Usulan Urutan Prioritas Supplier Bahan Baku Jersey di CV CAPRO.ID Menggunakan Metode Fuzzy Analytical Hierarchy Process (F-AHP)
Kata Kunci:
Analytical Hierarchy Process (AHP), Fuzzy Analytical Hierarchy Process (F-AHP), Fuzzy, Tringular Fuzzy Number (TFN), Supplier Selection, Jersey Fabric SupplierAbstrak
ABSTRAK
CV.Capro.Id merupakan perusahaan bidang digital printing pembuatan pakaian seperti jersey, kemeja, celana, dan jaket. Perusahaan memiliki 3 supplier untuk memenuhi kebutuhan bahan baku jersey, tetapi perusahaan belum optimal dalam pemilihan supplier yang memiliki kualitas kain terbaik untuk memenuhi keinginan konsumen, Oleh karena itu, perusahaan perlu melakukan evaluasi terhadap pemilihan supplier untuk mendapatkan supplier yang terbaik berdasarkan kriteria yang diinginkan oleh perusahaan. Metode yang dapat digunakan dalam pemilihan urutan prioritas supplier adalah Fuzzy Analytical Hierarchy Process (F-AHP). Metode ini merupakan metode gabungan antara Analytical Hierarchy Process (AHP) dengan teori konsep Triangular Fuzzy Number (TFN). Teori konsep TFN digunakan untuk menutupi atau meminimalisir tingkat subjektivitas penilaian dari AHP dan menghasilkan keputusan yang lebih akurat. Kriteria pemilihan supplier yang digunakan oleh perusahaan yaitu kualitas, harga, pengiriman, rekam jejak kinerja, dan kebijakan klaim dan garansi.
ABSTRACT
CV.Capro.Id is a company that a digital printing making clothes such as jersey, shirt, pants, and jacket. The company has 3 suppliers to meet the needs of raw materials, but the company is not yet optimal in selecting suppliers that have the best cloth quality to meet consumer desires, therefore, companies need to evaluate the selection of suppliers to get the best suppliers based on the criteria desired by the company. The method that can be used in selecting the priority sequence of supplier is the Fuzzy Analytical Hierarchy Process (F-AHP). This method is a combined method of analytical hierarchy process (AHP) with the theory of the Tringular Fuzzy Number (TFN) concept. TFN concept theory is used to cover up or minimize the level of subjectivity of assessment from AHP and produce more accurate decisions. The supplier selection criteria used by the company are quality, price, shipping, performance track record, and claim and warranty policy.