PERANCANGAN BUKU INTERAKTIF SEBAGAI MEDIA EDUKASI UPAYA PENGENALAN JAJANAN PASAR NUSANTARA UNTUK ANAK USIA DINI

Authors

  • Alvia `Khairunisa Program Studi Desain Komunikasi Visual , Institut Teknologi Nasional Bandung.
  • Agustina Kusuma Dewi Program Studi Desain Komunikasi Visual , Institut Teknologi Nasional Bandung.
  • Asep Ramdhan Program Studi Desain Komunikasi Visual , Institut Teknologi Nasional Bandung.

Keywords:

Market Snacks, Early Childhood, Interactive Books, Heritage, Archipelago, Jajanan Pasar, Anak Usia Dini, Buku Interaktif, Warisan, Nusantara

Abstract

Nusantara market snacks are a part of culture that is becoming less known, especially for children. One of the contributing factors is the preferences and desires of children who prefer modern snacks over traditional snacks. Getting to know Nusantara market snacks is not just about getting to know snacks but also getting to know the archipelago itself and its culture which is reflected in its snacks. To provide children with additional knowledge about Nusantara market snacks, knowledge media that is interesting to children is needed. Therefore, the aim of this research is to design an interactive book as an educational medium for introducing Nusantara market snacks for early childhood, especially ages 4 to 6 years. The content that will be presented in the book that will be designed will contain knowledge about various kinds of traditional market snacks in the archipelago through interesting narratives using visual elements such as illustrations, pictures, colors, and others which are used to create informative narratives, educate and attract children.
Keywords: Market Snacks, Early Childhood, Interactive Books, Heritage, Archipelago

Abstrak
Jajanan pasar Nusantara merupakan salah satu bagian dari kebudayaan yang mulai kurang dikenal, terutama bagi anak-anak. Salah satu faktor penyebabnya adalah karena preferensi dan keinginan anak-anak yang lebih memilih jajanan modern daripada jajanan tradisional. Mengenal jajanan pasar Nusantara tidak hanya sekedar mengenal kudapan saja tetapi juga mengenal Nusantara itu sendiri, dan kebudayaannya yang tercermin dari jajanannya. Untuk memberikan pengetahuan tambahan pada anak mengenai jajanan pasar Nusantara, diperlukan media pengetahuan yang menarik bagi anak-anak. Oleh karena itu, tujuan dari penelitian ini, bertujuan untuk merancang Buku Interaktif Sebagai Media Edukasi Upaya Pengenalan Jajanan Pasar Nusantara Untuk Anak Usia Dini, khususnya usia 4 sampai 6 tahun. Konten yang akan disajikan pada buku yang akan dirancang ini akan berisikan pengetahuan tentang berbagai macam jajanan pasar tradisional yang ada di Nusantara melalui narasi yang menarik dengan menggunakan elemen-elemen visual seperti ilustrasi, gambar, warna, dan lainnya yang digunakan untuk menciptakan narasi yang informatif, mendidik, serta memikat anak-anak.
Kata Kunci: Jajanan Pasar, Anak Usia Dini, Buku Interaktif, Warisan, Nusantara.

References

Abu A, Soleh M. Psikologi Perkembangan. Rineka Cipta. 2005;1–27.

Alrazi CZ, Rachman A. Penerapan Metode Design Thinking Pada Model Perancangan Animasi Periklanan Digital Pencegahan Covid-19. Ultim J Komun Vis. 2021;14(2):190–202.

Anggraini A. Desain Layout [Internet]. Martina N, Fauzy M, editors. Depok: PNJ Press; 2021. Available from: https://press.pnj.ac.id/book/Anggi-Anggarini-Desain-Layout/

Asri TM. Literasi R. Rec Libr J [Internet]. 2016;2(2):128–39. Available from: https://e-journal.unair.ac.id/RLJ/article/download/7208/4402

BaparekrafRI K. Kuliner Khas Nusantara Hasil Akulturasi Budaya [Internet]. Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. 2021 [cited 2024 Sep 1]. Available from: https://kemenparekraf.go.id/hasil-pencarian/kuliner-khas-nusantara-hasil-akulturasi-budaya

Christopher KR, Suwasono AA, Cahyadi J. Perancangan Game Android untuk Memperkenalkan Jajanan Pasar di Surabaya untuk Anak Usia 5-8 Tahun. J DKV Adiwarna. 2019;1(14):1–9.

