Pengaruh Harga Risiko dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Dengan Metode SEM-PLS Pada Vendors.Id
Kata Kunci:
PLS-SEM, SEM, Price, Product Quality, Customer Satisfaction, Harga, Kualitas Produk, Kepuasan KonsumenAbstrak
Vendors Id is one of the convection companies engaged in sublimation / sublime printing services. Vendors.Id need to pay attention to aspects of consumer satisfaction by identifying the influence of price, risk, and product quality factors. The method used is Partial Least Square-Structural Equation Modeling (PLS-SEM) which is used as an estimation technique that can validate the relationship between variables in research. Partial Least Square describes the relationship between variables which are divided into two models, namely the measurement model and the structural model. The SEM-PLS method in this study was used to see the effect of price, risk, and product quality on consumer satisfaction in Vendors.Id. The result obtained is that there are several variable relationships that have a significant influence characterized by the value obtained greater than the t-table value. The relationship of these variables includes the product quality variable to the price variable, the relationship of the product quality variable to the consumer satisfaction variable, and the price variable relationship to consumer satisfaction.
Abstrak
Vendors Id merupakan salah satu perusahaan konveksi yang bergerak di bidang jasa sublimasi/sublime printing. Vendors.Id perlu memperhatikan aspek kepuasan konsumen dengan cara mengidentifikasi pengaruh faktor harga, risiko, dan kualitas produk. Metode yang digunakan adalah Partial Least Square-Structural Equation Modeling (PLS-SEM) yang digunakan sebagai teknik pendugaan yang dapat memvalidasi hubungan antar variabel dalam penelitian. Partial Least Square menjelaskan hubungan antara variabel yang terbagi menjadi dua model yaitu measurement model dan structural model. Metode SEM-PLS pada penelitian ini digunakan untuk melihat pengaruh harga, risiko, dan kualitas produk terhadap kepuasan konsumen pada Vendors.Id. Hasil yang didapatkan yaitu terdapat beberapa hubungan variabel yang memiliki pengaruh yang signifikan yang ditandai dengan nilai yang diperoleh lebih besar dibandingkan dengan nilai t-tabel. Hubungan variabel tersebut diantaranya variabel kualitas produk terhadap variabel harga, hubungan variabel kualitas produk terhadap variabel kepuasan konsumen, dan hubungan variabel harga terhadap kepuasan konsumen.