KAMPANYE PENGENALAN DAN MANFAAT BUAH LERAK

Authors

  • Ilham Taufik Akbar Program Studi Desain Komunikasi Visual , Institut Teknologi Nasional Bandung.
  • Agus Rahmat Mulyana Program Studi Desain Komunikasi Visual , Institut Teknologi Nasional Bandung.

Keywords:

Campaign, Lerak fruit, Eco Friendly, Sustainable, Traditional

Abstract

Lerak fruit (Sapindus rarak) is known as a natural ingredient that can be used as an eco-friendly cleaning alternative. In addition, it is known to have various benefits, especially for health and hygiene. This campaign aims to introduce and educate the public on the benefits of lerak fruit as a solution in raising awareness of the importance of using natural products, reducing the use of hazardous chemical-based cleaning products, and encouraging people to switch to natural products that are safer for environmental sustainability. This study used mixed methods involving quantitative and qualitative approaches. The results showed that lack of education, limited accessibility, and negative perceptions about the effectiveness of lerak fruit are the main factors hindering its use. A comprehensive education campaign involving social and print media is still ineffective. One of the supporting ways to introduce buah lerak is collaboration, active participation in workshops, and hands-on demonstrations with communities to increase public awareness and knowledge about buah lerak. The findings support the importance of continuous campaigns and lerak-based product development to encourage wider adoption in the community. The lerak introduction and benefits campaign was quite successful in increasing community knowledge and awareness of the fruit's potential as a natural cleaning agent and health product. Effective educational strategies through social and print media can serve as a model for other natural product campaigns to encourage a healthier and more environmentally friendly lifestyle.
Keywords: Campaign, Lerak fruit, Eco Friendly, Sustainable, Traditional

Abstrak
Buah lerak (Sapindus rarak) dikenal sebagai bahan alami yang dapat digunakan sebagai alternatif pembersih ramah lingkungan. Selain itu, dikenal memiliki beragam manfaat, terutama untuk kesehatan dan kebersihan. Kampanye ini bertujuan untuk memperkenalkan dan mengedukasi manfaat buah lerak kepada masyarakat sebagai solusi dalam meningkatkan kesadaran akan pentingnya penggunaan produk alami, mengurangi penggunaan produk pembersih berbahan kimia berbahaya, dan mendorong masyarakat beralih ke produk-produk alami yang lebih aman bagi keberlanjutan lingkungan. Penelitian ini menggunakan metode campuran (mixed methods) yang melibatkan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Hasil Penilitian menunjukkan bahwa kurangnya edukasi, aksesibilitas terbatas, dan persepsi negatif tentang efektivitas buah lerak merupakan faktor utama yang menghambat penggunaannya. Kampanye edukasi yang komprehensif dengan melibatkan media social dan cetak masih kurang efektif. Salah satu cara pendukung untuk memperkenalkan buah lerak ini yaitu kolaborasi, Partisipasi aktif dalam workshop, dan demonstrasi langsung dengan komunitas dalam meningkatkan kesadaran dan pengetahuan masyarakat tentang buah lerak. Temuan ini mendukung pentingnya kampanye berkelanjutan dan pengembangan produk berbasis lerak untuk mendorong adopsi yang lebih luas di masyarakat. Kampanye pengenalan dan manfaat buah lerak cukup berhasil meningkatkan pengetahuan dan kesadaran masyarakat mengenai potensi buah ini sebagai agen pembersih alami dan produk kesehatan. Strategi edukasi yang efektif melalui media social dan cetak dapat menjadi model bagi kampanye produk alami lainnya untuk mendorong gaya hidup yang lebih sehat dan ramah lingkungan.
Kata Kunci: Kampanye, Buah lerak, Ramah Lingkungan, Berkelanjutan, Tradisional

References

bpptik kominfo. (2022). Logo Dan Identitas Visual. Retrieved from https://bpptik.kominfo.go.id/ website: https://bpptik.kominfo.go.id/Publikasi/detail/logo-dan-identitas-visual

Data, Kata. (2019). Kampanye Adalah Proses Komunikasi, Ini Ciri-ciri dan Jenisnya Artikel ini telah tayang di Katadata.co.id dengan judul “Kampanye Adalah Proses Komunikasi, Ini Ciri-ciri dan Jenisnya” , https://katadata.co.id/berita/nasional/625538cd327a4/kampanye-adalah-pr. Retrieved from https://katadata.co.id/berita/nasional/625538cd327a4/kampanye-adalah-proses-komunikasi-ini-ciri-ciri-dan-jenisnya

Fatmawati, Ira. (2014). Efektivitas Buah Lerak (Sapindus Rarak De Candole) sebagai Bahan Pembersih Logam Perak, Perunggu, dan Besi. Jurnal Konservasi Cagar Budaya, 8(2), 24–31. https://doi.org/10.33374/jurnalkonservasicagarbudaya.v8i2.129

Gramedia blog. (2021). Pengertian Limbah Domestik & Contoh Limbah Domestik. Retrieved from Gramedia.com website: https://www.gramedia.com/literasi/limbah-domestik/

Indonesia, Media. (2023). Kampanye Adalah: Metode, Tujuan, dan Cara Melakukan. Retrieved from https://mediaindonesia.com/politik-dan-hukum/578447/kampanye-adalah-metode-tujuan-dan-cara-melakukan

Keraf, A. Sonny. (n.d.). Etika Lingkungan Hidup. Retrieved from https://books.google.co.id/books?id=gW6qG0DQ2_cC&printsec=frontcover&hl=id#v=onepage&q&f=false

Sartini, & Adf. (2020). Menggali Kearifan Lokal Nusantara. Jurnal Filsafat, 37(2), 111–120. Retrieved from https://jurnal.ugm.ac.id/wisdom/article/view/33910/20262

Siap Sadar Lingkungan. (2020). Apa itu Eco-Friendly? Retrieved from https://siapdarling.id/ website: https://siapdarling.id/cerita-darling/apa-itu-eco-friendly#:~:text=Eco-friendly adalah perilaku atau,dan keputusan yang kita buat.

Silviani, Yusianti, & Puspitaningrum, Andriyani. (2021). Aktivitas Antibakteri Rebusan Lerak ( Sapindus Rarak ) Terhadap Pertumbuhan Escherichia Coli Phatogen. Analisis Kesehatan, 1(1), 1–9.

Wijayanti, Fitria, Sari, Mayang, Suprayitno, Roni, & Aminin, Dian. (2020). The Gel Soap with Raw Materials of Lerak Fruit (Sapindus rarak DC). Stannum : Jurnal Sains Dan Terapan Kimia, 2(1), 1–6. https://doi.org/10.33019/jstk.v2i1.1618

Zero Waste Indonesia. (2023). Lerak sebagai alternatif deterjen dan sabun. Retrieved from https://zerowaste.id/ website: https://zerowaste.id/zero-waste-lifestyle/lerak-sebagai-alternatif-deterjen-dan-sabun/

Downloads

Published

2024-07-30

Issue

Section

2024 Desain Komunikasi Visual