PERANCANGAN WEB-APPS INKLUSIF PENGENALAN KONSEP POLUSI BAGI ANAK SEKOLAH DASAR
Keywords:
Web-apps, Inclusive Design, Slow learner, Polution, Desain Inklusif, PolusiAbstract
This research aims to design an inclusive web-app that introduces the concept of pollution to elementary school students who experience learning difficulties, such as slow learners. The main aim of this design is to increase students' understanding of the material through digital interactive learning strategies. Active participation from elementary school students, parents, and inclusive education experts was involved in the design process of this website. Data was obtained through descriptive studies, interviews, documentation and literature reviews from various sources such as journals and research reports. An inclusive website designed to take into account the learning needs and abilities of elementary school students. Interactive learning media such as animated videos and educational games are included on this website, with simple language and attractive visuals. This digital interactive learning strategy focuses on students' attention, where they are expected to be able to understand the material through digital interactive learning. The aim of this strategy is to increase students' enthusiasm and enthusiasm for learning and improve their reading comprehension. It is hoped that implementing this strategy can help teachers deal with students' learning difficulties, so that the learning process becomes more effective and efficient. Thus, it is hoped that these inclusive web-apps can be a useful tool in introducing the concept of pollution to elementary school students with learning difficulties.
Keywords: Web-apps, Inclusive Design, Slow learner, Polution.
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk merancang sebuah web-apps inklusif yang memperkenalkan konsep polusi kepada siswa sekolah dasar yang mengalami kesulitan belajar, seperti slow learner, Tujuan utama desain ini adalah untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi melalui strategi pembelajaran interaktif digital. Partisipasi aktif dari siswa sekolah dasar, orangtua, dan ahli pendidikan inklusif dilibatkan dalam proses perancangan website ini. Data diperoleh melalui studi deskriptif, wawancara, dokumentasi, dan tinjauan pustaka dari berbagai sumber seperti jurnal dan laporan penelitian. Website inklusif yang dirancang mempertimbangkan kebutuhan belajar dan kemampuan siswa sekolah dasar. Media pembelajaran interaktif seperti video animasi dan permainan edukasi disertakan dalam website ini, dengan bahasa yang sederhana dan visual yang menarik. Strategi pembelajaran interaktif digital ini berfokus pada perhatian siswa, dimana mereka diharapkan dapat memahami materi melalui pembelajaran digital interaktif, Tujuan dari strategi ini adalah meningkatkan antusias dan semangat belajar siswa serta meningkatkan pemahaman bacaan mereka. Penerapan strategi ini diharapkan dapat membantu guru dalam menangani hambatan belajar siswa, sehingga proses pembelajaran menjadi lebih efektif dan efisien. Dengan demikian, web-apps inklusif ini diharapkan dapat menjadi sarana yang bermanfaat dalam mengenalkan konsep polusi kepada siswa sekolah dasar dengan kesulitan belajar.
Kata Kunci: Web-apps, Desain Inklusif, Slow learner, Polusi.
References
Arifah, C., Rakhmat, C., & Mulyadi, S. (2022). Naturalistic: Jurnal Kajian Penelitian dan Pendidikan dan Pembelajaran. 7(1), 1694–1698. https://doi.org/10.35568/naturalistic.v7i1.3375
Denico, A., Dar, I., & Rokan, A. (n.d.). Media Pembelajaran Ramah Lingkungan Sekolah Dasar Negeri Inklusi Di Pekanbaru Di Era Revolusi Industri 4.0 (Vol. 17, Issue 1). http://ojs.diniyah.ac.id/index.php/Al-Mutharahah
Rofiah, N. H., & Rofiana, I. (2017). PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN PESERTA DIDIK SLOW LEARNER. NATURALISTIC : Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(1), 94–107. https://doi.org/10.35568/naturalistic.v2i1.108
Supena, A., & Munajah, R. (2020). Analisis Kesulitan Belajar Membaca Anak Berkebutuhan Khusus di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(1), 10–18. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.558
Syauqi Malik, M., Sri Nugraheni, A., & Sunan Kalijaga Yogyakarta, U. (2020). STRATEGI INTERACTIVE DIGITAL LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN BACAAN PADA ANAK SLOW LEARNER (Vol. 12, Issue 2).
Yunaini, N. (n.d.). MODEL PEMBELAJARAN ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DALAM SETTING PENDIDIKAN INKLUSI. In Journal of Elementary School Education (Vol. 1).
Sukarso, E. (2007). Pedoman Umum Penyelenggaraan Pendidikan Inklusif. Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Luar Biasa.