Perancangan Antarmuka E-library (OurLibrary) Universitas XYZ Menggunakan Metode Design Thingking dengan Usability Testing

Penulis

  • Nuralia Rafina Institut Teknologi Nasional Bandung

Kata Kunci:

Design Thingking, System Usability Scale, Usability Testing, User Experience Questionnaire, e-Library

Abstrak

ABSTRAK
Perpustakaan merupakan sarana yang penting dari sebuah universitas, karena tanpa perpustakaan proses belajar mengajar serta pusat penelitian menjadi kurang optimal. Hal ini tidak luput dari adanya permasalahan pada aspek kegiatan di perpustakaan yaitu seperti kegiatan administrasi, peminjaman dan pengembalian buku, peminjaman buku referensi tugas akhir dan magang industri masih ada kendala, termasuk banyak operasi manual dan staf terbatas, yang menghambat proses administrasi dan layanan perpustakaan. Maka, pada penelitian ini dilakukan perancangan antarmuka aplikasi mobile e-library yang mempunyai nilai interaksi pengalaman pengguna yang baik. Perancangan ini menggunakan pendekatan Design Thinking, yang meliputi langkah-langkah Empathize, Define, Ideate, Prototype, dan Test. Pada tahap testing, penelitian ini menggunakan usability testing dengan perhitungan System Usability Scale (SUS) untuk menguji usability dari prototype. Uji pengalaman pengguna prototipe dalam penelitian ini menggunakan User Experience Questionnaire (UEQ). Hasil pengujian kegunaan dengan perhitungan SUS diperoleh hasil 75,00 nilai ini berada pada tingkatan baik (grade B). Hasil mean tertinggi pada skala Efisiensi sebesar 2,150. Berikutnya diikuti oleh skala stimulasi sebesar 1,725, skala daya tarik sebesar 1,867, skala ketepatan sebesar 1,575, skala kejelasan sebesar 1,925 dan yang terakhir skala kebaruan sebesar 1,625. Dapat dikatakan bahwa prototipe yang dibuat menurut skala UEQ memiliki pengelaman pengguna yang positif. 


ABSTRACT
The library is an essential means of a university because the teaching and learning process and research centre will be less than optimal without a library. This does not escape the existence of problems in aspects of activities in the library, such as administrative activities, borrowing and returning books, borrowing final project reference books and industrial internships; there are still obstacles, including many activities carried out manually and a small number of staffs so that it will hamper the process. Library administration and services. So, in this study, an e-library mobile application interface was designed that had a good user experience interaction value. This design uses the Design Thinking method, which consists of the Empathize, Define, Ideate, Prototype and Testing stages. At the testing stage, this study uses Usability Testing with the calculation of the System Usability Scale (SUS) to test the usability of the prototype. Testing the user experience of the prototype in this study using the User Experience Questionnaire (UEQ). The results of usability testing with the calculation of SUS obtained results of 75.00; this value is at a reasonable level (grade B). The highest mean result on the Efficiency scale is 2.150. Next is followed by the stimulation scale of 1.725, the attractiveness scale of 1.867, the accuracy scale of 1.575, the clarity scale of 1.925 and the last of the novelty scale of 1.625. It can be said that the prototype built according to the UEQ scale has a positive user experience.

Diterbitkan

2023-02-23