Coelestia AAG, Isodarus PB. Dasar Penamaan Kue Jajanan Pasar Di Pasar Lempuyangan. Sintesis. 2021;15(1):1–16.

Dewi AK. Pelatihan dan Penyusunan Media Pembelajaran Digital Menggunakan Perangkat Lunak Sederhana di Pusat Pengembangan Kompetensi Jalan, Perumahan dan …. J Pengabdi Kpd Masy … [Internet]. 2023;4(1):418–25. Available from: http://ejournal.sisfokomtek.org/index.php/jpkm/article/view/859%0Ahttp://ejournal.sisfokomtek.org/index.php/jpkm/article/download/859/669

Husada Puspita S, Taufina, Zikri Ahmad. 373-1191-2-Pb 10. 2020;4(2):419–25.

Kusumaningtyas A, Wibisono B, Kusnadi K. Penggunaan Istilah Makanan dan Jajanan Tradisional pada Masyarakat di Kabupaten Banyuwangi Sebuah Kajian Etnolinguistik. Publ Budaya [Internet]. 2013;1(1):1–9. Available from: http://repository.unej.ac.id/bitstream/handle/123456789/60786/Arum Kusumaningtyas.pdf?sequence=1

Kuswanto R. Jajanan Pasar Khas Yogyakarta. 2018. 89 p.

Moto MM. Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran dalam Dunia Pendidikan. Indones J Prim Educ. 2019;3(1):20–8.

Nursyahbani C, Arbarini M, Pranoto KSY. Analisis Karakteristik Anak Usia Dini Berdasarkan Pola Asuh Orang Tua di TPA Pena Prima Universitas PGRI Semarang. Pros Semin Nas Pasca Sarj. 2022;(24):224–6.

Oey FW, Waluyanto HD, Zacky A. Perancangan buku interaktif pengenalan dan pelestarian sugar glider di Indonesia bagi anak 7-12 tahun. J Desain Komun Vis Adiwarna [Internet]. 2013;1(2):85921. Available from: http://www.irishislez.com/zoo.html

Rosyana A, Ilhamdi ML, Dewi NK. Pengembangan Buku Cerita Bergambar Berbasis Pendekatan Saintifik pada Pelajaran IPA. J Pijar Mipa. 2021;16(3):302–9.

Rupa JB. Desain Layout Buku Tipografi untuk Kemasan dengan Metode Design Thinking. J Bhs Rupa. 2023;06(03):191–200.

Syahrul Y. Penerapan Design Thinking Pada Media Komunikasi Visual Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru Stmik Palcomtech Dan Politeknik Palcomtech. J Bhs Rupa. 2019;2(2):109–17.

Suyadi. The Golden Age. J Eprints [Internet]. 2010;(October):1. Available from: https://eprints.ums.ac.id/37229/4/02. BAB I.pdf

Sari S, Graham G. Color Storytelling Sebagai Visual Narrative Pada Film Animasi The Red Turtle. 2023;1(3):32–40.

Triwidayati MHM. Potensi Makanan Tradisional Sebagai Daya Tarik Wisata Kuliner Di D.I. Yogyakarta. Univ Negeri Yogyakarta. 2020;15:1–24.

Utomo A. Doctoral dissertation, Institut Seni Indonesia Yogyakarta. Membangun Vis Storytell Dengan Komposisi Din Pada Sinematografi Film Fiksi “Asmaradana [Internet]. 2017;1(1):1–24. Available from: http://digilib.isi.ac.id/4234/7/JURNAL SKRIPSI 1210003132.pdf

Wijaya DG, Bangsa PG, Christianna A. Perancangan Buku Interaktif Tentang Toilet Training Anak Usia 1-3 Tahun. J DKV Adiwarna [Internet]. 2015;1(6):1–12. Available from: https://media.neliti.com/.../86704

Downloads

Published

2024-08-12

Issue

Section

2024 Desain Komunikasi Visual