STRATEGI PENINGKATAN PENJUALAN PADA PT. Y DENGAN MENGGUNAKAN METODE SWOT DAN QSPM
Kata Kunci:
Matriks IFE, EFE, SWOT, QSPMAbstrak
PT. Y is a company engaged in the culinary industry and is located in North Maluku, precisely in the Islands. This company produces chocolate food called Sulamina chocolate trade. Since the founding of the company until now PT. Y experienced problems in selling its products. The sales target for chocolate products of 500 chocolate products per month was never achieved. Efforts made to achieve sales targets is to make a sales strategy. The method used is the analysis of strengths Weaknesses opportunities threats (SWOT) and the Quantitative Strategic Planning Matrix (QSPM) method. SWOT analysis is a strategic planning method for monitoring and evaluating the company's environment, both internally and externally. Then it is supported in making decisions or establishing business strategies, using the QSPM method to evaluate the most priority alternative strategic options to be implemented in the company. The calculation results of the IFE 1.64 and EFE 2.76 matrices show that the company's position is in quadrant VI, which means that the business climate is not conducive to developing a business, for the threats facing companies are getting tougher with competitors and there are changes in phenomena to global business. From the SWOT and QSPM analysis calculations, eleven company strategies are obtained. The main priority alternative strategy is to increase the promotion of Sulamina Chocolate so that it is better known by the public and is able to compete in promoting Sulamina Chocolate products.
Abstrak
PT. Y merupakan salah satu perusahaan yang bergerak dalam bidang industri kuliner dan berlokasi di Maluku Utara, tepatnya berada di Kepulauan. Perusahaan ini memproduksi makanan cokelat yang bernama dagang coklat sulamina. Sejak berdirinya perusahaan hingga saat ini PT. Y mengalami kendala dalam penjualan produknya. Target penjualan produk cokelat sebesar 500 produk cokelat setiap
bulannya tidak pernah tercapai. Upaya yang dilakukan untuk mencapai target penjualan adalah dengan membuat strategi penjualan. Metode yang digunakan adalah analisa Strengths Weaknesseses Opportunities Threats (SWOT) dan metode Quantitative Strategic Planning (QSPM). Analisa SWOT adalah metode perencanaan strategi untuk memonitor dan mengevaluasi lingkungan perusahaan, baik secara internal maupun eksternal. Kemudian didukung membuat keputusan atau menetapkan strategi bisnis, dengan menggunakan
metode QSPM untuk mengevaluasi pilihan alternatif strategi yang paling prioritas untuk diterapkan pada perusahaan. Hasil Perhitungan matriks IFE 1,64 dan EFE 2,76 yang menunjukkan posisi perusahaan berada pada kuadran VI, yang artinya Iklim bisnis kurang kondusif dalam mengembangkan usaha, untuk ancaman yang dihadapi perusahaan semakin ketat dengan pesaing serta adanya perubahan fenomena terhadap bisnis global. Dari perhitungan analisa SWOT dan QSPM didapatkan sebelas strategi perusahaan. Alternatif strategi prioritas utama yaitu meningkatkan promosi Cokelat Sulamina agar lebih dikenal oleh masyarakat dan mampu bersaing untuk mempromosikan produk Cokelat Sulamina.