USULAN PEMILIHAN SUPPLIER MENGGUNAKAN METODE FUZZY ANALYTICAL NETWORK PROCESS (F-ANP) DI CV. X
Kata Kunci:
Fuzzy, ANP, Pengambilan keputusan, Alternatif SupplierAbstrak
ABSTRAK
CV. X adalah sebuah prusahaan yang bergerak dibidang industri grafika, atau biasa dikenal dengan percetakan. Perusahaan biasanya melakukan pemilihan supplier, tetapi terdapat masalah yang berdampak kepada proses produksi. Terdapat empat supplier yang biasa dipilih oleh perusaahan untuk memenuhi kebutuhan tinta offset sebagai bahan dasar utama dalam industri percetakan. Pada proses pemilihan supplier terdapat beberapa kriteria dan subkriteria yang berpengaruh dalam memilih supplier. Supaya mendapatkan kriteria yang sangat mempengaruhi diperlukan beberapa aturan yang dilakukan. Banyak teknik pengambilan keputusan untuk memecahkan masalah tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengusulkan pemilihan supplier menggunakan model pengambilan keputusan fuzzy-ANP (fuzzy analytic network process) disebuah perusahaan percetakan. Metode gabungan fuzzy dan ANP digunakan karena selain perlu mempertimbangkan ketergantungan antar kriteria, juga ingin diminimalisasi ketidakpastian dan ketidaktepatan pada penilaian tingkat kepentingan tiap kriteria. Hasil dari penilitian ini menunjukkan bahwa kriteria harga adalah kriteria yang paling mempengaruhi, subkriteria harga yang ditawarkan adalah subkriteria yang paling mempengaruhi dibanding subkriteria lain, dan supplier Citra grafika menjadi prioritas pertama dalam pemilihan supplier bahan baku tinta offset.
ABSTRACT
CV. X is a company engaged in the graphic industry, or commonly known as printing. The company usually selects suppliers, but there are problems that have an impact on the production process. There are four suppliers that are usually chosen by companies to meet the needs of offset ink as the main basic material in the printing industry. In the supplier selection process, there are several criteria and sub-criteria that are influential in selecting suppliers. In order to get criteria that really affect the necessary rules are carried out. Many decision-making techniques to solve the problem. This study aims to propose supplier selection using the fuzzy-ANP (fuzzy analytic network process) decision-making model in a printing company. The combined fuzzy and ANP method is used because in addition to considering the dependence between criteria, it also wants to minimize uncertainty and inaccuracy in the assessment of the level of importance of each criterion. The results of this research show that the price criterion is the most influential criterion, the subcriteria of the price offered is the most influential subcriteria compared to other subcriteria, and the supplier Citra grafika is the first priority in selecting offset ink raw material suppliers.