Pembuatan dan Pengujian Konversi Sepeda Motor Berbahan Bakar Bensin Menjadi Bertenaga Listrik Menggunakan Hub Motor Brushless Dc (Bldc)
Kata Kunci:
electric motorcycle, reneable energy, motor drive, transmissionAbstrak
The gasoline-fueled motorcycle that will be converted into an electric motorcycle is a 110 cc Honda Beat motorcycle made in 2015. The main components used are a 1500 Watt electric motor hub (BLDC) as the driving force, 48V 35 Ah battery as an energy source, controller DC 48V 1500 Watt as a motor driver and a throtle potentiometer functions to regulate the speed of the motor. Manufactures that are in accordance with the design of this electric motor are the manufacture of battery mounts, swing arms, disc brake mounts and suspension mounts, after all the components that have been made will be assembled. The tests carried out were test ride tests with a load of 145 kg and 65 kg which included the results of a maximum speed test of 56 km/h, an acceleration test with a distance of 200 m at a speed of 0-20 km/h to get 44,75 s, an uphill test with a slope of 27 o, charging the battery using 12 A with a duration of 2.33 hours and 20 A 1.4 hours, testing the distance of 42,2km, testing the brakes safely because they use 2 disc brakes, and lastly this safety test is safe starting from the electric circuit and then lamp, the temperature of the electric motor after use.
Abstrak
Sepeda motor berbahan bakar minyak yang akan di konversi kan menjadi motor listrik ini adalah jenis motor honda beat 110 cc tahun pembuatan 2015. Komponen utama yang digunakan adalah hub motor listrik (BLDC) 1500 Watt sebagai penggerak, batrei 48V 35 Ah sebagai sumber energi, controller DC 48V 1500 Watt sebagai driver motor dan potensio throtlle berfungsi sebagai mengatur kecepatan motor. Pembuatan yang sudah sesuai dengan rancangan pada motor listrik ini adalah pembuatan dudukan batrei, swing arm, dudukan rem cakram dan dudukan supensi, setelah semua komponen yang sudah dibuat akan dilakukan proses perakitan. Pengujian yang dilakukan adalah pengujian test ride dengan beban 145 kg dan 65 kg ini meliputi hasil pengujian kecepatan maksimum 56 km/jam, pengujian akselerasi dengan jarak 200 m dengan kecepatan 0-20 km/jam mendapatkan 44,75 s, pengujian menanjak dengan kemiringan 22 o, pengisian batrei menggunakan 12 A dengan durasi 2,33 jam dan 20 A 1,4 jam, pengujian jarak tempuh 42,2 km, pengujian rem aman dikarenakan menggunakan 2 rem cakram, dan yang terakhir pengujian safety ini aman mulai dari rangkaian listrik lalu lampu, suhu motor listrik setelah digunakan.