PERANCANGAN PAPAN PERMAINAN UNTUK MENINGKATKAN KESADARAN AKAN KEBERAGAMAN DAN INKLUSIF PADA ANAK SEKOLAH DASAR

Authors

  • Dhiya Rizqia Amirah Program Studi Desain Komunikasi Visual , Institut Teknologi Nasional Bandung.
  • Eka Noviana Program Studi Desain Komunikasi Visual , Institut Teknologi Nasional Bandung.

Keywords:

Diversity, Inclusion, Board Game, Elementary School, Keberagaman, Inklusif, Papan Permainan, Sekolah Dasar

Abstract

Awareness of diversity and inclusiveness is one of the most important aspects of creating harmony. It must be instilled from an early age to be able to form a tolerant character. Primary school education is one of the stages of introducing diversity and inclusiveness to children. Therefore, the purpose of this design is to increase awareness and knowledge of diversity and inclusiveness in elementary school children. This design process is carried out through qualitative and quantitative methods that are described descriptively with a design thinking approach and Laswell's communication model. At the end of the process, an educational and interactive board game was produced which was tested by four elementary school children so as to maximize the results of the design after receiving feedback from users.
Keywords: Diversity, Inclusion, Board Game, Elementary School.

Abstrak
Kesadaran akan keberagaman dan inklusif merupakan salah satu aspek yang sangat penting untuk menciptakan keharmonisan. Hal tersebut harus ditanamkan sejak dini untuk dapat membentuk karakter yang toleran. Pendidikan sekolah dasar menjadi salah satu tahap pengenalan keberagaman dan inklusif pada anak. Maka dari itu, tujuan dari perancangan ini yaitu untuk meningkatkan kesadaran dan pengetahuan akan keberagaman dan inklusif pada anak sekolah dasar. Proses perancangan ini dilaksanakan melalui metode kualitatif dan kuantitatif yang dijelaskan secara deskriptif dengan pendekatan design thinking dan model komunikasi Laswell. Pada akhir proses dihasilkan berupa sebuah papan permainan yang bersifat edukatif dan interaktif yang telah diuji coba oleh empat orang anak sekolah dasar sehingga dapat memaksimalkan hasil perancangan setelah mendapat umpan balik dari pengguna.
.Kata Kunci: Keberagaman, Inklusif, Papan Permainan, Sekolah Dasar.

References

Badan Pusat Statistik Provinsi Jawa Barat. Jumla Penduduk Menurut Kabupaten/Kota (Jiwa), 2018-2020 [Internet]. p. 1. Available from: https://jabar.bps.go.id/indicator/12/133/1/jumlah-penduduk-menurut-kabupaten-kota.html

Marbun S. Membangun Dunia Yang Berani: Menegakkan Keberagaman Dan Kemajemukan Di Indonesia. J ILMU Sos dan ILMU Polit. 2023;3(1):20–34.

Admin S. Indahnya Keberagaman dan Pentingnya Toleransi di Indonesia [Internet]. 2021. p. ditsmp.kemdikbud.go.id. Available from: https://ditsmp.kemdikbud.go.id/indahnya-keberagaman-dan-pentingnya-toleransi-di-indonesia/

Jauhari MN. Menggunakan Instrumen Indeks for Inclusion. J Buana Pendidik. 2017;12(23):20–9.

Tin Suharmini, Purwandari, Aini Mahabbati dan HP. PENGEMBANGAN PENGUKURAN KETERAMPILAN SOSIAL SISWA SEKOLAH DASAR INKLUSIF BERBASIS DIVERSITY AWARENESS. :11–21.

Shofa JN. Viral Siswa Jadi SD Korban Bully Akibat Berbeda Keyakinan, DPR : Segera Telusuri! [Internet]. 2023. p. 1. Available from: https://www.beritasatu.com/nasional/1055724/viral-siswa-jadi-sd-korban-bully-akibat-berbeda-keyakinan-dpr-segera-telusuri

Latifah AN, Dewi DA, Furnamasari YF. Pentingnya Menumbuhkan Sikap Toleransi pada Anak Usia Sekolah di Indonesia: Negeri Multikultural. Edumaspul J Pendidik. 2022;6(1):969–73.

Wahab W, Luthfan MA. Peran Pendidikan Karakter dalam Membentuk Sikap Toleransi dan Keberagaman di Pondok Tahfidz Milenial Ashqaf &Maryam College. J Pendidik Tambusai [Internet]. 2023;7:16091–6. Available from: https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/8920%0Ahttps://jptam.org/index.php/jptam/article/download/8920/7284

Veronica N. Permainan Edukatif Dan Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini. Pedagog J Anak Usia Dini dan Pendidik Anak Usia Dini. 2018;4(2):49.

Pratiwi PY, Budisetyani IGAPW. Emosi dan Penggunaan Warna Dominan Pada Kegiatan Mewarnai Anak Usia Dini. J Psikol Udayana. 2013;1(1):160–70.

Downloads

Published

2024-07-30

Issue

Section

2024 Desain Komunikasi Visual