VALIDASI OPTIMASI KINERJA NANOASPAL BERBASIS NANORUBBER DARI HASIL SIMULASI YANG MENGGUNAKAN METODE RESPONSE SURFACE

Penulis

  • LIA NUR ANNISA Program Studi Teknik Kimia, Institut Teknologi Nasional
  • AINUN HIDAYAT Program Studi Teknik Kimia, Institut Teknologi Nasional
  • RINY YOLANDHA PARAPAT Program Studi Teknik Kimia, Institut Teknologi Nasional

Kata Kunci:

nanoasphal, nanorubber, mineral nanoparticles, nanorubber sized

Abstrak

Road damage in Indonesia is generally caused by excessive loading, for this reason that necessary to plan a pavement that is strong, durable and has high resistance to plastic deformation that occurs. This research will be carried out with variables varied in %NR, %NP and nanorubber size. Asphalt sample test results that have been carried out can be concluded that, in the nano-asphalt test has reached the standard is penetration test, solubility test, and densities test. the ductility is the only test who tnot reached the standard. The significant variables obtained from the simulation using the pareto diagram are %nanorubber (%NR), %mineral nanoparticles (%NP), and nanorubber size.

Abstrak 

Kerusakan jalan di Indonesia pada umumnya disebabkan oleh pembebanan yang terjadi berlebihan, untuk itu diperlukanperencanaan perkerasan yang kuat, tahan lama dan mempunyai daya tahan tinggi terhadap deformasi plastis yang terjadi. Penelitian telah dilakukan dengan variabel yang divariasikan dalam %nanorubber, %nanopartikel mineral dan ukuran nanorubber. Hasil uji sampel aspal yang telah dilakukan dapat di simpulkan bahwa, pada uji penetrasi, uji kelarutan, uji densitas nanoaspal telah memenuhi standard, hanya pada uji daktilitas yang masih belum memenuhi standar. Variabel-variabel signifikan yang diperoleh dari simulasi menggunakan diagram pareto adalah %nanorubber (%NR), %nanopartikel mineral (%NP), dan ukuran nanorubber (Uk NR).

Diterbitkan

2024-12-09