USULAN PERBAIKAN KUALITAS PELAYANAN DI SERUMAH KOPI DENGAN MENGGUNAKAN METODE IMPORTANCE PERFORMANCE ANALYSIS, POTENTIAL GAIN IN CUSTOMER VALUE, DAN ANALISIS FISHBONE

Penulis

  • MUHAMMAD NURHAMZAH SUPRAYOGI Fakultasi Teknologi Industri, Institut Teknologi Nasional
  • YUNIAR Fakultasi Teknologi Industri, Institut Teknologi Nasional

Kata Kunci:

Service quality, Service Quality Method, Metode Importance Performance Analysis, Kualitas pelayanan, Metode Potential Gain in Customer Value, Fishbone

Abstrak

Coffee shops and cafes in the city of Bandung can now be found in various places, so new innovations and creative ideas are needed to maintain this business in the culinary field. The problem that occurs at Serumah Kopi is that it has to increase visitors in the area so that Serumah Kopi needs to evaluate service quality improvement. This study uses the Importance Performance Analysis method to determine the attributes that need to be improved and the Potential Gain in Customer Value to identify priorities that must be corrected immediately. Based on the results of IPA and PGCV data processing, it shows that 4 attributes in quadrant 1 need to be improved, namely X3, X6, X14, and X18. Proposed improvements are made to attributes that are in quadrant 1. The solution provided is to provide additional full canopy facilities so that no one gets caught in the rain, carry out promotions through social media platforms and provide attractive promos, and add employees to facilitate transactions.

Abstrak

Coffee shop dan cafe di Kota Bandung saat ini sudah bisa dijumpai diberbagai tempat sehingga butuh inovasi dan ide kreatif yang baru untuk mempertahankan usaha dibidang kuliner ini. Permasalahan yang terjadi di Serumah Kopi adalah harus meningkatkan pengunjung didaerah tersebut sehingga Serumah Kopi perlu melakukan evaluasi peningkatan kualitas pelayanan. Penelitian ini menggunakan metode Importance Performance Analysis untuk mengetahui atribut yang perlu diperbaiki dan Potential Gain in Customer Value untuk mengetahui prioritas yang harus segera diperbaiki. Berdasarkan hasil pengolahan data IPA dan PGCV menujukan bahwa 4 atribut yang berada di kuadran 1 perlu diperbaikan yaitu X3, X6, X14, dan X18. Usulan perbaikan dilakukan terhadap atribut yang berada di kuadran 1. Solusi yang diberikan yaitu memberikan fasilitas tambahan kanopi secara full agar tidak ada yang kehujanan, melakukan promosi melalui platform media sosial dan memberikan promo yang menarik, dan menambah karyawan untuk memudahkan transaksi.

Diterbitkan

2024-12-09