ANALISIS KEPUASAN PENGGUNA WEBSITE SMP NUR KAUTSAR DENGAN MENGGUNAKAN IMPORTANCE PERFORMANCE ANALYSIS DAN CUSTOMER SATISFACTION INDEX
Kata Kunci:
Website, Importance Performance Analysis, Customer Satisfaction IndexAbstrak
Nur Kautsar Middle School is a private junior high school located on Jalan Bojong Koneng Atas, Pagersari Village Number 20D, Cibeunying Village, Cimenyan District, Bandung Regency. One of the media for using the internet in the field of education is the website, where the website is a collection of pages from a domain that has information. The manager of the Nur Kautsar Middle School website which is the ITENAS Research & Community Service Institute (LP2M) wants to know how user satisfaction relates to the website that has been built because previously the manager had never conducted research and evaluation related to satisfaction with the quality of the website. In this study, the Importance Performance Analysis method was used to map quality attributes into 4 quadrants, where the attributes included in the first quadrant were the attributes that were prioritized for improvement. Furthermore, to determine theĀ quality of the website as a whole, this study also used the Customer Satisfaction Index method. The results of data processing using Importance Performance Analysis show that there are 4 quality attributes that are included in improvement priorities. Meanwhile, the Nur Kautsar
AbstrakĀ
SMP Nur Kautsar adalah sekolah menengah pertama swasta yang berlokasi di Jalan Bojong Koneng Atas Kampung Pagersari Nomor 20D Kelurahan Cibeunying Kecamatan Cimenyan Kabupaten Bandung. Salah satu media penggunaan internet pada bidang pendidikan adalah website, dimana website merupakan kumpulan halaman-halaman dari sebuah domain yang memiliki informasi. Pihak pengelola website SMP Nur Kautsar yang merupakan Lembaga Penelitian & Pengabdian Masyarakat ITENAS (LP2M) ingin mengetahui bagaimana kepuasan dari pengguna terkait dengan website yang telah dibangun karena sebelumnya dari pihak pengelola pun belum pernah melakukan riset dan juga evaluasi terkait dengan kepuasan akan kualitas website tersebut. Pada penelitian ini digunakan metode Importance Performance Analysis untuk memetakan atribut kualitas kedalam 4 kuadran, dimana atribut yang termasuk pada kuadran pertama merupakan atribut yang diprioritaskan untuk dilakukan perbaikan. Selanjutnya untuk mengetahui kualitas website secara keseluruhan, pada penelitian ini juga digunakan metode Customer Satisfaction Index. Hasil dari pengolahan data menggunakan Importance Performance Analysis menunjukkan bahwa terdapat 4 atribut kualitas yang termasuk kedalam prioritas perbaikan. Sementara itu, website SMP Nur Kautsar mendapatkan skor Customer Satisfaction Index sebesar 82,74%, yang berarti pengguna sangat puas dengan kualitas website tersebut,