac.id/ecedj/article/view/50182

Sabyan, N. (2023, 3 Januari). Tata cara berwudu pada anak usia dini. https://www.youtube.com/watch?v=xobNFBWNeBc

Eka. (2023). Teori kognitif dalam pembelajaran: mengoptimalkan potensi belajar anak.

Anjarsari, Mega Dewi and Mukarromah, Hanifatul (2018) .Mengembangkan Pembelajaran tatacara wudhu Dengan Menggunakan Media Audio Visual Bagi Anak Sd. http://eprints.umsida.ac.id/1268/

Kurniawan, A. (2022). Urutan tata cara wudhu yang benar untuk diajarkan kepada anak. https://kumparan.com/berita-terkini/urutan-tata-cara-wudhu-untuk-diajarkan-kepada-anakanak- 1xLzDoPJgz7

Pratama, R. (2023, 1 Januari). Penjelasan 12 prinsip animasi beserta contohnya. https://tirto.id/penjelasan-12-prinsip-animasi-beserta-contohnya-gPeS

Ahmad Hidhir Adib (2022, 9 Juli). Tata Cara Wudhu Sesuai Mazhab Syafi’i. https://bincangsyariah.com/hukum-islam/tata-cara-wudhu-sesuai-mazhab-syafii/

Downloads

Published

2023-07-30

Issue

Section

2024 Desain Komunikasi Visual