Analisis Kualitas Pelayanan Resto Nasi Goreng X Menggunakan Metode Service Quality
Kata Kunci:
Servqual, Gap Analysis, Analisis GapAbstrak
The development of the world food industry is currently increasing very rapidly. This increase makes restaurant business actors need to have good service quality to meet consumer satisfaction. Nasi Goreng X Resto has several problems in terms of service quality and needs to do some improvement. This study provides suggestions for improving the service quality of X Fried Rice Resto using the service quality (servqual) method. Based on the results of calculations using the service quality (servqual) method, there are 13 attributes that cause negative Gap 5, namely Gap 1 with 7 attributes, Gap 2 with 4 attributes, and Gap 3 with 2 attributes. The results of the calculation of the weight of importance in Gap 5 show the ranking of the order of improvements that need to be carried out by the X Fried Rice Resto, one of which is attribute A3 (toilet cleanliness). Parties can find out what kind of toilet cleanliness meets consumer expectations by communicating directly or by creating a box of criticism and suggestions.
Abstrak
Perkembangan dunia industri makanan saat ini sedang meningkat dengan sangat pesat. Peningkatan tersebut membuat pelaku usaha restoran perlu memiliki kualitas pelayanan yang baik untuk memenuhi kepuasan konsumen. Resto Nasi Goreng X memiliki beberapa masalah pada kualitas pelayanannya dan perlu dilakukan beberapa perbaikan. Penelitian ini memberikan usulan-usulan perbaikan kualitas pelayanan Resto Nasi Goreng X menggunakan metode service quality (servqual). Berdasarkan dari hasil perhitungan menggunakan metode service quality (servqual) terdapat 13 atribut penyebab Gap 5 negatif yaitu pada gap 1 sebanyak 7 atribut, Gap 2 sebanyak 4 atribut, dan Gap 3 sebanyak 2 atribut. Hasil perhitungan bobot kepentingan pada Gap 5 menunjukan ranking urutan perbaikan yang perlu dilakukan oleh Resto Nasi Goreng X yang salah satunya adalah atribut A3 (Kebersihan toilet). Pihak dapat mencari tahu kebersihan toilet seperti apa yang sesuai dengan ekspektasi konsumen dengan berkomunikasi langsung atau dengan membuat kotak kritik dan saran.