PERANCANGAN BUKU SEBAGAI MEDIA EDUKASI SEJARAH MATA UANG INDONESIA BAGI REMAJA USIA 15-18 TAHUN

Authors

  • Brahmaksara Benny Hember Program Studi Desain Komunikasi Visual , Institut Teknologi Nasional Bandung.
  • Eka Noviana Program Studi Desain Komunikasi Visual , Institut Teknologi Nasional Bandung.

Keywords:

Book, History, Currency, Buku, Sejarah, Mata Uang

Abstract

Money is proof of a country's independence, printing and owning your own money is an action to strengthen the nation and national identity. The history of money itself is the journey of a nation. Therefore, it is important to introduce currency to develop character and understanding of history in teenagers. The aim of this design is to increase the spirit of patriotism and nationalism through a history book on the Indonesian currency. This design process uses a design thinking approach, where the empathize stage is carried out through interviews and distributing questionnaires to teenagers aged 15-18. The results of the questionnaire showed that respondents were interested in increasing their insight into the history of Indonesian currency through interactive and visually attractive books as an educational medium. From this, a visual approach was produced with a mixtape theme, a replica of Indonesian currency and designing your own currency as an idea to attract teenagers' interest in reading history books. At the end of the process, an interactive history book was produced, which has been tested on target teenagers and the results are generally that the content can be accepted and understood well by teenagers.
Keywords: Book, History, Currency.

Abstrak
Uang adalah bukti kemerdekaan suatu negara, mencetak dan memiliki uang sendiri merupakan tindakan untuk memperkuat bangsa dan jati diri bangsa. Sejarah uang itu sendiri merupakan perjalanan suatu bangsa. Maka dari itu, penting pengenalan mata uang untuk menumbuhkan karakter dan paham terhadap sejarah pada remaja. Tujuan dari perancangan ini yaitu untuk meningkatkan jiwa patriotisme dan nasionalisme melalui buku sejarah mata uang Indonesia. Proses perancangan ini menggunakan pendekatan design thinking, di mana tahapan emphatize dilakukan melalui wawncara dan penyebaran kuesioner kepada remaja umur 15-18. Hasil kuesioner menunjukan responden memiliki ketertarikan untuk menambah wawasan sejarah mata uang Indonesia melalui buku yang interaktif dan menarik secara visual sebagai media edukasinya. Dari hal tersebut, dihasilkan pendekatan visual dengan tema mixtape, replika mata uang Indonesia dan mendesain mata uang sendiri sebagai salah satu ide untuk menarik minat remaja dalam membaca buku sejarah. Pada akhir proses dihasilkan buku sejarah yang interaktif, yang mana telah diujicobakan pada remaja sasaran dan hasilnya secara umum isinya bisa diterima dan dipahami baik oleh remaja.
Kata Kunci: Buku, Sejarah, Mata Uang.

References

Banindro BS, Rochman MF. Perancangan Web Media Interaktif Pembelajaran Sejarah “ Oeang Republik Indonesia ” ( ORI ) 1945-1949 Bagi Generasi Muda The Design of Web Interactive Media Learning For The Younger Generation. Iptekkom [Internet]. 2017;19(2):13–26. Available from: https://jurnal.kominfo.go.id/index.php/iptekkom/article/download/107-120/pdf/4087

Rachman, AM. (2017). Perancangan Buku Infografis Sejarah Mata Uang Kertas Indonesia Periode 1945-1965. Institut Teknologi Nasional Bandung. Desain Komunikasi Visual FAD.

Nurhajarini D. Sejarah Oeang Republik Indonesia. Jantra. 2006;1(1):32–9.

Susantri R. PENANAMAN SEJARAH ISLAM PADA ANAK USIA DINI MELALUI METODE BERCERITA (Studi Kasus di TK Al-Amin Lawe Sawah Kecamatan Kluet Timur …. J Tarbiyatul Aulad [Internet]. 2019;51–76. Available from: https://ojs.serambimekkah.ac.id/AULAD/article/view/4572%0Ahttps://ojs.serambimekk ah.ac.id/AULAD/article/download/4572/3349

Octaviani AW. Pemanfaatan Augmented Reality sebagai Media Pengenalan Mata Uang Indonesia Kepada Turis Asing Berbasis Smartphone. JIIP - J Ilm Ilmu Pendidik. 2023;6(3):2138–45.

Dengan D, Model M. Indonesian Currency Encyclopedia for Early Age Education. 2022;4(2):379–88.

Hendra, FA. (2013). Pengenalan Sejarah Mata Uang Indonesia Pada Periode 1945 Sampai 1965 Melalui Buku Informasi. Institut Teknologi Nasional Bandung. Desain Komunikasi Visual FAD.

Downloads

Published

2024-08-12

Issue

Section

2024 Desain Komunikasi Visual