USULAN PENINGKATAN PENJUALAN PRODUK HIJAB MELALUI PENINGKATAN PERFORMANSI ATRIBUT PENTING “BRAND EQUITY” DI CV RERES’S HIJAB

Penulis

  • MUHAMMAD AKBAR RESPATI TAHRIR Program Studi Teknik industri, Institut Teknologi Nasional
  • SUGIH ARIJANTO Program Studi Teknik industri, Institut Teknologi Nasional
  • ABU BAKAR Program Studi Teknik industri, Institut Teknologi Nasional

Kata Kunci:

Produk Hijab

Abstrak

Reres's Hijab is a local brand of headscarf or hijab in the city of Bandung which sells several types of hijab such as pashmina, syar'i headscarves, and various other styles of headscarves. Reres's Hijab has not yet become a strong and more widely known brand by consumers, and in the midst of business competition of hijab products it is necessary to increase the value of the Reres's Hijab brand so that it can attract consumers to choose and buy Reres's Hijab products, and sales of Reres's Hijab products can also increase. To measure aspects that can improve the Reres's Hijab brand, namely by measuring the Brand Equity of Reres's Hijab, and an Index Performance Matrix is also needed which can be used to see a map of the position of consumer interests and satisfaction with a product. The output resulting from these measurements is that there are attributes which according to the perception of the respondents are considered important and these attributes need to be improved in their performance.

Abstrak

Reres’s Hijab adalah brand lokal kerudung atau hijab di kota Bandung yang menjual beberapa macam hijab seperti pashmina, kerudung syar’i, dan berbagai model kerudung lainnya. Reres’s Hijab belum menjadi merek yang kuat dan dikenal lebih luas oleh konsumen, dan ditengah persaingan usaha dibidang produk hijab perlu meningkatkan nilai dari merek Reres’s Hijab sehingga bisa menjaring konsumen untuk memilih dan membeli produk Reres’s Hijab dan penjualan produk Reres’s Hijab pun bisa meningkat. Untuk mengukur aspek aspek yang bisa meningkatkan merek Reres’s Hijab yaitu dengan mengukur Brand Equity dari Reres’s hijab dan diperlukan juga Importance Performance Matrix yang dapat digunakan untuk melihat peta posisi kepentingan dan kepuasaan konsumen akan suatu produk. Output yang dihasilkan dari pengukuran tersebut yaitu terdapat atribut yang menurut persepsi responden dianggap penting dan atribut atribut tersebut perlu diperbaiki kinerjanya.

Diterbitkan

2024-12-09