Perancangan Aplikasi Online Travel Agent Menggunakan Metode Design Thinking

Penulis

  • MUHAMAD R IZKI TRIYADI Fakultas Teknik Industri, Institut Teknologi Nasional
  • NUR FITRIANTI Fakultas Teknik Industri, Institut Teknologi Nasional

Kata Kunci:

Online Travel Agent, Rural Tourism Village, Design Thinking, Application Mobile

Abstrak

ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan merancang aplikasi Online Travel Agent (OTA) yang dikhususkan untuk mempromosikan dan mengelola Desa Wisata di Indonesia dengan memanfaatkan pendekatan Design Thinking. Walaupun memiliki potensi besar dalam hal budaya dan alam yang kaya, Desa Wisata seringkali menghadapi kendala dalam menarik wisatawan dan memberikan pengalaman yang optimal bagi mereka. Untuk mengatasi tantangan ini, penelitian ini memanfaatkan metode Design Thinking, yang melibatkan berbagai pemangku kepentingan utama, termasuk wisatawan, komunitas lokal, dan pihak berwenang di sektor pariwisata. Pendekatan ini bertujuan untuk memahami secara mendalam kebutuhan dan harapan pengguna. Hasilnya adalah sebuah aplikasi OTA yang inovatif yang menawarkan berbagai fitur penting. Ini mencakup rekomendasi perjalanan yang disesuaikan dengan preferensi pengguna, kemampuan merencanakan liburan sesuai dengan keinginan, serta informasi real-time yang komprehensif tentang Desa Wisata. Penelitian ini menekankan pentingnya pendekatan yang berfokus pada pengguna dan inovasi dalam memperkenalkan budaya dan wisata Indonesia salah satunya Desa Wisata.

 

ABSTRACT
This research aims to design a dedicated Online Travel Agent (OTA) application to promote and manage Rural Tourism Villages in Indonesia using the Design Thinking approach. Despite their significant cultural and natural assets, Rural Tourism Villages often face challenges in attracting tourists and providing them with optimal experiences. To address these challenges, this study utilizes the Design Thinking method, involving various key stakeholders, including tourists, local communities, and tourism authorities. This approach aims to deeply understand user needs and expectations. The result is an innovative OTA application offering various essential features. These include personalized travel recommendations based on user preferences, the ability to plan holidays according to individual desires, and comprehensive real-time information about Rural Tourism Villages. This research emphasizes the importance of a user-centered approach and innovation in introducing Indonesian culture and tourism, including Rural Tourism Villages, to the world.

Unduhan

Diterbitkan

2024-12-09