Analisa Kekuatan Chassis Truk Bertenaga Listrik
Kata Kunci:
Damptruk, chassis, stress, defleksi, safetyfaktor, solidworkAbstrak
ABSTRAK
Dump truck merupakan salah satu jenis kendaraan yang berukuran besar dan memiliki bak pada bagian belakang yang digunakan untuk mengangkut bahan material.Adapun tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui besarnya stress, defleksi dan safety faktor yang terjadi pada chassis truck akibat beban statik dan dinamis yang diterima sehingga dapat mengetahui apakah chassis tersebut dapat diubah menjadi truk bertenaga listrik. Metode yang digunakan untuk mengetahui besaran dari stress pada chassis yaitu dengan menggunakan simulasi dari aplikasi solidworks serta melakukan perhitungan teoritik sebagai nilai pembanding. Hasil yang di didapat dari beban yang bertumpuh pada rangka chassis truk yaitu tegangan maksimal 299,8 Mpa, defleksi 18,08 mm dan faktor keamanan 2,069 FOS sedangkan untuk hasil simulasi solidwrok tegangan maksimum sebesar 298 Mpa, defleksinya 1,56 mm dan faktor keamanan sebesar 2.1 FOS. Nilai nilai yang tertera ini telah memberikan jawab dari tujuan yang ada dalam skripsi ini.
ABSTRACK
Dump truck is one type of vehicle that is large and has a tub at the back which is used to transport materials. can find out if the chassis can be converted into an electric powered truck. The method used to determine the amount of stress on the chassis is by using a simulation from the Solidworks application and performing theoretical calculations as a comparison value. The results obtained from the load that rests on the truck chassis frame are a maximum stress of 299.8 Mpa, a deflection of 18.08 mm and a safety factor of 2,069 FOS while for the solidwrok simulation results the maximum stress is 298 Mpa, the deflection is 1.56 mm and the safety factor is 298 Mpa. 2.1 FOS. The values listed here have provided an answer for the objectives in this thesis.