PERANCANGAN BUKU ILUSTRASI NASKAH LA GALIGO UNTUK MEMPERKENALKAN NILAI UNGGUL PADI DALAM BUDAYA AGRARIS
Keywords:
I La Galigo, Illustrated Book, Moral Education, Mythology Adaptation, Agriculture, Agrarism, Buku Ilustrasi, Pendidikan Moral, Adaptasi Mitologu, Pertanian, AgrariaAbstract
This design research focuses on moral education about valuing the superior qualities of rice and the farming profession by adapting the rice goddess story from the I La Galigo mythology, a local literary work from the Bugis-Makassar community. This is important because modern Indonesian society often undervalues food and the farming profession, despite their sacred status in ancestral teachings. Educating children about the significance of rice is crucial for shaping future generations’ understanding of agrarian culture and the role of farmers in sustainability. The short-term goals are to introduce local mythology, enrich reading materials with local elements, convey fundamental morals, and shift societal perceptions. The long-term goals include providing a foundation for future works, inspiring the nation’s youth, and enhancing sustainable moral awareness. The research employs design thinking, focusing on literature review, secondary data analysis, and product development, resulting in media with a narrative and imaginative approach intended to be emotionally internalized by the audience.
ABSTRAK
Penelitian perancangan ini fokus pada pendidikan moral mengenai penghargaan terhadap nilai unggul padi dan profesi petani dengan mengadaptasi kisah dewi padi dari mitologi I La Galigo, sebuah karya sastra lokal dari masyarakat Bugis-Makassar. Ini penting karena masyarakat Indonesia modern sering meremehkan makanan dan profesi petani, meskipun kedua hal tersebut dianggap sakral dalam ajaran nenek moyang. Memberikan edukasi kepada anak-anak tentang pentingnya padi sangat krusial untuk membentuk pemahaman generasi mendatang tentang budaya agraris dan peran petani dalam keberlanjutan. Tujuan jangka pendeknya adalah memperkenalkan mitologi lokal, memperkaya bacaan dengan unsur lokal, menyampaikan moral dasar, dan mengubah persepsi masyarakat. Sedangkan tujuan jangka panjangnya adalah sebagai dasar bagi karya selanjutnya, menginspirasi anak bangsa, dan meningkatkan kesadaran moral berkelanjutan. Penelitian ini menggunakan metode design thinking, dengan fokus pada studi literatur, analisis data sekunder, dan pengembangan produk, menghasilkan media dengan pendekatan naratif dan imajinatif yang diharapkan dapat diinternalisasi secara emosional oleh audiens.
References
Arung Pancana Toa. (2016). La Galigo: Menurut naskah NBG 188 (M. Salim & F. Ambo Enre, Trans.
Iswiranda, A. Nensilianti. Saguni, S.S. (2022). Nilai Edukasi dalam “I LA GALIGO” Ditulis R.A. Kern.
Ibrahim, M. R. M. (2020). Peran Pemuda Dalam Menjaga Serta Melestarikan Kebudayaan Indonesia.
Nahak, H. M. I. (2019). Upaya Melestarikan Budaya Indonesia Di Era Globalisasi.
Aziz, F. (2020). Mitologi dan Konstruksi Budaya Masyarakat Bubakan Mijen Semarang dalam Tinjauan Roland Barthes.
Lina, I. (2023). MITOLOGI DAN AGAMA DALAM MASYARAKAT MODERN.
Aisyah, I. H. (2023). Pengaruh Seni Ilustrasi dalam Meningkatkan Minat Baca (Studi Desain Novel Karya Tere Liye)
Prasrihamni, M., Zulela, Z., & Edwita, E. (2022). Optimalisasi Penerapan Kegiatan Literasi dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(1), 128–134.
Setiyawati, N. Milianti,. Septiani,. Titin. (2023). Analisis Perancangan Rancangan Pembelajaran dengan Pendekatan Ubd.
Rösch, N., Tiberius, V. and Kraus, S. (2023). "Design thinking for innovation: context factors, process, and outcomes", European Journal of Innovation Management, Vol. 26 No. 7, pp. 160-176.
Susilowati, S. H. (2016). FENOMENA PENUAAN PETANI DAN BERKURANGNYA TENAGA KERJA MUDA SERTA IMPLIKASINYA BAGI KEBIJAKAN PEMBANGUNAN PERTANIAN.
Chaerul, M., Zatadini, S. U. (2020). Perilaku Membuang Sampah Makanan dan Pengelolaan Sampah Makanan di Berbagai Negara: Review.
Yacoub, Y., Mutiaradina, H. (2020). Analisis Kesejahteraan Petani dan Kemiskinan Perdesaan Indonesia.
Iswidayati, S., (2007). Fungsi Mitos dalam Kehidupan Sosial Budaya Masyarakat Pendukungnya.
Duke, N. K, & Pearson, P. D. (2017). Effective practices for developing reading compre-hension.