PERANCANGAN KAMPANYE UNTUK MENGENALKAN KAIN SONGKET KHAS PALEMBANG KEPADA GEN-Z

Authors

  • Adeisa Sayidinia Tsaabitah Putri
  • Aris Kurniawan

Keywords:

Kampanye, Songket, Generasi Z

Abstract

Songket woven fabric is a fabric woven using silk threads combined with gold or silver threads connected by the process of prying the threads and becoming a distinctive motif or pattern. Palembang songket not only has a meaning of beauty, of course there is philosophical content and meaning in every motif and strand of songket cloth. The many varieties of Palembang songket do not make the younger generation interested enough to learn traditional motifs and songket fabrics. This research uses a descriptive qualitative research method with a historical approach. In order to preserve and strengthen national identity, designing a campaign about songket cloth can be an effort to protect and preserve songket culture. The main media used is a pocket book size booklet, which is B6 size (12.5 cm x 17.6 cm). In addition, other supporting media can be social media, posters, pins, and stickers. In order to preserve and strengthen the nation's identity, designing a campaign about songket cloth can be an effort to protect and preserve songket culture. With the hope of motivating young people to get to know songket more closely in terms of history, motifs, differences in songket, and its use.
Keywords: Campaign, Songket, Generation Z

Abstrak
Kain tenun songket adalah kain yang ditenun menggunakan benang sutera yang dipadu-padankan dengan benang emas maupun perak yang dihubungkan dengan proses menyungkit benang dan menjadi satu motif atau pola yang khas. Songket Palembang tidak hanya memiliki makna keindahan, tentu saja ada kandungan filosofis dan makna di setiap motif dan helai kain songketnya. Banyaknya ragam songket Palembang tidak membuat generasi muda cukup tertarik untuk mempelajari motif tradisional maupun kain songket. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan historis. Dalam rangka melestarikan dan memperkuat identitas bangsa, perancangan kampanye mengenai kain songket dapat upaya untuk melindungi maupun melestarikan budaya songket. Media utama yang digunakan merupakan booklet ukuran buku saku yaitu ukuran B6 (12.5 cm x 17.6 cm). Selain itu, media pendukung lainnya dapat berupa sosial media, poster, pin, dan stiker. Dalam rangka melestarikan dan memperkuat identitas bangsa, perancangan kampanye mengenai kain songket dapat upaya untuk melindungi maupun melestarikan budaya songket. Dengan harapan dapat memotivasi anak muda untuk lebih mengenal songket lebih dekat dari sisi sejarah, motif, perbedaan macam songket, hingga penggunaannya.
Kata Kunci: Kampanye, Songket, Generasi Z

 

References

Asthararianty, & Lesmana, F. (2018). Studi Hermeneutik, Desain Layout Buku Biografi Merry Riana.

NIRMANA, 18 (1), 13–19.

BAB II. (n.d.).

BAB II TINJAUAN PUSTAKA. (n.d.).

BAB III LANDASAN TEORI. (n.d.).

Bertram, C. (2023). The ‘Think, Feel, Do’ tool – what it is, and why we like it!

https://www.linkedin.com/pulse/think-feel-do-tool-what-why-we-like-blue-feathers

Ensiklopedia Digital Interaktif Songket Palembang. (n.d.).

Firamadhina, F. I. R., & Krisnani, H. (2021). PERILAKU GENERASI Z TERHADAP

PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL TIKTOK: TikTok Sebagai Media Edukasi dan Aktivisme. Share : Social Work Journal, 10(2), 199. https://doi.org/10.24198/share.v10i2.31443

Fitriana, F., Nurbaiti, N., Rahmah, S., & Studi Pendidikan Kesejahteraan Keluarga, P. (n.d.). DAYA

TARIK KONSUMEN TERHADAP TENUN SONGKET ACEH JASMANI DI ACEH BESAR.

Kadek Ayuningsih, N., Ketut Suparmiati, N., Ketut, N., Dewi, P., & Widnyana, W. (n.d.). PERAN

GENERASI Z DALAM MELESTARIKAN BUDAYA NUSANTARA UNTUK MENUJU INDONESIA EMAS.

Khansa, A. (n.d.). Media: Pengertian, Fungsi, dan Jenis-Jenis. Retrieved February 18, 2024, from

https://www.gramedia.com/literasi/pengertian-lan/

Nabil, M., Alfarizy, Z., & Kadarisman, A. (2021). PERANCANGAN GRAPHIC ZINE

EKSPERIMENTAL MENGENAI WARNA ORANG JAWA DALAM DESAIN GRAFIS INDONESIA. Syntax Literate; e-Proceeding of Art & Design , 7(1), 18–37.

Pengetahuan, J. I., & Seni, K. (n.d.). JURNAL EKSPRESI SENI.

Program Studi Desain Komunikasi Visual – Fakultas Arsitektur dan Desain – ITENAS. 16

Sos, S., Si, M., & Penerbit : (n.d.). SRI WAHYUNINGSIH DESAIN KOMUNIKASI VISUAL.

Sri, N., Rukmana, R., Yarmaidi, ), & Suwarni, N. (n.d.). KAIN SONGKET DALAM UPAYA

PELESTARIAN BUDAYA DAERAH PALEMBANG DI MUARA PENIMBUNG ULU.

Staff UNY. (n.d.). KAMPANYE : APA DAN UNTUK APA? Retrieved May 25, 2024, from

https://staffnew.uny.ac.id/upload/198606242015042003/pendidikan/KAMPANYE_APA%20DAN%20UNTUK%20APA.pdf

Sumartono, & Astuti, H. (2018). PENGGUNAAN POSTER SEBAGAI MEDIA KOMUNIKASI

KESEHATAN. Penggunaan Poster Sebagai Media Komunikasi Kesehatan Komunikologi, 15(1). Wijayanti, Fitri. (2019). Transformasi Bentuk Estetik Kain Songket Palembang dalam Memenuhi Permintaan Pasar. (Syarat untuk memperoleh gelar magister, Universitas Negeri Semarang, 2019).

Zulraniyah, W., & Wahyuni, O. D. (2022). Perancangan Kampanye Sosial Pengelolaan Kebiasaan

Media Sosial yang Sehat pada Remaja Usia 15-18 Tahun. Reka Makna : Jurnal Komunikasi Visual, 2, 1–15.

Downloads

Published

2024-07-30

Issue

Section

2024 Desain Komunikasi Visual