PERANCANGAN PERMAINAN KARTU PENGENALAN EMOSI PADA ANAK USIA DINI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERKOMUNIKASI
Keywords:
Emotional Awareness, Early Childhood, Child Development, Communication Skills, Interactive Media, Card Games, Pengenalan Emosi, Anak Usia Dini, Perkembangan Anak, Kemampuan Berkomunikasi, Media Interaktif, Permainan KartuAbstract
Children at an early age often have difficulty recognizing and expressing their emotions, which can lead to tantrum behavior and communication difficulties. The aim of this study is to design new interactive learning media to help young children recognize emotions, thereby enhancing their communication skills and fostering harmonious relationships with their surroundings. The data collection methods used in this study are observation and interviews. The collected data is then analyzed using the SWOT analysis method. Content analysis is also conducted in this study to analyze existing learning media. All data is then processed, and the design is carried out using the design thinking method. The result is an effective new learning media for young children in the form of interactive card games. By using varied game concepts and involving parents, as well as designing according to the characteristics of children aged 2-4 years, the study results show that the designed card game has been quite successful in helping children learn about emotions and also improve their communication skills. With this game, children can more easily develop strong emotional and social skills, preparing them for the future.
Keywords: Emotional Awareness; Early Childhood; Child Development; Communication Skills; Interactive Media; Card Games
Abstrak
Anak-anak pada usia dini masih sering mengalami kesulitan dalam mengenali dan mengungkapkan emosi mereka, yang dapat mengarah pada perilaku tantrum dan kesulitan dalam berkomunikasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk merancang media pembelajaran interaktif baru untuk membantu anak usia dini mengenal emosi, agar mereka bisa lebih meningkatkan kemampuan berkomunikasi dan dapat menjalin hubungan yang harmonis dengan lingkungan di sekitar mereka. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi dan wawancara. Data yang dikumpulkan kemudian dianalisis menggunakan metode analisis SWOT. Analisis konten juga dilakukan pada penelitian ini untuk menganalisis media-media pembelajaran yang sudah ada. Semua data kemudian diolah dan dilakukanlah perancangan menggunakan metode design thinking. menghasilkan media pembelajaran baru yang efektif untuk anak usia dini berupa permainan kartu interaktif. Dengan menggunakan konsep permainan yang variatif dan melibatkan orang tua, serta dengan dirancangnya desain yang disesuaikan dengan karakteristik anak usia 2-4 tahun, hasil penelitian menunjukkan bahwa permainan kartu yang dirancang sudah cukup berhasil membantu anak untuk belajar mengenai emosi dan juga meningkatkan kemampuan berkomunikasi. Dengan adanya permainan ini, anak-anak dapat lebih mudah mengembangkan keterampilan emosional dan sosial yang kuat, sehingga mereka dapat mempersiapkan diri untuk menghadapi masa depan.
Kata Kunci: Pengenalan Emosi; Anak Usia Dini; Perkembangan Anak; Kemampuan Berkomunikasi; Media Interaktif; Permainan Kartu
References
Ahi B. (2017). The World of Plants in Children’s Drawings Color Preferences and The Effect of Age and Gender on These Preferences. Journal of Baltic Science Education, 16(1).
Anzani, R. W., & Insan, I. K. (2020). PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSI PADA ANAK USIA PRASEKOLAH. Jurnal Pendidikan Dan Dakwah, 2, 180–193. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/pandawa Berk, L. E. (2022). Exploring Lifespan Development. United States: SAGE Publications [4nd ed.; E-book version].
Dewi, A. R. T., Mayasarokh, M., & Gustiana, E. (2020). PERILAKU SOSIAL EMOSIONAL ANAK USIA DINI. 04(1), 181–190.
Gilang, L., Sihombing, R. M., & Sari, N. (2017). KESESUAIAN KONTEKS DAN ILUSTRASI PADA BUKU BERGAMBAR UNTUK MENDIDIK KARAKTER ANAK USIA DINI. Jurnal Pendidikan Karakter, 7(2).
Gunawan, M. T. R., & Hoerudin, C. W. (2022). Kesadaran Emosi Anak Usia Dini. IZZAN: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1), 1–11.
Horin, Y., Afrilianti, A., & Bella, R. (2019). ANALISIS PSIKOLOGI PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK USIA DINI.
Khotimah, S. H., Sunaryati, T., & Suhartini, S. (2020). Penerapan Media Gambar Sebagai Upaya dalam Peningkatan Konsentrasi Belajar Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 676. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.683
Lor R. (2017). Design Thinking in Education: A Critical Review of Literature. https://www.researchgate.net/publication/324684320
Negrão, J. G., Osorio, A. A. C., Siciliano, R. F., Lederman, V. R. G., Kozasa, E. H., D’Antino, M. E. F., Tamborim, A., Santos, V., de Leucas, D. L. B., Camargo, P. S., Mograbi, D. C., Mecca, T. P., & Schwartzman, J. S. (2021). The Child Emotion Facial Expression Set: A Database for Emotion Recognition in Children. Frontiers in Psychology, 12. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2021.666245
Ruba, A. L., & Pollak, S. D. (2020). The Development of Emotion Reasoning in Infancy and Early Childhood. Annu. Rev. Dev. Psycol., 2, 503–531. https://doi.org/10.1146/annurev-devpsych-060320
Sasmita, W., & Edlina, R. (2024). Strategi Komunikasi Pemasaran Dinas Pariwisata Kabupaten Dharmasraya Dalam Mempromosikan Festival Pamalayu. JKOMDIS : Jurnal Ilmu Komunikasi Dan Media Sosial, 4(1), 140–147. https://doi.org/10.47233/jkomdis.v4i1.1489
Yunisa, Novianti R, & Febrialismanto. (2020). Hubungan Antara Kecerdasan Emosi dengan Komunikasi Guru di Taman Kanak-Kanak. Aulad: Journal of Early Childhood, 3(2), 61–68. https://doi.org/10.31004/aulad.v3i1.57