PERANCANGAN BUKU ILUSTRASI UNTUK MENGENALKAN REMPAH-REMPAH MELALUI MAKANAN PULAU JAWA PADA ANAK

Authors

  • Raden Muthia Nurramahdhani Program Studi Desain Komunikasi Visual , Institut Teknologi Nasional Bandung.
  • Ganis Resmisari Program Studi Desain Komunikasi Visual , Institut Teknologi Nasional Bandung.
  • Asep Ramdhan Program Studi Desain Komunikasi Visual , Institut Teknologi Nasional Bandung.

Keywords:

Spices, Children, Storybook, Foods, Diversity, Rempah, Anak-Anak, Buku Cerita, Makanan

Abstract

At the age of 5-8 years, children are in the stages of growth and development, both physically and mentally. This research aims to introduce them to spices as diversity and cultural heritage. This research uses Qualitative methods with data collection of literature studies, interviews, and questionnaires. The selection of spice plants as the object of research spices are important elements in everyday life that are often used for seasoning dishes and have additional benefits to improve the immune system. It uses the SWOT method which shows that children are more interested in books that not only provide explanations of pictures and text, but offer interactivity in order to increase reading interest in children. To encourage children to try foods that use spices by providing an interesting experience.
Keywords: Spices, Children, Storybook, Foods, Diversity

Abstrak
Pada usia 5-8 tahun merupakan masa dimana anak sedang dalam tahapan pertumbuhan dan perkembangan, baik fisik maupun mental. Penelitian ini bertujuan untuk memperkenalkan mereka terhadap rempah sebagai keanekaragaman dan warisan budaya. Penelitian ini menggunakan metode Kualitatif dengan pengambilan data studi pustaka, wawancara, dan kuisioner. Pemilihan tanaman rempah sebagai objek penelitian rempah-rempah merupakan elemen yang penting dalam kehidupan sehari-hari yang sering digunakan untuk bumbu masakan dan memiliki manfaat tambahan untuk meningkatkan sistem imun. Hal tersebut menggunakan metode SWOT yang menunjukkan bahwa anak-anak lebih tertarik pada buku yang tidak hanya memberikan penjelasan gambar dan tulisan saja, tetapi menawarkan interaktivitas agar meningkatkan minat baca pada anak. Agar mendorong anak-anak untuk mencoba makanan yang menggunakan rempah dengan memberikan pengalaman yang menarik.
Kata Kunci: Rempah, Anak,anak, Buku Cerita, Makanan

References

Anggriano Sandy, P (2019). Perangcangan Buku Ilustrasi Tokoh Pewayangan Dengan Teknik Digital Painting Sebagai Media Informatikan Untuk Anak Usia 12 Tahun. Institut Bisnis Dan Informatika Stikom Surabaya.

Aaker, D. A. (1991). Managing brand equity.

Asfandiar, Andi Yudha. 2007. Cara Pintar Mendongeng. Bandung: Dari Mizan

Ramdhan, A. (2023). MERANCANG NARASI DAN VISUAL UNTUK KOMIK FIKSI. VISWA DESIGN: Journal of Design, 3(1), 19–33.

Abdulhak, Ishak. (2003). Konseptualisasi Pemetaan Tatanan Kebijakan serta Sistem dan Program Pendidikan Anak Dini Usia di Indonesia, Buletin PADU Jurnal Ilmiah Anak Dini Usia ‘Konseptualisasi Sistem & Program PAUD’, Edisi Khusus 2003. Jakarta: Dit. PADU Depdiknas, h.21-46.

Bredekamp, S. & Copple, C. (Eds). (1997). Developmentally Appropriate Practice in Early Childhood Programs. Revised Edition. Washington Dc: NAEYC.

Bahari, Nooryan. 2008. Kritik Seni. Yogyakarta : Pustaka Belajar

Cergam Anak. Jurnal Seni Dan Reka Rancang: Jurnal Ilmiah Magister Desain, 1(1), 63–82. https://doi.org/10.25105/jsrr.v1i1.3878

Deva Juniarti, 2021. Kearifan Lokal Makanan Tradisional: Tinjauan Etnis Dan Fungsinya Dalam Masyarkat Suku Pasmah. Jurnal. Padang. Jurnal Bakaba, Volume 9, Nomor 2, Desember, 2021: 44-53.

Hanisha, F., & Djalari, Y. A. (2018). Bahasa Visual , Gambar Anak, dan Ilustrasi Pada Buku

Hakim, L. (2015). Rempah dan Herba Kebun-Pekarangan Rumah Masyarakat: Keragaman Sumber Fitofarmaka dan Wisata Kesehatan-Kebugaran. In Diandra Pustaka Indonesia. Yogyakarta

Kurniawan, Septian Dwi, dan Muammar Mochtar. (2019). “Perancangan Buku Cerita Ilustrasi Orang Kayo Hitam”. Universitas Pasundan (022): 1–47.

Libri Rizka, P. W (2021). Pendidikan Kesehatan, Gizi Dan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat Bagi Anak Usia Dini Di Masa Pandemi Covid-19. IAIN Syekh Nurjati Cirebon. https://genius.uinkhas.ac.id/index.php/gns/article/view/36/19

Primack, R. B., Supriatna, J., & Indrawan, M. (2007). Biologi Konservasi Edisi Revisi. In Yayasan Obor Indonesia. Jakarta.

Reid, A. 2011. Asia Tenggara Dalam Kurun Niaga 1450-1680 Jilid 2: Jaringan Perdagangan Global. Yayasan Pustaka Obor Indonesia.

Sugihartono, Ryan Pratama. (2015). “Perancangan Buku Ilustrasi Manfaat Buah Dan Sayur Untuk Anak-Anak”. e-Proceeding of Art & Design, Vol. 2 No. 3, 1099–1108. 17. Yuniar, D. P., & Ariyanto, F. L. T. (2023). Lembar Kerja Anak (LKA) Ramah Anak Berbasis Rempah-Rempah di PAUD Madura. PAUDIA: Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 12(2).

Downloads

Published

2024-07-30

Issue

Section

2024 Desain Komunikasi Visual